Cara Hindari Distraksi Ketika Work from Home

Gangguan saat bekerja dari rumah atau distraksi ketika work from home pasti sedang dirasakan para pekerja ketika harus tetap bekerja meskipun tidak ke kantor. Misal, gangguan dari anak, istri, suara tetangga, kicau burung, dan banyak sekali hal-hal penyebab tidak kondusif lainnya.

Tidak ada yang pernah membayangkan harus bekerja jarak jauh hingga gedung-gedung perkantoran saat ini kosong. Pandemi menyerang seluruh dunia begitu cepat, Indonesia termasuk salah satu negara yang hingga penghujung 2021 ini masih berjuang keras.

Perkantoran beberapa sudah mengizinkan WFO, namun dengan pembatasan serta aturan ketat. Cara baru perusahaan mempertahankan laba dan kinerja para karyawan adalah dengan menerapkan sistem bekerja dari rumah, namun tentu saja harus akurat dilakukan.

9 Cara Hindari Distraksi ketika work from home

Bagi kalian yang masih berkutat dengan jadwal bekerja dari rumah lebih banyak dibandingkan pergi ke kantor, buang distraksi sebanyak mungkin. Meskipun berada di rumah, bukan alasan tidak fokus bekerja.

Kami merangkum 9 cara menghalau berbagai gangguan supaya pengorbanan menatap layar selama kurang lebih 8 jam tidak sia-sia:

Buat Ruang Kerja Sendiri

Ciptakan ruang kerja sendiri di rumah, jika tidak ada maka bisa menggunakan kamar pribadi bagi single. Jika sudah berumah tangga serta memiliki anak, distraksi ketika work from home biasanya lebih besar didapatkan. Solusinya, cari tempat tertutup untuk mulai bekerja.

Hindari bekerja di ruang tamu atau ruangan terbuka mana saja dengan potensi tinggi anak menghampiri atau terekam suara-suara tidak kondusif dari luar.

Jauhi Sosial Media

Hindari penggunaan handphone dan sosial media jika pekerjaan Anda tidak ada hubungannya dengan dua hal tersebut. Godaan untuk selalu memeriksa sosial media akan terasa sangat kuat, terutama di rumah tidak ada atasan langsung yang mengawasi Anda.

Buat Aturan Tegas

Jika di kantor, jadwal dari jam 9 sampai 5 sore dibuat oleh HRD, maka di rumah coba terapkan jadwal juga saat menghadapi WFH. Kegiatan terjadwal ini penting untuk mengoptimalkan kerja dan menuntaskan tanggung jawab hari demi hari tanpa penurunan performa.

Kenakan Pakaian Rapi

Gunakan pakaian nyaman, namun tidak sembarangan ketika harus bekerja dari rumah. Tidak ada salahnya mengenakan pakaian kantor untuk semakin memberikan suasana bahwa Anda sedang bekerja dan tidak bisa menerima gangguan untuk beberapa jam ke depan.

Gunakan Sumber Terpercaya

Gunakan tools dan sumber terpercaya jika dibutuhkan untuk memenuhi tuntutan pekerjaan. Contoh profesi yang membutuhkan sumber akurat adalah penulis. Berbagai sumber wajib dicantumkan untuk mendukung pekerjaan para penulis konten, terutama jika konten berita.

Pastikan Koneksi Internet Stabil

Pastikan koneksi di rumah bagus, jadi tidak menghambat alur pekerjaan yang membutuhkan komunikasi antar karyawan. Terbilang wajar jika pada awal WFH, koneksi kerap putus atau jaringan tidak stabil karena tiap orang masih dalam tahap observasi koneksi internet dulu.

Namun, sekarang ketika distraksi ketika work from home sudah bisa diatasi dengan lebih baik maka penting menghindari pemakaian koneksi lemot. Tiap tempat memiliki kekuatan jaringannya tersendiri terhadap tiap provider maupun layanan wifi.

Beri Pengertian pada Keluarga

Beri pengertian ke seluruh anggota keluarga di rumah, terutama anak kecil yang harus dihadapi dengan sabar. Istri juga terkadang lupa bahwa suami di rumah sedang bekerja, pengertian tertentu juga wajib diberikan agar suasana Anda bekerja betul terasa orang lain.

Istirahat

Jangan lupa beristirahat dan rileks dalam bekerja. Rileks bukan berarti santai atau malas-malasan. Hilangkan semua tegangan tubuh kemudian fokus bekerja sesuai jamnya. Jika waktu istirahat tiba, manfaatkan untuk terlepas dari layar sama sekali.

Jaga Kesehatan Fisik dan Mental

Terakhir, sangat penting dan dibutuhkan semua pekerja dari rumah adalah menjaga kesehatan mental maupun fisik. Untuk menjaga kesehatan fisik, lakukan aktivitas peregangan di sela-sela kerja supaya otot tidak kaku dan menyebabkan kram.

Sementara untuk kesehatan mental, batasi terlalu lama menatap layar di luar jam kerja. Abaikan sebisa mungkin panggilan pekerjaan ketika jam istirahat atau pada saat jam kerja sudah selesai. Fleksibel untuk beberapa kondisi bukan merupakan hal baik.

Kesembilan trik menghindari gangguandi atas dapat membantu setiap karyawan mengoptimalkan kinerja meskipun dari rumah. Fokus bekerja pada jam kerja dan sebisa mungkin menghindari distraksi ketika work from home adalah kewajiban sebagai karyawan. Simak juga ulasan kami mengenai pentingnya mendukung work-life balance disini.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Leadership training atau yang terkadang disebut dengan pelatihan kepemimpinan merupakan salah satu bentuk pelatihan yang bertujuan untuk mengembang

Codemi Publication

Sebuah perusahaan yang menerapkan budaya gemar belajar akan memiliki kesempatan lebih besar dalam medan persaingan. Perkembangan teknologi yang san