Cara Membangun Lingkungan Kantor Antar Generasi yang Harmonis

Cara membangun lingkungan kantor yang kondusif menjadi salah satu tantangan penting bagi perusahaan. Tantangan tersebut kini semakin besar karena adanya multigenerasi di lingkungan kerja.

Tidak sedikit perusahaan yang diisi oleh generasi baby boomer (1946-1964), generasi X (1965-1980), dan generasi milenial (1980-1995). Bahkan gen Z (1996-2010) saat ini juga sudah memasuki dunia kerja.

Perbedaan kebiasaan, cara berpikir, hingga cara kerja tidak jarang menimbulkan hubungan kurang harmonis antar generasi tersebut. Hal ini dapat berpengaruh buruk terhadap performa kerja keseluruhan.

Untuk itu, perusahaan perlu membangun lingkungan kerja dengan strategi tepat. Sehingga timbul keharmonisan multigenerasi yang nantinya berdampak positif bagi kinerja perusahaan secara umum.

Cara Membangun Lingkungan Kantor Multigenerasi

Keberadaan multigenerasi di lingkungan kerja tidak bisa dihindari. Biar bagaimanapun, tiap generasi memiliki kekuatan masing-masing sehingga menguntungkan organisasi. Namun, bukan hal mudah untuk menciptakan lingkungan kondusif diantara banyaknya perbedaan.

Lantas, bagaimana cara membangun lingkungan kerja harmonis bagi mereka? Kali ini kami akan memberikan beberapa tipsnya.

Program Pengakuan Global

Langkah pertama dalam membangun lingkungan kerja yang harmonis adalah merancang program pengakuan atau pengenalan secara global. Untuk mengimplementasikan program rekognisi ini, perusahaan harus melibatkan semua tenaga kerja di semua level.

Komunikasikan pentingnya mengenal setiap orang dalam organisasi kepada semua tenaga kerja, terutama bagi mereka yang berperan di level manajemen. Pengakuan dari manajer dan atasan memiliki pengaruh besar.

Mendapatkan pengakuan khususnya dari manajer dan atasan membuat tenaga kerja merasa berharga di mata organisasi. Rancang program pengakuan tersebut sedemikian rupa sehingga semua anggota organisasi tertarik dan bersemangat mengikutinya.

Gunakan Platform Sederhana

Cara membangun lingkungan kantor harmonis antar generasi lainnya yaitu dengan menggunakan platform sederhana. Meskipun saat ini teknologi digital semakin mendominasi, alangkah baiknya organisasi tetap memilih platform sederhana.

Ada baiknya memilih platform yang ramah bagi semua generasi, yakni mempertimbangkan keterampilan semua tenaga kerja dalam menggunakan teknologi. Pastikan platform yang Anda pilih dapat digunakan semua orang.

Selain itu, pertimbangkan platform yang menyediakan fitur pengenalan antar rekan kerja serta pengenalan antara manajer dan karyawan. Langkah ini memungkinkan semua generasi di organisasi berpartisipasi secara aktif dan berdampak positif terhadap lingkungan kantor.

Kenali Keterampilan Setiap Generasi

Cara membangun lingkungan kantor yang kondusif dan harmonis, perusahaan harus mengenal setiap anggota organisasinya. Salah satu bentuk pengenalan tersebut adalah mengetahui bakat dan keterampilan yang dimiliki masing-masing generasi.

Baby boomer dan gen X yang telah menggeluti dunia kerja hingga puluhan tahun tentunya kaya akan pengalaman. Mereka memiliki kecakapan dalam memberikan bimbingan kepada para junior yang lebih muda.

Milenial telah mengenal teknologi dan memiliki keterampilan dalam menggunakannya. Tidak hanya itu, masa transisi dari era sebelum teknologi membuat mereka memiliki pemikiran bijak namun tetap memiliki koneksi dengan juniornya.

Sementara gen Z, anggota organisasi paling muda memiliki semangat dan motivasi tinggi dalam menjalani pekerjaan. Dukungan teknologi dan akses informasi yang mereka kuasai membuat daya kreativitas serta inovasi menjadi kekuatan tersendiri.

Dengan mengenali potensi, kekuatan, dan keterampilan tiap-tiap generasi, perusahaan dapat mengoptimalkan kinerja bisnis. Di sini perusahaan memiliki posisi serta tanggung jawab tinggi dalam mengenali sehingga terjadi hubungan antargenerasi yang terintegrasi.

Membuat Perayaan Istimewa

Salah satu cara membangun lingkungan kantor termudah untuk menciptakan suasana harmonis adalah dengan mengadakan perayaan atas pencapaian-pencapaian positif di lingkungan perusahaan. Ada beragam perayaan yang bisa dihelat.

Mulai dari perayaan ulang tahun, peringatan kerja, perayaan tahun baru, dan sebagainya. Perayaan ulang tahun meskipun sederhana dapat menciptakan kesan personal yang sifatnya emosional.

Menghelat awarding setiap tahun adalah ide brilian sebagai bentuk pengakuan di samping menciptakan hubungan harmonis yang lebih personal. Misalnya memberi penghargaan dengan melibatkan anggota tim.

Ini membuat hubungan antar generasi terjalin lebih kuat. Selain memberikan pengakuan di level organisasi maupun personal, perayaan tersebut juga dapat membangkitkan motivasi setiap karyawan dalam menunjukkan performa kerja.

Lingkungan kerja kondusif dan suportif berdampak positif secara berkesinambungan, baik bagi tenaga kerja maupun karyawan. Sudah menjadi tugas perusahaan untuk merancang bagaimana cara membangun lingkungan kantor antar generasi. Simak juga ulasan kami mengenai ekspektasi karyawan gen z disini.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

2 Comments

    Leave Comment

    Your email address will not be published, Required fields are marked





    Related Article

    Ada beberapa strategi mempertahankan SDM yang perlu diketahui terkait masalah gaji. Banyak hal terkait gaji yang membuat beberapa karyawan memutusk

    Dalam melakukan rekrutmen karyawan mewajibkan dapat menghemat waktu dalam memilih dan seleksi berkas yang diperlukan. Dari sekian banyak pelamar te

    Unduh Codemi Learning Report 2021

    X