Cara Memimpin Generasi Milenial di Era Milenial

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), pada saat ini generasi milenial mengisi sejumlah 25,87% dari total penduduk Indonesia. Hal ini menjadikan generasi milenial sebagai salah satu generasi dengan proporsi terbesar dalam struktur kependudukan di Indonesia. Ini tentunya menjadikan generasi milenial sebagai bagian penting dalam perkembangan ekonomi dan tentunya berbagai bisnis di Indonesia, terutama mengingat saat ini generasi milenial merupakan generasi dominan dalam rentang usia produktif. Sehingga tentunya sangat penting bagi para pemimpin perusahaan dan tim untuk mengentahui cara memimpin generasi milenial ini untuk kemajuan perusahaan.

Mengapa Terdapat Perbedaan Cara Memimpin Generasi Milenial?

Perbedaan cara memimpin sebenarnya tidak hanya terjadi dengan generasi milenial, melainkan generasi lain juga sebenarnya memiliki perbedaan dalam cara memimpinnya. Hal ini terjadi karena setiap generasi tentunya memiliki perbedaan dalam cara mereka dibesarkan, dimana setiap generasi secara natural dibesarkan dengan nilai dan norma yang diajarkan oleh generasi sebelumnya melalui orang tua dan institusi pendidikan baik formal maupun informal.

Generasi milenial sendiri, tumbuh dengan nilai yang diajarkan oleh generasi sebelumnya atau generasi X. Sebagai generasi yang tumbuh beriringan dengan perkembangan teknologi dan pertumbuhan ekonomi yang pesat. Generasi milenial cenderung memiliki pemahaman dan kemampaman terhadap teknologi yang baik. Sehingga mereka akan cenderung untuk mencari cara dengan menggunakan teknologi untuk mengoptimalkan proses pekerjaan mereka.

Selain itu pertumbuhan ekonomi yang cepat juga mengakibatkan munculnya berbagai pilihan karir yang unik dan berbeda. Hal ini kemudian mendorong generasi milenial untuk cenderung lebih berfokus pada aktualisasi diri mereka, dan tidak bergantung pada perusahaan. Sehingga genereasi milenial tidak akan terlalu merasa terikat pada perusahaan dan cenderung lebih berfokus pada diri sendiri.

Adanya perbedaan ini tentunya menjadikan adanya penyesuaian dalam cara memimpin generasi ini. Tantangan ini secara sederhana dapat diselesaikan dengan cara memahami posisi dan sudut pandang mereka terhadap permasalahan serta cara menyelesaikan masalah tersebut.

Pelajari lebih lanjut mengenai cara memimpin generasi milenial dengan mengikuti kelas mandiri level up disini. Simak juga ulasan kami mengenai cara menjaga keharmonisan lingkungan kantor antar generasi disini.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Meskipun pertumbuhan penduduk sangat besar, ternyata tidak dibarengi dengan pertumbuhan afeksi, banyak orang merasa selalu kesepian meskipun sedang

Codemi Publication

Bagaimana cara mengimplementasikan Kaizen 5s untuk para karyawan? Pertanyaan tersebut barangkali membuat Anda penasaran karena konsep 5s diadopsi d