Branding Perusahaan Apa dan Baik Buruknya

Tertarik memulai bisnis tentu harus mempelajari dulu tentang branding perusahaan sebagai modal awal. Branding merupakan strategi paling tepat untuk memperkenalkan bisnis Anda dan memudahkan mencapai tujuan bisnis.

Jika dilakukan secara tepat maka image positif bagi bisnis Anda bisa dengan mudah tercapai. Namun adakalanya pebisnis pemula kesulitan mengenalkan brand mereka karena salah dalam memilih strategi.

Maka agar Anda tidak melakukan kesalahan yang membuat bisnis tidak berkembang sehingga berpotensi untuk jatuh. Maka simak ulasan tentang branding di perusahaan dibawah ini untuk dipelajari lebih mendalam lagi.

Baca Juga: Employer Branding: Definisi dan Strategi

Mengenal Branding Perusahaan untuk Bisnis 

Memulai sebuah bisnis tentu harus mengenali produk apa yang akan Anda tawarkan kepada konsumen. Baik barang maupun jasa harus memiliki brand sebagai identitas dari produk tersebut dan sebagai pembeda.

Pengertian branding perusahaan sendiri yaitu aktivitas komunikasi antara perusahaan dengan konsumen untuk membuat identitas. Tujuan utamanya untuk membedakan produk tersebut dengan produk-produk yang sudah ada di pasaran.

Apalagi jika produk yang Anda tawarkan memang banyak dipasaran dan bahkan sudah terkenal lebih dulu. Hal ini jelas lebih menyulitkan jika hanya dipasarkan tanpa adanya strategi khusus.

Branding sangat diperlukan tidak hanya untuk menciptakan nilai dari produk tersebut. Namun juga untuk mempertahankan agar bisa diterima dengan baik dan bisa bertahan di tengah kerasnya persaingan bisnis.

Ketika image tersebut sudah melekat kuat maka akan menciptakan kepercayaan konsumen dan melekat pada produk tersebut. Namun jika strategi branding perusahaan tidak berhasil maka akan berdampak negatif pada keberlangsungan bisnis Anda.

Maka strategi ini harus benar-benar dipikirkan matang dan tidak boleh sembarangan ketika baru memulainya. Karena tujuan Anda bukan sekadar bisa memulai bisnis namun bagaimana bisa bertahan dan berjalan untuk jangka panjang.

Strategi branding perusahaan merupakan alat untuk membantu Anda mengenali bisnis yang dijalankan. Dengan strategi ini Anda memiliki arah atau tujuan untuk bisa memasarkan ke konsumen dengan cepat dan tepat.

Tanpa adanya strategi membuat proses branding tidak bisa berjalan atau bahkan gagal di awal bisnis. Strategi ini tidak hanya tentang seberapa banyak produk yang terjual atau digunakan namun bagaimana bisa diterima konsumen.

Fungsi, Tujuan, dan Manfaat Penting Melakukan Branding

Pebisnis melakukan branding perusahaan tentu ada fungsi, tujuan dan manfaat yang ingin didapatkan. Jika Anda belum mengetahui apa saja fungsi, tujuan dan manfaat tersebut maka simak contohnya berikut ini.

  1. Fungsi dan Tujuan

Pengenalan brand dengan strategi khusus tentunya didasari oleh fungsi maupun tujuan yang harus Anda ketahui. Sehingga bukan sekadar melakukan branding tanpa alasan dan hasilnya juga lebih maksimal.

  • Fungsi dan tujuan utamanya sebagai pembeda dengan kompetitor sehingga mudah dikenali konsumen. 
  • Media untuk melakukan promosi dengan menawarkan daya tarik tersendiri. Jika brand kuat maka perusahaan tidak akan kesulitan dalam mengenalkan produk ke masyarakat.
  • Membangun keyakinan konsumen, memberikan jaminan kualitas sekaligus membangun citra perusahaan. 
  • Membuat produk dan perusahaan menjadi lebih mudah diingat oleh masyarakat luas.
  • Sebagai sarana yang memudahkan untuk mengendalikan pasar karena produk dicari oleh pasar.
  1. Manfaat 

Manfaat atau bisa juga disebut sebagai kegunaan tentunya didapatkan pada point ini. Memiliki peran penting membuat branding perusahaan memberikan banyak manfaat menguntungkan, antara lain:

  • Membuat produk memiliki daya tarik tersendiri dan menumbuhkan minat membeli atau menggunakan.
  • Perusahaan akan lebih mudah mendapatkan loyalitas pelanggan pada berbagai produk yang ditawarkan.
  • Jika brand berhasil meraih pasar maka tidak sulit bagi perusahaan untuk meningkatkan harga jual.
  • Pelaku usaha lebih mudah melakukan diferensiasi produk.
  • Tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk promosi karena produk sudah dikenal oleh konsumen.

