Stop Insecure! Ini Cara Menjadi Percaya Diri dalam Pekerjaan

Persaingan di dunia kerja memang terjadi begitu cepat dan tanpa kenal ampun. Baru saja Anda merasa sudah menguasai tugas yang diberikan, datang karyawan baru yang lebih ahli daripada Anda. Menjadi percaya diri dalam pekerjaan adalah salah satu hal yang wajib dikuasai. Apalagi, sekarang pengurangan karyawan semakin merajalela. Hanya yang benar-benar terdepan di bidangnya dan mau mengikuti perkembangan tren yang mampu bertahan. 

Tak heran, banyak orang yang merasa insecure dan tidak percaya diri dalam pekerjaan. Jangan biarkan keadaan ini berlarut! Ada cara menjadi percaya diri dalam pekerjaan yang bisa Anda ikuti. Berikut penjelasan selengkapnya.

Kenali kelebihan dan kekurangan diri

Meningkatkan percaya diri dalam pekerjaan dimulai dari mengenali kelebihan dan kekurangan diri. Menjadi percaya diri bukan berarti Anda hanya mengenal kelebihan Anda. Justru sebaliknya, orang yang tahu kekurangan dirinya adalah orang yang siap memupuk rasa percaya dirinya. Dengan mengenal kelebihan dan kekurangan diri, Anda akan berupaya untuk lebih fokus memperbaiki kekurangan yang ada. Sedangkan dengan mengenali kelebihan, Anda bisa menggunakan kelebihan itu untuk mengasah kemampuan Anda.

Fokus pada pekerjaan, bukan pada pencapaian orang lain

Pencapaian orang lain jangan dijadikan tolok ukur Anda, ya! Jika terlalu dipikirkan malah akan menimbulkan rasa iri dan tidak puas pada diri sendiri. Rasa iri ini akan memakan pikiran Anda, bahkan bisa membuat Anda jadi tak fokus pada pekerjaan.

Sebaiknya, pusatkan perhatian Anda pada pekerjaan yang sudah menjadi tanggung jawab Anda. Dengan memberikan perhatian pada pekerjaan Anda, tentunya Anda jadi lebih giat untuk menyelesaikannya. Dijamin, hasil pekerjaan akan lebih memuaskan dan akan membuat Anda lebih diapresiasi oleh tim dan atasan di kantor.

Aktif ikut program dari perusahaan

Untuk meningkatkan kinerja karyawan, perusahaan biasanya sering mengadakan program-program menarik. Program-program ini bisa berupa outing karyawan untuk meningkatkan kekompakan atau workshop yang mendatangkan ahli sebagai pembicara. Nah, jangan menjadi karyawan yang pasif! Sebaiknya, Anda aktif mengikuti program dari perusahaan untuk menjadi percaya diri dalam pekerjaan Anda. Selain menambah wawasan, program-program yang diadakan perusahaan juga membantu Anda networking dengan karyawan lain. 

Tidak perlu malu bertanya ke senior

“Malu bertanya, sesat di jalan,” kalimat tersebut ternyata berlaku juga di dunia kerja. Sebagai karyawan, tak jarang masih malu bertanya ke senior. Padahal, senior bukan hanya sudah bekerja lebih lama dari Anda, tetapi juga lebih berpengalaman. Pengalaman inilah yang akan menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda, serta memperkaya wawasan. Kalau malu bertanya, tentunya Anda tidak akan mendapatkan jawaban dan tidak bisa mengembangkan diri Anda ke arah yang lebih baik. 

Baca juga: 6 Jenis Pelatihan SDM untuk Menghasilkan Karyawan Unggulan

Perlahan melangkah keluar dari zona nyaman

Hati-hati dengan zona nyaman! Tak sedikit orang-orang terjebak dalam zona nyaman mereka. Padahal, hal ini berbahaya karena semakin nyaman di dalam zona tersebut, Anda tidak akan berkembang dan stuck di posisi yang sama. 

Anda tak perlu langsung mengambil langkah ekstrem untuk bisa keluar dari zona zaman. Cukup pelan-pelan saja karena bagaimanapun juga, menjadi percaya diri pun butuh adaptasi. Dengan melangkah dari zona nyaman ini, Anda mengizinkan diri Anda untuk berkembang dan menggali potensi-potensi baru yang mungkin tidak terbesit dalam benak Anda.

Terus mengembangkan kompetensi diri 

Semakin maju zaman bergerak, persaingan di dunia pekerjaan menjadi semakin sengit. Mereka yang skill-nya tidak berbanding lurus dengan kebutuhan, pasti akan “tenggelam” dan sulit untuk merasa puas dengan pekerjaan mereka. Itulah mengapa Anda harus terus mengembangkan kompetensi diri. Bagaimana cara mengembangkan kompetensi diri? Caranya dengan mengasah kemampuan atau menggali potensi-potensi baru di dalam diri Anda. Dengan mengembangkan diri, tentunya Anda akan lebih kompeten dan bahkan akan lebih diapresiasi oleh atasan.

Perusahaan pun punya andil penting dalam memupuk rasa percaya diri karyawan. Solusinya yakni dengan mengandalkan Codemi, sebuah platform manajemen pengembangan kompetensi karyawan berbasis cloud. Codemi sendiri sudah dilengkapi dengan banyak fitur pendukung, di antaranya Learner Dashboard, Online Training, Course Catalog Online Test, dan Learning Reward. Bersama Codemi, perusahaan-perusahaan di Indonesia kini bisa meningkatkan kualitas kerja karyawan dengan lebih praktis dan mudah.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article

Mengenal karakter karyawan sangatlah penting dilakukan oleh perusahaan agar bisa melakukan pengelolaan SDM dengan tepat. Pada dasarnya, setiap oran