Cara Meningkatkan Produktivitas dan Semangat Kerja Karyawan

Perusahaan profesional bukan hanya memberikan beban kerja, tetapi juga memikirkan bagaimana cara meningkatkan produktivitas serta semangat kerja karyawan. Karyawan yang memiliki kinerja tinggi dan memiliki keterikatan dapat meningkatkan level perusahaan.

Untuk mengetahui seberapa baik performa kerja karyawan, perusahaan perlu melakukan pengukuran menggunakan parameter-parameter tertentu. Misalnya efisiensi waktu dalam menyelesaikan pekerjaan, jumlah penjualan, hingga kualitas pekerjaan itu sendiri.

Sayangnya, performa dan produktivitas tenaga kerja ada kalanya mengalami penurunan karena berbagai hal. Beban pekerjaan berlebih, work life balance yang buruk, hingga kelelahan adalah faktor-faktor umum penyebab produktivitas menurun.

Cara Meningkatkan Produktivitas dan Motivasi Kerja

Produktivitas pegawai berpengaruh secara langsung terhadap kinerja perusahaan secara langsung. Faktor lain yang juga berpengaruh adalah motivasi atau semangat kerja. Lantas bagaimana cara meningkatkan keduanya? Berikut ini jawabannya.

Tentukan Target Jelas dan Realistis

Susunan target yang jelas adalah pedoman bagi setiap tenaga kerja dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Bagaimana mungkin perusahaan memiliki ekspektasi tinggi terhadap karyawannya tanpe memberikan target nyata?

Namun membuat target juga perlu perhitungan sendiri. Organisasi tidak bisa seenaknya membuat target yang tidak realistis. Karena hal tersebut justru membebani tenaga kerja secara berlebih dan memicu menurunnya semangat kerja.

Bangun Lingkungan dan Budaya Kerja Positif

Lingkungan serta budaya positif di tempat kerja juga sangat mempengaruhi performa karyawan. Oleh karena itu, salah satu cara meningkatkan produktivitas dan motivasi secara efektif adalah menciptakan suasana kondusif dan positif.

Budaya positif memungkinkan semua karyawan bekerja secara nyaman sehingga tidak terjadi lonjakan turnover. Budaya positif juga akan membentuk lingkungan suportif antar karyawan.

Tujuan dan target kerja bukan satu-satunya faktor untuk menumbuhkan produktivitas. Justru budaya serta lingkungan kerja lah yang memiliki andil besar dalam membentuk motivasi karyawan sehingga berdampak langsung pada kinerjanya.

Berikan Pengakuan dan Insentif

Insentif terbukti menjadi penyemangat tersendiri bagi karyawan. Keberhasilan dalam menyelesaikan proyek tertentu dengan tingkat kepuasan tinggi perlu mendapatkan apresiasi yang layak. Inilah saatnya perusahaan memberikan insentif.

Selain insentif, pengakuan juga penting untuk meningkatkan keterikatan (engagement) karyawan dengan perusahaan. Dengan adanya pengakuan, mereka memiliki motivasi lebih dalam memberikan performa terbaik dan semaksimal mungkin.

Dukungan Fasilitas Terbaik

Cara meningkatkan produktivitas dan semangat kerja berikutnya yaitu dengan memberikan dukungan fasilitas terbaik bagi karyawan. Terkadang perusahaan masih menggunakan peralatan lama dan tidak mengupgrade ke teknologi terbaru.

Ini adalah kesalahan yang harus dihindari karena dapat memperlambat pekerjaan sehingga tidak terselesaikan secara maksimal. Lebih jauh lagi, peralatan atau fasilitas lain yang tidak memadai dapat membuat karyawan kehilangan semangat.

Terlebih jika perusahaan Anda diisi oleh tenaga muda yang terbiasa bekerja cepat dan mengandalkan teknologi. Untuk itu, perusahaan perlu mengalokasikan dana tersendiri untuk investasi alat maupun fasilitas lainnya.

Fleksibilitas Kerja

Era baru dengan tren bekerja dari rumah alias work form home ternyata memberikan dampak positif terhadap performa kerja karyawan. Tidak ada salahnya meneruskan tren tersebut namun dengan intensitas yang dipertimbangkan.

Work from home perlu dipertimbangkan sebagai budaya baru yang memberikan fleksibilitas. Sesekali berikan kesempatan fleksibilitas kerja untuk mengurangi risiko burnout atau kelelahan akibat buruknya work life balance atau faktor lainnya.

Berikan Training

Memberikan training atau pelatihan adalah cara meningkatkan produktivitas sekaligus kualitas kerja. Perusahaan perlu menyediakan waktu khusus untuk memberikan pelatihan baik itu berupa workshop, seminar, webinar, hingga kelas online.

Melalui LMS Codemi anda juga dapat mengelola dan melakukan training karyawan dengan mudah. Selain itu melalui fitur gamifikasi anda juga dapat memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan menarik bagi karyawan anda.

Dengarkan Aspirasi Karyawan

Kepuasan tidak akan bisa diraih apabila perusahaan tidak mengetahui apa yang diinginkan maupun dirasakan karyawan. Organisasi yang memberikan kesempatan bagi anggotanya untuk menyalurkan aspirasi maupun keluhan berada di level lebih tinggi.

Berikan kesempatan bagi mereka untuk membagikan ide, pandangan, atau pemikirannya secara bebas. Dorong mereka menyampaikan perspektifnya dengan melemparkan pertanyaan-pertanyaan terbuka sehingga menciptakan ruang diskusi.

Perhatikan Kesehatan Karyawan

Kesehatan karyawan menjadi salah satu kunci kualitas kinerja mereka sehingga berdampak positif bagi perusahaan. Oleh sebab itu, perhatian terhadap aspek kesehatan patut menjadi prioritas khusus.

Bentuknya bermacam-macam, misalnya memberikan insentif kesehatan, pemeriksaan kesehatan secara berkala, edukasi tentang mental health, dan sebagainya. Karyawan yang sehat secara fisik maupun mental maka sehat juga kinerjanya.

Kesuksesan suatu bisnis dipengaruhi banyak faktor. Produktivitas dan semangat karyawan adalah salah satu faktor pentingnya. Maka dari itu, perusahaan wajib mengetahui dan melaksanakan cara meningkatkan produktivitas secara tepat.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

1 Comment

    Leave Comment

    Your email address will not be published, Required fields are marked





    Related Article

    Ada beberapa strategi mempertahankan SDM yang perlu diketahui terkait masalah gaji. Banyak hal terkait gaji yang membuat beberapa karyawan memutusk

    Dalam melakukan rekrutmen karyawan mewajibkan dapat menghemat waktu dalam memilih dan seleksi berkas yang diperlukan. Dari sekian banyak pelamar te

    Unduh Codemi Learning Report 2021

    X