LMS

Bagaimana Perusahaan Menghemat Biaya Hingga 7.7 Juta USD dengan LMS

Learning Management System dapat menjadi media untuk menghemat biaya perusahaan. Tidak hanya perusahaan kecil-menengah, hal ini juga berlaku bagi perusahaan besar. Berdasarkan IBIS Capital, 41,7 persen perusahaan dari Fortune Global 500 telah beralih menggunakan e-Learning dalam perusahaannya semenjak lima tahun yang lalu. 

Dilansir dari IBIS Capital, 75 persen perusahaan sudah menggunakan sistem manajemen pembelajaran dalam pengelolaan pelatihan. Organization 

Pemilihan LMS yang tepat akan memotong biaya perusahaan karena dapat mengurangi biaya pelatihan perusahaan secara signifikan. Dilansir dari Growth Engineering, perusahaan besar seperti Dow Chemical dan Nortel telah menghemat jutaan dollar ketika mulai beralih menggunakan LMS.

  • Nortel menghemat 7,7 dollar antara tahun 2005 hingga 2006 ketika mulai menerapkan pelatihan online
  • Dow Chemical memangkas biaya sebesar 87 dollar menjadi 11 dollar per karyawan setelah meluncurkan pelatihan online. Apabila diakumulasi, perusahaan ini telah berhasil memangkas hingga 34 juta dollar

Di luar ranah perusahaan, The Hybrid Classroom memperkirakan pembelajaran online mampu memangkas biaya di sebuah universitas hingga 57%.

Mengapa penggunaan LMS dapat menghemat biaya secara signifikan

Bagaimana perusahaan dapat menghemat biaya sebesar itu? Ketika suatu perusahaan mengadakan pelatihan, tidak dapat dipungkiri perusahaan harus menganggarkan biaya akomodasi, konsumsi, serta biaya khusus untuk trainer. Dengan LMS, perusahaan hanya perlu menyiapkan modul atau konten pelatihan yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja oleh karyawan.

Ketika karyawan bisa mengakses materi pembelajaran dari mana saja dan kapan saja, proses pengembangan tiap-tiap individu akan lebih efektif dan fleksibel karena masing-masing karyawan tidak harus melakukan pelatihan secara bersamaan seperti pada pelatihan konvensional.

Dengan fitur-fitur yang telah disediakan oleh provider LMS yang tepat, perusahaan dapat langsung menggunakan fitur kuis, skenario atau gambaran situasi praktik pekerjaan, dan elemen interaktif lainnya sehingga kompetensi karyawan dapat berkembang.

Benefit yang didapatkan tidak hanya berkaitan dengan pembiayaan perusahaan. Dengan melakukan pelatihan secara intens, kualitas sumber daya manusia di perusahaan dapat terus meningkat. Data analisis dari sistem LMS juga dapat digunakan oleh perusahaan untuk memantau keberhasilan program pelatihan sehingga dalam jangka waktu panjang perusahaan dapat menyesuaikan pada kebutuhan dan kondisi  yang ada. Kelola pelatihan anda dengan LMS Codemi sekarang!

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Semangat untuk belajar dan berkembang tentu tidak mungkin hanya dimiliki oleh perusahaan, tapi mungkin juga karyawan. Memiliki pemahaman lebih akan

Codemi Publication

PT Codemi Global merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan layanan Cloud Based Learning Management System untuk pelatihan karyawan bagi sebuah p