Sebagai catatan semua fungsi, tujuan dan manfaat bisa Anda rasakan jika branding perusahaan benar-benar berhasil. Jadi pikirkan dengan matang strategi yang akan digunakan karena bisa mempengaruhi hasilnya.

Baca Juga: Do’s and Don’ts Employer Branding

Beberapa Strategi Branding untuk Mencapai Kesuksesan Bisnis

Untuk bisa berhasil branding dalam perusahaan dibutuhkan strategi tepat. Tanpa adanya strategi tersebut membuat Anda kesulitan dalam mencapai target branding yang diinginkan. Gunakan beberapa contoh strategi sebagai gambarannya untuk Anda.

  1. Logo 

Dalam membuat logo tidak boleh sembarangan karena logo menjadi image produk dan lekat dengan ingatan konsumen. Logo akan selalu digunakan sehingga harus mewakili branding perusahaan secara keseluruhan.

Bukan sekadar lambang untuk promosi namun memiliki arti mendalam jadi pembuatannya harus detail. Anda bisa menggunakan jasa profesional untuk membantu membuat logo terbaik bagi bisnis.

  1. Pesan dari Brand

Dimaksud pesan dari brand yaitu tagline singkat bertujuan menyampaikan pesan brand Anda. Pesan ini bisa menjadi strategi pemasaran yang mudah diingat dan mencerminkan kualitas produk maupun pelayanan.

  1. Integrasikan Brand

Coba mengintegrasikan brand dengan cara meletakkan logo pada produk, iklan hingga media sosial. Dengan cara tersebut brand akan lebih mudah diketahui dan dikenal konsumen.

  1. Gaya Komunikasi Sesuai Brand

Ketika branding perusahaan harus memilih gaya komunikasi yang sesuai dengan perusahaan. Misalnya Anda menawarkan produk kecantikan maka gaya bahasanya harus sesuai dengan target konsumen misalnya remaja.

  1. Soft Campaign

Soft campaign saat ini tidak hanya dilakukan pada media online dan offline saja namun juga pada media sosial. Saat ini banyak perusahaan memilih soft campaign pada medsos karena dianggap jangkauan lebih luas dan lebih hemat biaya.

  1. Konsisten 

Strategi terakhir yaitu konsisten dengan apa yang sudah dilakukan jika ingin sukses. Tidak ada hasil didapat secara instan sehingga dibutuhkan konsisten agar tujuan tersebut bisa dicapai.

Kelebihan dan Kelemahan Branding Penting Diketahui

Branding perusahaan memiliki banyak kelebihan namun juga ada beberapa kekurangan perlu diperhatikan. Dengan mengetahui keduanya membuat Anda bisa mengambil langkah terbaik untuk perkembangan bisnis.

  1. Kelebihan

Branding membuat bisnis Anda menjadi mudah dikenal konsumen meskipun bukan termasuk target pasar. Hal ini membuat promosi lebih mudah, cepat dan efektif untuk terutama bagi brand baru.

Membuat perusahaan menjadi lebih terlihat profesional, berkualitas dan unggul dibanding kompetitor. Dengan strategi ini membuat kepercayaan semakin meningkat dan berpengaruh pada penjualan produk.

Mempermudah konsumen menemukan produk melalui brand atau nama perusahaan. Meskipun konsumen lupa dengan produk Anda namun bisa mengingat melalui logo atau tagline perusahaan.

Untuk jangka panjang branding sangat bagus sebagai aset sehingga brand dikenal sepanjang masa. Bahkan hanya dengan melihat atau mendengar brand saja konsumen sudah memahami kualitas produknya.

  1. Kelemahan

Terdapat juga kelemahannya seperti dibutuhkan waktu lebih lama dalam pengenalan brand kepada konsumen. Karena saat ini ada banyak produk atau jasa yang terdapat di pasar sehingga tidak mudah untuk branding.

Kelemahan lainnya dari segi biaya yang harus dikeluarkan juga lebih besar terutama biaya promosi. Contohnya dalam membuat sebuah logo agar lebih terlihat profesional maka memakai jasa pembuatan logo di mana harganya lebih mahal.

Branding merupakan pengenalan perusahaan dengan strategi khusus bukan untuk sekadar membeli produk namun memberikan nilai lebih. Memiliki peran penting membuat branding perusahaan dibutuhkan dan sangat disarankan kepada para pelaku bisnis.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article

Supaya sukses dalam mendirikan perusahaan, Anda harus menyiapkan Employee Benefits untuk kepentingan mereka. Pada dasarnya Employee Benefits bisa d

Berpedoman pada 100 Performance Metrics untuk tingkatkan tinjauan kinerja yang efektif ialah pilihan terbaik. Performance Metrics dalam pekerjaan d

Unduh Codemi Learning Report 2021

X