Cara Membangun Emotional Intelligence untuk Dunia Kerja

Cara membangun emotional intelligence adalah pengetahuan wajib. Ini sangat penting baik ketika diterapkan di dunia kerja maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Ketika seseorang tidak berhasil mempertahankan emotional intelligence untuk berada pada kondisi baik, hasilnya tidak akan memuaskan. Itu karena tugas yang diberikan tidak akan bisa diselesaikan secara optimal.

Sebenarnya semakin kemari, kesadaran masyarakat tentang pentingnya membangun emotional intelligence sudah semakin tinggi. Namun yang jadi masalah, pengetahuan akan hal ini masih sulit dicari.

Memang ada banyak seminar di luar sana yang menjelaskan mengenai hal ini. Namun kebanyakan seminar tersebut adalah seminar berbayar.

Dengan itu, terdapat sejumlah uang yang perlu dikeluarkan untuk mendapatkannya. Ini jelas merupakan hal yang tidak dimiliki setiap orang.

Cara Membangun Emotional Intelligence Terbaik

Untuk membangun emotional intelligence, terdapat beberapa hal yang perlu diterapkan. Beberapa hal ini sebenarnya sangat umum.

Namun yang jadi masalah, kebanyakan orang tidak mengetahui bahwa cara-cara ini sangat optimal dalam membangun kecerdasan emosi. Berikut beberapa cara tersebut.

Pengendalian Diri

Hal pertama yang perlu diingat berhubungan dengan pengendalian diri. Ketika seseorang ingin bisa memiliki kecerdasan emosi, perlu dipastikan bahwa orang tersebut mampu mengendalikan dirinya dengan baik.

Pengendalian diri berbeda dengan menekan emosi. Misal ketika seseorang sedih, pastikan untuk menyalurkan kesedihan tersebut kepada hal positif.

Jangan melakukan kesalahan dengan melupakan rasa sedih tersebut dan menganggapnya tidak ada. Jika manusia tidak memiliki emosi, diri orang tersebut tidak akan bisa memahami orang lain.

Oleh sebab itu, kecerdasan emosi tinggi tidak akan bisa dimiliki jika seseorang tidak memiliki emosi. Mengendalikan diri juga bisa dilakukan jika seseorang mengetahui cara mengatur napas.

Ini akan membuat diri menjadi lebih tenang sehingga pengontrolan emosi bisa dilakukan secara lebih mudah.

Motivasi

Motivasi adalah hal yang penting dalam membangun setiap hal. Tentu keberadaannya juga penting ketika yang dibicarakan adalah cara membangun emotional intelligence.

Tanpa adanya motivasi, seseorang akan kesulitan dalam membangun setiap aspek yang dibutuhkan untuk menguatkan kecerdasan emosi. Motivasi sendiri pasti berhubungan dengan tujuan.

Ketika seseorang memiliki tujuan yang besar dan jelas, meningkatkan motivasi akan menjadi lebih mudah. Oleh sebab itu, tentukan dari sekarang mengapa ingin membangun emotional intelligence.

Tujuannya sendiri bisa bermacam-macam mulai dari ingin kenaikan gaji, kenaikan jabatan, dan masih banyak lagi. Jangan sampai tujuannya kurang pasti seperti menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Jika tujuannya hanya seperti itu, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Itu membuat hal yang dikejar menjadi terlalu banyak.

Empati

Memiliki empati juga sangat penting ketika yang dibicarakan adalah cara membangun emotional intelligence. Namun dalam meningkatkan empati, terdapat beberapa poin penting yang perlu dipikirkan.

Beberapa orang menganggap empati hanya tentang merasakan apa yang orang lain rasakan. Padahal masih ada poin lain yang juga sama pentingnya.

Memahami sudut pandang, tantangan, hingga kekuatan orang lain juga sama pentingnya. Sebenarnya ketika mencoba meningkatkan empati, beberapa orang menganggap ini sebagai aktivitas yang membuang waktu.

Seakan tidak ada manfaat yang terkandung di dalamnya. Itu jelas merupakan kesalahan besar. Berbincang dalam waktu lama untuk lebih dekat dengan orang lain akan memberikan banyak manfaat.

Reaktif

Reaktif adalah sifat yang perlu dihindari. Kata reaktif sendiri sebenarnya sering terdengar. Namun aktualnya, beberapa orang tidak memahami ini dengan baik.

Reaktif berbicara tentang respons ketika mengalami sesuatu. Ada beberapa orang yang sering terpancing emosi ketika menghadapi hal-hal yang dirasa tidak nyaman.

Ini adalah ciri-ciri orang yang memiliki kecerdasan emosi rendah. Oleh sebab itu, cobalah untuk tetap tenang ketika menghadapi berbagai masalah yang menguji emosi dalam diri.

Komunikasi

Keterampilan komunikasi juga merupakan suatu hal penting. Keterampilan komunikasi ini sangat bermanfaat ketika dipraktekkan dalam berbagai macam hal.

Tentu keberadaannya juga tidak boleh terlupakan ketika ingin meningkatkan kecerdasan emosi. Merupakan kesalahan besar jika komunikasi hanya berbicara tentang hal yang berbau verbal.

Komunikasi non verbal juga perlu dipahami. Komunikasi non verbal yang paling penting adalah mimik muka.

Namun untuk komunikasi, mengasah skill hanya bisa dilakukan dengan praktek. Sebaik apapun ilmu yang dicari, semua akan percuma jika skill tidak diasah.

Setiap poin yang dijelaskan saling menunjang satu sama lain. Oleh sebab itu, pastikan tidak ada satupun poin yang terlewat.

Pastikan dedikasi maksimal dikeluarkan untuk memerhatikan setiap poin tersebut. Anda pasti akan kecewa jika nantinya cara membangun emotional intelligence yang dijalankan tidak efektif.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Meskipun pertumbuhan penduduk sangat besar, ternyata tidak dibarengi dengan pertumbuhan afeksi, banyak orang merasa selalu kesepian meskipun sedang

Codemi Publication

Bagaimana cara mengimplementasikan Kaizen 5s untuk para karyawan? Pertanyaan tersebut barangkali membuat Anda penasaran karena konsep 5s diadopsi d