Cara Mengatasi Stres Karena Pekerjaan Baru

Banyak karyawan mencari tahu bagaimana cara mengatasi stres saat harus mengerjakan pekerjaan baru di kantor. Karena tentunya ada banyak hal yang membuat pekerjaan baru justru menjadi penyebab utama terjadinya stres.

Bahkan stres karena pekerjaan baru itu rasanya seperti sedang liburan ke negeri orang. Jadi meski menyenangkan, namun faktanya justru hal tersebut terkadang membuat orang yang pertama kali liburan menjadi stres. 

Karena mereka masih harus mencari petunjuk jalan, sistem kendaraan umum, harga kulinernya, dan lainnya. Maka dari itu mencari tahu bagaimana cara mengatasi masalah depresi karena pekerjaan baru itu sangat penting sekali.

Melihat betapa pentingnya mengetahui cara mengatasi stres dengan benar, maka berikut ini akan kami bagikan bagaimana penyebab dan solusinya. Sehingga Anda bisa menemukan solusi terbaik untuk mengatasi masalah stres tersebut.

Penyebab Stres Karena Pekerjaan Baru

Stres bisa terjadi kapan saja, termasuk ketika harus mengerjakan pekerjaan baru di kantor. Sehingga hal ini bisa menyebabkan produktivitas menjadi terganggu. Berikut adalah beberapa penyebab terjadinya depresi karena pekerjaan barunya:

  1. Perlu diketahui bahwa setiap karyawan pasti memiliki beban kerja yang tidak sama sesuai dengan jabatannya. Hanya saja terkadang dalam praktiknya beban pekerjaannya semakin bertambah banyak hingga membuat mereka menjadi depresi. Biasanya depresi tersebut terjadi saat sumber daya manusia kurang sehingga sejumlah karyawan wajib merangkap jobdesknya yang tidak sesuai dengan posisinya di kantor. Akibatnya karyawan menjadi stres karena kapasitas mereka terbatas.
  2. Konflik bersama partner kerja di kantor bisa juga menjadi salah satu penyebab utama terjadinya stres karena pekerjaan baru. Sehingga butuh cara mengatasi stres terbaik agar terbebas dari beban masalah tersebut. Sayangnya saat bekerja sama dengan rekan perusahaan biasanya ada waktunya merasa tidak cocok sehingga menyebabkan konflik. Otomatis bisa menyebabkan stres karena harus bersinggungan dengan orang yang sulit diajak bekerja sama.
  3. Perasaan kurang berkembang juga menjadi salah satu penyebab utama seseorang mengalami depresi. Karena mereka merasa tidak dihargai dan kurang berkembang. Jadi dengan berbagai hambatan tersebut menyebabkan mereka malas di kantor.
  4. Kurang komunikasi juga menjadi salah satu penyebab terbesar dari kemunculan masalah ini. Biasanya hal tersebut sering terjadi antara bawahan dengan atasan. Instruksi yang tidak bisa diterima bisa mengganggu kinerja keseluruhan.
  5. Penyebab kemunculan masalah ini lainnya adalah keuangan pribadi. Hal seperti ini sudah umum terjadi sehingga membuat seseorang menjadi tidak fokus dengan pekerjaan barunya. Akibatnya produktivitasnya menjadi terganggu dan mulai berkurang.

Cara Mengatasi Stres Karena Pekerjaan Baru

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya bahwa liburan ke luar negeri memang menyenangkan tapi bisa menyebabkan depresi, begitu juga saat menjalankan pekerjaan baru. Untuk itu solusinya adalah dengan melakukan berikut ini:

  1. Cobalah mengatur pekerjaan baru dan kegiatan sehari-hari di rumah dengan baik. Bila pekerjaan utama mengharuskan Anda berpindah ke kantor cabang, pastikan untuk tetap konsisten dalam melakukan kehidupan sehari-hari di rumah. Misalnya belum selesai membersihkan rumah, cobalah menciptakan kamar mandi dan tempat tidur senyaman mungkin. Bila perlu buat jadwal selesai bekerja supaya otak tidak banyak berpikir dan ada waktu untuk beristirahat.
  2. Sebaiknya aplikasikan prinsip kerja yang biasa dilakukan di kantor. Bila perlu buat ruangan baru Anda terlihat seperti kantor lama. Mulai dari pengaturan meja, komputer, dan sejumlah barangnya supaya tidak bingung.
  3. Bila pekerjaan baru menyebabkan depresi, maka berpikirlah positif bahwa semuanya hanya terjadi sementara saja. Jadi selalu ingat bahwa pekerjaan baru tersebut sifatnya hanya sementara, begitu juga dengan beban stresnya tersebut.
  4. Cobalah untuk beradaptasi dengan lingkungan baru selama beberapa minggu sambil mempelajari tanggung jawab baru yang diemban. Jadi yang mulanya masih tidak familiar mulai bisa dipahami dengan baik dari adaptasi tersebut.

Dengan cara inilah akan membuat Anda akhirnya bisa terbiasa terhadap rutinitas pekerjaan baru tersebut. Akhirnya Anda akan lupa dengan tekanan yang menghampiri dari pekerjaan baru tersebut karena sekarang mulai terbiasa.Itu tadi adalah penyebab dan solusi mengatasi beban stres karena pekerjaan baru. Dengan mengikuti cara cara mengatasi stres di atas diharapkan bisa membuat Anda terbebas dari kondisi psikologis yang mengganggu.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Cara perusahaan membangun organizational skills pada tiap karyawan akan membantu performa kerja dan produktivitas mereka. Untuk menciptakan karyawa

Codemi Publication

Pada dasarnya ada beberapa keterampilan yang harus diajarkan pada manager demi perkembangan sebuah perusahaan. Karena manajer sendiri adalah orang