LMS

Cara Melakukan Employee Engagement Secara Online

Sebuah organisasi wajib mengetahui bagaimana cara melakukan employee engagement. Employee engagement adalah konsep dasar untuk memahami serta menggambarkan hubungan antara organisasi dengan karyawan baik secara kuantitatif maupun kualitatif.

Piramida Maslow menggambarkan hierarki atau tingkatan kebutuhan seseorang hingga mencapai tahap aktualisasi diri. Hierarki ini juga dapat diimplementasikan pada tingkat keterlibatan karyawan dalam organisasi dimana ia bernaung.

Keterlibatan karyawan adalah konsep yang dipopulerkan oleh Gallup Consultant pada 2004 meskipun sebelumnya banyak pakar telah menyebut konsep ini. Penting sekali menerapkan employee engagement karena berpengaruh terhadap kinerja perusahaan.

Cara Melakukan Employee Engagement Online

Era baru membentuk kebiasaan baru juga, salah satunya remote working alias kerja jarak jauh. Pekerja jarak jauh mengandalkan teknologi untuk berhubungan dengan anggota organisasi lainnya.

Cara kerja baru ini semakin populer di banyak perusahaan karena menimbulkan berbagai dampak positif, baik bagi karyawan remote maupun perusahaan.

Namun di sisi lain, ada tantangan penerapan employee engagement online. Berikut ini cara penerapan employee engagement atau keterlibatan karyawan jarak jauh secara online.

Berikan Kesempatan Bersuara

Keterbatasan koneksi secara tatap muka dengan organisasi terkadang membuat karyawan yang bekerja jarak jauh mengalami sedikit kesulitan dalam menyampaikan pendapat. Jangan biarkan hal ini terjadi di perusahaan Anda karena akan berdampak negatif.

Karyawan yang bekerja secara jarak jauh memiliki keinginan sama besarnya ketika mereka bekerja di kantor. Oleh sebab itu, pastikan memberikan kesempatan mereka untuk bersuara dan mendapatkan umpan balik.

Cara melakukan employee engagement online ini membutuhkan peran HR. HR bertanggung jawab membantu dan mendorong manajer untuk berkolaborasi dengan pekerja jarak jauh dalam menyelesaikan pekerjaannya sehingga hasilnya optimal.

Karyawan yang mendapat kesempatan menyampaikan pendapat, masukan, hingga perasaannya serta memperoleh umpan balik akan merasa memiliki keterlibatan lebih. Dengan begitu, mereka dapat bekerja secara optimal dan produktivitasnya selalu baik.

Tunjukkan Apresiasi Nyata

Apresiasi adalah bentuk pengakuan (employee recognition) yang sangat dihargai karyawan. Pengakuan dan apresiasi atau penghargaan yang mereka terima dapat membangkitkan semangat serta keterlibatan pada organisasi.

Bentuk apresiasi untuk meningkatkan employee engagement bisa beragam, baik secara finansial maupun sosial. Pengakuan sosial bahkan bisa lebih efektif dalam meningkatkan keterlibatan karyawan dibanding apresiasi secara moneter.

Tetap Terhubung dengan Karyawan

Cara melakukan employee engagement secara online berikutnya yaitu mengoptimalkan keterhubungan dengan karyawan yang bekerja jarak jauh. Kerja jarak jauh tidak jarang membuat mereka merasa sendiri karena tidak terhubung.

Agar hal tersebut tidak terjadi, diperlukan adanya kerangka kerja untuk komunikasi terstruktur dan intensif baik antara rekan kerja maupun atasan dan bawahan. Komunikasi intensif tetap membutuhkan manajemen strategis.

Jangan biarkan hal tersebut justru mengganggu alur kerja sehingga menurunkan produktivitas. Platform online seperti Zoon atau Google Meet dapat dioptimalkan sebagai media untuk menciptakan suasana kerja suportif serta kolaboratif.

Berikan Pelatihan tentang Keterampilan Kerja Jarak Jauh

Kerja jarak jauh adalah kebiasaan baru dimana sebelumnya mungkin sangat jarang atau bahkan belum pernah dilakukan. Artinya, ada banyak proses penyesuaian diri yang harus dilakukan oleh karyawan selama kerja jarak jauh.

Namun ternyata kebiasaan baru ini bukan hanya memberikan tantangan di level karyawan saja. Manajer atau kepala divisi yang bertanggung jawab mengelola timnya tidak jarang mengalami kesulitan.

Maka, cara melakukan employee engagement online secara efektif adalah memberikan pelatihan tentang keterampilan kerja jarak jauh. Keterampilan kerja jarak jauh sangat penting bagi manajer sehingga mereka dapat mengelola tim secara tepat.

Dengan menggunakan LMS Codemi anda dapat mengelola pelatihan anda secara online dengan mudah. Didukung dengan berbagai fitur yang mendukung pengalaman belajar online karyawan anda, proses pelatihan karyawan melalui LMS Codemi juga dapat membantu melaksanakan training online yang efektif dan efisien.

Libatkan dengan Aktivitas Menyenangkan

Mengajak makan siang bersama atau mendatangi rekan kerja di meja sebelah mudah dilakukan jika Anda bekerja dalam satu ruangan. Namun, menjaga engagement secara virtual memerlukan upaya berbeda.

Temukan aktivitas menyenangkan dan ajak karyawan untuk bergabung di dalamnya. Misalnya mengajak tim untuk membawa minuman favorit mereka lalu memulai video call bersama. Berbincang santai di sela-sela pekerjaan dapat meningkatkan keterlibatan.

Selain itu, bermain video game dengan multiple player juga bisa menjadi cara meningkatkan employee engagement secara menyenangkan tanpa mengabaikan substansi ide besarnya. Cara ini menjadikan mereka merasa diterima dan memiliki organisasi.

Employee engagement adalah perwujudan loyalitas karyawan terhadap pekerjaannya. Bukan secara langsung kepada atasan maupun perusahaan. Agar kinerja karyawan optimal meskipun bekerja remote, cara melakukan employee engagement harus diterapkan.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Randi Bouty

Ada beberapa cara dalam menentukan gaji dan tunjangan untuk para pekerja remote yang perlu diketahui. Banyak variabel yang dapat dimasukkan dalam k

Randi Bouty

Tentang pelatihan karyawan harus diberikan secara tepat tidak hanya masalah tunjangan dari perusahaan. Melatih karyawan untuk mendapatkan keterampi

Unduh Codemi Learning Report 2021

X