Cara Menangani Sikap Negatif di Tempat Kerja

Menangani sikap negatif di tempat kerja tentu harus dengan cara pintar agar dampaknya tidak terlalu buruk. Tidak harus dengan berhenti kerja namun bisa dengan menggunakan cara-cara lain yang dapat Anda coba.

Sikap saling meremehkan sesama karyawan atau bahkan dari atasan juga sangat mempengaruhi. Kebiasaan bergosip di jam kerja dan berbagai kebijakan yang tidak membuat karyawan berkembang.

Adanya lingkungan yang seperti ini membuat produktivitas menurun bahkan akan berdampak pada diri Anda. Terutama pada kesehatan fisik maupun mental jika hal-hal negatif dibiarkan berkembang.

Cara Mudah Menghadapi Sikap Negatif di Tempat Kerja

Lingkungan kerja adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Betah atau tidaknya Anda saat bekerja bisa jadi dipengaruhi oleh hal ini. Lingkungan kerja negatif memiliki ciri-ciri di antaranya berikut ini:

  1. Tidak profesional
  2. Tidak jujur
  3. Kebijakan yang menghukum
  4. Hubungan antar rekan kerja kurang harmonis
  5. Komunikasi kurang baik, dan banyak lainnya

Jika Anda menemukan sikap rekan kerja yang cenderung negatif atau justru lingkungan kerjanya secara global. Maka gunakan beberapa cara mudah berikut ini untuk bisa menghadapinya dengan lebih baik.

1. Selalu Berpikir Positif

Berusaha menanamkan pikiran positif ditengah banyaknya sikap negatif di tempat kerja memang tidak mudah. Namun cara ini sangat direkomendasikan agar Anda tetap bisa berpikir jernih dan tidak mudah terpengaruh.

Permasalahan pasti akan timbul karena berbagai perilaku negatif tersebut namun dengan pikiran positif semua terasa ringan. Caranya dengan meditasi sejenak untuk memberikan ruang kepada pikiran dan hati Anda.

Usahakan juga untuk tidak terlibat dengan berbagai hal-hal negatif para rekan kerja apapun itu. Tujuan Anda hanya bekerja jadi fokus pada pekerjaan sehingga bisa memberikan yang terbaik untuk perusahaan.

2. Berkumpul dengan Rekan Kerja yang Bersikap Positif

Dalam sebuah perusahaan tentu tidak semua karyawan memiliki sikap negatif di tempat kerja. Maka manfaatkan hal tersebut untuk mencari karyawan yang memiliki sikap positif saja.

Hindari mereka yang memiliki sikap-sikap negatif sehingga tidak bisa mempengaruhi Anda. Saling support antara mereka yang berpikir dan bersikap positif agar bisa berkembang dalam bekerja.

Baca Juga: Cara Menangani Perilaku Negatif di Lingkungan Kantor

3. Jangan Ikut Bersikap Negatif

Jika Anda sudah tahu kalau ada karyawan memiliki sikap negatif di tempat kerja maka jangan ikut-ikutan seperti ini. Berbaur dengan sesama karyawan memang penting namun harus dibatasi sendiri agar tidak terpengaruh.

Contohnya ketika Anda berkumpul dan bercanda untuk sharing pengalaman memang sangat perlu. Namun ketika mereka sudah mulai bergosip sebaiknya jangan ikut-ikutan dan tinggal pergi saja.

Meskipun membicarakan kelemahan atau kekurangan orang lain memang sangat menyenangkan. Namun harus tegas pada diri sendiri untuk tidak ikut-ikutan dengan alasan sibuk atau ada deadline pekerjaan.

4. Ambil Istirahat Sejenak

Terjebak dalam lingkungan dan sikap negatif di tempat kerja memang terasa sangat berat dan melelahkan. Jika Anda merasakan hal ini maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengambil istirahat sebentar.

Istirahat memang tidak menyelesaikan hal ini namun setidaknya bisa membuat pikiran dan hati Anda menjadi segar kembali. Cobalah berjalan-jalan sebentar di sekitar, membuat minuman, mencuci muka dan kembali lagi ke pekerjaan.

Baca Juga: Waktu Tidur Kerja Karyawan Tidak Sehat? Ajarkan ini!

5. Fokus Saja Bekerja

Ketika tidak ada hal yang bisa dilakukan untuk merubah sikap negatif di tempat kerja maka solusinya abaikan. Anda hanya perlu meyakinkan diri sendiri kalau itu bukan urusan Anda sehingga harus dibiarkan.

Tujuan Anda hanyalah bekerja, jadi usahakan untuk fokus saja ke pekerjaan agar cepat selesai dan dinilai baik. Dengan begitu tidak akan terlalu berurusan dengan karyawan yang memiliki perilaku negatif.

