Bagaimana Cara Menjaga Motivasi Karyawan dengan Motivasi Ekstrinsik

Cara menjaga motivasi karyawan bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik itu dengan motivasi intrinsik maupun motivasi ekstrinsik. Perusahaan bisa menggunakan kedua motivasi tersebut atau memilih salah satu jenis motivasi.

Setiap orang pasti akan merasa bosan dengan rutinitas yang sama dalam waktu lama, termasuk untuk para karyawan. Perusahaan harus bisa menjaga motivasi karyawan agar tetap semangat dalam bekerja dan menyelesaikan setiap tugas yang diberikan.

Cara Menjaga Motivasi Karyawan Dalam Bekerja

Dalam pekerjaan, ada kalanya seorang karyawan mengalami kejenuhan dalam menjalankan suatu pekerjaanya. Maka dari itu, dibutuhkan cara untuk memotivasi karyawan dalam bekerja. Berikut caranya: 

Rayakan Hari Spesial Karyawan

Jika Anda memiliki karyawan, anggaplah mereka teman atau bahkan keluarga agar hubungan semakin dekat. Untuk memberikan motivasi pada karyawan secara ekstrinsik. 

Jangan segan untuk merayakan hari spesialnya, seperti hari ulang tahun. Selain itu, Anda juga bisa merayakan hari ibu untuk karyawan yang sudah menjadi ibu, merayakan hari ulang tahun kantor dan lain sebagainya. 

Jangan lupa untuk memberikan hadiah atau catatan kecil sebagai ucapan terima kasih Anda. Hal ini sudah menunjukkan kepedulian Anda kepada karyawan dan mengerti kebutuhan karyawan.

Lakukan Kontes Acak

Cara menjaga motivasi karyawan yang selanjutnya adalah melakukan kontes acak untuk menghilangkan kebosanan. Saat pekerjaan sedang longgar, tidak ada salahnya Anda menciptakan kegembiraan dengan melakukan kontes acak. 

Ada berbagai permainan kecil yang bisa Anda mainkan, seperti bingo kecil, spell bee cepat dan lain sebagainya. Pertukaran hadiah kecil berupa bingkisan juga bisa dilakukan antar karyawan dan juga para pemimpin agar semakin akrab.

Imbalan untuk Paket Keluarga

Keluarga menjadi tempat paling nyaman dan disayangi oleh setiap karyawan. Sayangnya, pekerjaan kantor terkadang membuat mereka tidak memiliki waktu lebih untuk orang tersayang karena harus menyelesaikan tugasnya.

Kondisi tersebut justru bisa membuat karyawan merasa malas dan kurang bersemangat untuk menyelesaikannya. Itulah mengapa Anda harus tahu cara menjaga motivasi karyawan dengan memberikan imbalan berupa paket keluarga. 

Misalnya saja, memberikan paket liburan bersama keluarga jika karyawan telah menyelesaikan proyek ini. Anda juga bisa memberikan paket hari valentine untuk pasangan yang belum memiliki keluarga atau anak.

Berikan Bonus Karyawan

Menyelesaikan pekerjaan saja akan membuat karyawan bosan, apalagi jika tidak ada imbalan yang menarik. Itulah mengapa Anda bisa menjadikan bonus sebagai salah satu motivator ekstrinsik untuk karyawan, misalnya kenaikan gaji.

Untuk mendapatkan bonus tersebut, tentu ada standar yang harus dipenuhi karyawan, misalnya selalu menyerahkan pekerjaan tepat waktu, hasil kerja selalu memuaskan, tidak pernah bolos tanpa keterangan dan pencapaian lainnya. 

Bonus berupa kenaikan gaji ini ternyata mampu meningkatkan motivasi karyawan secara signifikan.

Memberikan Hadiah Berupa Penghargaan

Cara menjaga motivasi karyawan berikutnya adalah memberikan hadiah sebagai penghargaan atau alat promosi. Hadiah ini akan memberikan kesan yang berarti pada karyawan karena menjadi bukti bahwa perusahaan memberikan apresiasi. 

Hadiah bisa berupa piala, medali, piagam atau bentuk lainnya yang menunjukkan penghargaan perusahaan pada karyawan tersebut. Karyawan yang menerimanya pasti akan merasa senang dan tidak segan mengunggahnya di media sosial. 

Secara tidak langsung, unggahan tersebut turut mempromosikan perusahaan dengan citra yang baik.

Hadiah yang Menggiurkan

Hadiah yang menggiurkan bersifat pribadi karena setiap orang memiliki hobi dan kesukaan yang berbeda-beda. Dari sinilah perusahaan harus tahu apa yang disukai karyawannya untuk bisa menjaga motivasinya dalam bekerja.

Misalnya saja, Anda memberikan salah satu alat gym pada karyawan yang suka berolahraga karena prestasinya dalam bekerja. Sebenarnya, tidak perlu hadiah yang mahal tapi paling tidak sesuai dengan hobi dan kesukaan mereka. 

Sebuah Kata Pujian

Sebenarnya, cara menjaga motivasi karyawan tidak sulit dan menghabiskan banyak biaya karena pada dasarnya setiap orang suka dengan pujian. Sebagai seorang pimpinan, jangan pelit untuk menyampaikan kata pujian pada karyawan.

Apalagi jika karyawan Anda telah melakukan sesuatu yang membanggakan, seperti berhasil menyelesaikan proyek dengan baik, menyelesaikan permasalahan dalam kantor, atau prestasi lain yang berhasil dicapai karyawan tersebut. 

Meskipun sekadar kata-kata tapi pujian dipercaya ampuh untuk meningkatkan motivasi karyawan agar tetap berprestasi. Namun, pastikan Anda memberikan pujian sesuai dengan pencapaiannya sehingga karyawan memiliki motivasi lebih.Masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan dan menjaga motivasi karyawan agar bisa mencapai prestasi di dunia kerja. Anda bisa mencoba salah satu cara menjaga motivasi karyawan agar kinerja dan produktivitasnya meningkat.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Cara perusahaan membangun organizational skills pada tiap karyawan akan membantu performa kerja dan produktivitas mereka. Untuk menciptakan karyawa

Codemi Publication

Pada dasarnya ada beberapa keterampilan yang harus diajarkan pada manager demi perkembangan sebuah perusahaan. Karena manajer sendiri adalah orang