Bagaimana Cara Mengimplementasikan Kaizen 5s

Bagaimana cara mengimplementasikan Kaizen 5s untuk para karyawan? Pertanyaan tersebut barangkali membuat Anda penasaran karena konsep 5s diadopsi dari budaya Jepang yang terkenal sangat disiplin. 

Sebenarnya Kaizen merupakan metode yang ampuh untuk mengelola lingkungan kerja yang nyaman, aman dan kondusif. Metode tersebut berasal dari kebiasaan masyarakat Jepang yang menjalani pekerjaan dengan tertib dan disiplin. 

Namun jangan salah karena rupanya metode tersebut sudah diimplementasikan di banyak negara. Berbagai perusahaan yang tersebar di seluruh dunia sekarang mulai menerapkan prinsip kerja tersebut. 

Lantas bagaimana cara mengimplementasikan Kaizen 5s di perusahaan yang Anda kelola? Untuk menerapkannya Anda perlu memahami terlebih dahulu konsep kerja yang satu ini agar dapat bermanfaat.

Misalnya seperti membuat ruangan kerja lebih segar dan nyaman bagi karyawan. Selain itu ruangan yang tertata akan membuat karyawan lebih produktif selama berada di kantor. 

Sebelum menerapkan teori pendekatan Kaizen tidak ada salahnya Anda juga mempertimbangkan tujuannya. Agar lebih mudah menerapkan metode Kaizen dalam dunia kerja berikut kami sajikan cara penerapan dan tujuannya. 

Tujuan Mengimplementasikan Kaizen 5s di Indonesia

Bagaimana cara mengimplementasikan Kaizen 5s agar dapat menguntungkan dan memberi manfaat untuk setiap karyawan? Cara penerapan metode yang satu ini sebenarnya selalu berkaitan dengan tujuannya. 

Kaizen dengan pendekatan 5s adalah metode sederhana yang berguna untuk meningkatkan visual control dalam area kerja. Selain itu tujuannya untuk meningkatkan visibilitas proses dan pemecahan masalah. 

Prinsip kerja Kaizen di Jepang untuk menciptakan area kerja yang tidak hanya bersih dan rapi. Namun juga penerapannya diharapkan dapat membuat karyawan lebih produktif selama bekerja.

Bahkan penerapannya juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab setiap karyawan di lingkungan kerja. Hal ini penting karena seiring waktu biasanya permasalahan akan muncul diantara karyawan maupun pimpinan. 

Rasa tanggung jawab yang tumbuh pada setiap karyawan akan membantu mereka dalam memecahkan masalah. Nilai tanggung jawab yang dipupuk sedari dini juga efektif membuat karyawan tepat waktu dalam bekerja.

Bagaimana cara mengimplementasikan Kaizen 5s agar karyawan mendapatkan keuntungan dari adanya penerapannya? Sebenarnya ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menerapkan metode yang satu ini.

Kendati demikian fokus penerapannya harus mengarah pada 5 intisari yang ada di dalamnya. Seperti kelimanya yang sudah digubah ke dalam versi Indonesia diantaranya Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke. 

Untuk menjalankan praktik Kaizen sebaiknya dilakukan secara bersama-sama di dalam dunia kerja. Tujuannya agar semua karyawan dapat meningkatkan potensi kerja mereka untuk jangka pendek dan panjang. 

Bagaimana Cara Mengimplementasikan Kaizen 5s di Dunia Kerja

Kerjasama selalu dibutuhkan untuk menerapkan strategi Kaizen dengan konsep 5 intisarinya. Berikut adalah beberapa cara untuk menerapkan konsep 5s Kaizen di dalam dunia kerja bersama-sama.

Langkah Pertama Menerapkan Seiri 

Langkah pertama adalah Seiri atau versi Indonesia dikenal dengan istilah ringkas. Prinsip dari strategi ini adalah memilah barang yang tidak dibutuhkan dan masih perlukan di ruangan kerja. 

Langkah Kedua Menerapkan Seiton 

Langkah kedua adalah menerapkan konsep Seiton yang dikenal dengan rapi. Pada tahapan kedua ini karyawan perlu mengatur tempat penyimpanan dan posisi barang yang perlu ditata. 

Tujuannya adalah menemukan posisi yang ergonomis sehingga karyawan lebih mudah mencari saat hendak menggunakan barang. Penerapannya juga dapat dilakukan dengan mencari barang dengan sangat cepat. 

Langkah Ketiga Menerapkan Seiso

Bagaimana cara mengimplementasikan Kaizen 5s bisa lewat tahapan ketiga Seiso? Pada tahapan ini karyawan perlu memastikan ruang kerja yang sehat, bersih, dan nyaman untuk kerja. 

Langkah Keempat Menerapkan Seiketsu

Tahapan keempat yaitu Seiketsu adalah memastikan bahwa ketiga langkah sebelumnya berjalan dengan lancar. Penerapannya dinilai dengan membuat prosedur pengaturan dan praktek kerja tahapan pertama sampai ketiga berjalan lancar. 

Langkah Kelima Menerapkan Shitsuke 

Terakhir adalah langkah kelima dengan menerapkan Shitsuke atau memelihara dan meninjau. Penerapannya dengan fokus pada pemeliharaan ruang kerja dan kebiasaan yang baik selama di kantor. 

Dari penjelasan di atas rupanya untuk menerapkan teori Kaizen kuncinya adalah memerhatikan 5 intisari di dalamnya. Oleh sebab itu pertanyaan bagaimana cara mengimplementasikan Kaizen 5s terjawab lewat penjelasan di atas. Simak juga ulasan kami mengenai Kaizen 5s dan pentingnya dalam kehidupan personal dan professional disini.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Meskipun pertumbuhan penduduk sangat besar, ternyata tidak dibarengi dengan pertumbuhan afeksi, banyak orang merasa selalu kesepian meskipun sedang

Codemi Publication

Apa itu Kaizen 5s barangkali membuat Anda penasaran lantaran konsep tersebut banyak diterapkan di berbagai perusahaan. Sebenarnya tanpa disadari ko