Usahakan untuk tetap sibuk sehingga hasil bekerja juga lebih banyak dan semakin memotivasi diri sendiri. Anda bisa meminta proyek tambahan kepada atasan sehingga bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

6. Mendokumentasi Setiap Pekerjaan

Rekan kerja yang memiliki sikap negatif di tempat kerja biasanya tidak memiliki kepercayaan kepada sesama karyawan. Komunikasi juga tidak berjalan baik sehingga perlu adanya cara untuk mengatasinya.

Untuk berjaga-jaga, Anda bisa mendokumentasikan setiap pekerjaan bertujuan untuk melindungi diri sendiri. Jadi jika ada hal-hal buruk seperti dianggap tidak menyelesaikan pekerjaan bisa dengan mudah diatasi.

Dokumentasi tentang deadline pekerjaan, terkait cuti kerja, laporan dan berbagai hal penting lainnya. Dengan cara ini Anda tidak akan terjebak oleh orang-orang yang berniat negatif dan merugikan.

7. Sikap Proaktif

Bersikap proaktif dapat membantu Anda terhindar dari sikap negatif di tempat kerja dan berbeda dengan mereka. Bahkan bisa membuat rekan kerja ikut merubah dari bersikap negatif menjadi positif.

Contoh bersikap proaktif yang bisa dilakukan namun tetap harus atas izin dari pimpinan. Contohnya antara lain merayakan ulang tahun rekan kerja, mempersiapkan acara makan siang dan lainnya.

8. Memberi Contoh ke Karyawan Lain

Mengetahui adanya sikap negatif di tempat kerja yang dilakukan oleh beberapa orang sebaiknya jangan terbawa suasana. Anda harus menjadi berbeda dengan memberikan contoh positif kepada karyawan lain.

Dengan contoh tersebut membuat Anda tidak hanya berbicara saja namun membuktikan lewat tindakan. Sehingga mereka akan bersemangat untuk merubah dirinya dan mulai mengikuti cara Anda.

Hal ini terkadang sangat efektif untuk mulai perubahan kecil pada budaya-budaya buruk yang dibiarkan selama ini. Contohnya menghormati apapun yang dilakukan rekan kerja sekecil apapun itu dan tidak mempermasalahkan kesalahan orang lain.

9. Tawarkan Bantuan

Karyawan dengan sikap negatif di tempat kerja terkadang karena mereka mengalami masalah atau kesulitan. Maka cobalah untuk menawarkan bantuan terutama jika masalah yang dihadapi berkaitan dengan pekerjaan.

Cobalah mendatanginya dengan perlahan untuk mencari tahu permasalahan yang dihadapinya. Jangan langsung menawarkan bantuan tanpa basa basi karena bisa menyebabkan kesalahpahaman.

Bantuan yang diberikan bisa berupa mendengarkan kesulitan orang tersebut, memberikan nasihat, saran atau bantuan fisik. Namun pastikan juga hal tersebut tidak membebani Anda nantinya.

10. Tingkatkan Kualitas Diri 

Tertekan dengan sikap negatif di tempat kerja bisa jadi karena Anda tidak memiliki kualitas diri. Sehingga dianggap remeh oleh rekan kerja lainnya dan mendapatkan perlakuan negatif tersebut.

Maka cara untuk bisa mengatasinya adalah dengan mengeluarkan jati diri dan meningkatkannya. Misalnya mendaftarkan diri pada kursus keahlian yang sesuai dengan passion Anda. 

Ikut klub-klub olahraga, mulai latihan fisik, melakukan berbagai proyek, memiliki bisnis sampingan dan lainnya. Semakin tinggi kualitas dirimu maka orang-orang tidak akan pernah berani lagi meremehkan Anda.

11. Resign

Cara terakhir yang bisa dilakukan yaitu resign atau berhenti dari pekerjaan jika memang sudah tidak memungkinkan. Anda perlu menyadari jika orang-orang dengan sikap buruk atau negatif tidak baik untuk kesehatan mental.

Jika jumlah karyawan negatif tersebut lebih sedikit dari yang positif maka tidak ada salahnya bertahan. Namun jika jumlahnya jauh lebih besar maka dapat membuat Anda lelah sendiri menghadapinya.

Anda berhak mendapatkan lingkungan kerja yang bisa membuat nyaman untuk meningkatkan kemampuan. Namun jika lingkungannya saja sudah tidak mendukung membuat pekerjaan tidak bisa dimaksimalkan.

Setiap orang memiliki sikap positif dan negatif baik di lingkungan masyarakat maupun dunia kerja. Maka persiapkan diri Anda menghadapi sikap negatif di tempat kerja agar tidak terpengaruh dan merugikan diri sendiri.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article

Supaya sukses dalam mendirikan perusahaan, Anda harus menyiapkan Employee Benefits untuk kepentingan mereka. Pada dasarnya Employee Benefits bisa d

Berpedoman pada 100 Performance Metrics untuk tingkatkan tinjauan kinerja yang efektif ialah pilihan terbaik. Performance Metrics dalam pekerjaan d

Unduh Codemi Learning Report 2021

X