Bagaimana Cara Mengengage Karyawan Introvert

Cara mengengage karyawan introvert memerlukan pendekatan tersendiri. Sayangnya, kebanyakan strategi employee engagement yang banyak dikembangkan cocok untuk karyawan dengan karakter ekstrovert karena jumlahnya secara umum lebih dominan.

Lantas, mengapa diperlukan pendekatan berbeda untuk karyawan introvert? Seorang introvert adalah orang yang lebih banyak menghabiskan waktunya sendiri dan merasa kurang nyaman bersosialisasi dengan banyak orang.

Ini tidak berarti introvert tidak bisa bekerja dalam tim, hanya saja mereka cenderung merasa cepat lelah jika berada di tengah keramaian. Sebaliknya, mereka mampu menunjukkan hasil optimal ketika bekerja sendiri.

Cara Mengengage Karyawan Introvert dengan Tepat

Karakteristik introvert lebih banyak menikmati dunianya sendiri dan merasa tidak nyaman di tengah kerumunan, sehingga kerap merasa terdiskoneksi dari organisasi. Ini menyebabkan strategi employee engagement pada umumnya bekerja kurang baik bagi mereka.

Untuk itu, Anda perlu menerapkan strategi dan pendekatan tersendiri untuk membangun keterlibatan mereka agar tetap terhubung dengan organisasi. Berikut ini cara-caranya.

Komunikasi Berbasis Tulisan

Introvert umumnya sering mengalami kesulitan dalam mengekspresikan ide, pemikiran, hingga perasaannya secara lisan. Namun, kemampuan mereka dalam berekspresi dalam tulisan tidak jarang brilian.

Mereka dapat mengekspresikan ide-ide cemerlang atau masukan secara tertulis dengan baik. Sedangkan mengungkapkan ide secara verbal dan spontan di hadapan banyak orang adalah sesuatu yang sulit mereka lakukan.

Maka dari itu, ini adalah salah satu opsi pendekatan dalam strategi employee engagement bagi karyawan introvert. Dengan cara ini, partisipasi dan keterlibatan mereka dalam organisasi akan lebih tinggi.

Membuat Kelompok Kecil

Cara mengengage karyawan introvert selanjutnya yaitu dengan membuat kelompok kecil. Ketidaknyamanan di tengah kelompok orang dalam jumlah besar sudah menjadi karakteristik natural bagi mereka.

Alih-alih membuat kelompok besar, ada baiknya Anda membentuk kelompok dengan jumlah orang lebih sedikit dalam melakukan aktivitas employee engagement bagi introvert. Berada di kelompok lebih kecil membuat mereka lebih lepas dalam berinteraksi.

Berikan Waktu Persiapan

Apapun aktivitas employee engagement yang direncanakan, pastikan Anda memberi tahu karyawan introvert sebelumnya. Mereka lebih senang mempersiapkan segala sesuatu terlebih dahulu sehingga dapat melakukan aktivitas tersebut semaksimal mungkin.

Mereka tidak terbiasa dengan hal-hal spontan yang justru mengurasi energi dan fokus. Berbeda dari karyawan ekstrovert yang lebih cair dan mudah menghandle situasi spontan.

Dengan kata lain, sebaiknya Anda menghindari hal-hal bersifat kejutan jika berhadapan dengan introvert. Umumnya orang dengan karakter tersebut tidak menyukai kejutan karena lebih senang pada hal-hal yang telah direncanakan sebelumnya secara rapi.

Berikan Pengakuan secara Personal

Cara mengengage karyawan introvert sebaiknya menggunakan pendekatan personal, termasuk dalam memberikan pengakuan atau rekognisi. Semua orang menyukai pengakuan yang diberikan oleh atasan di perusahaan. Hanya saja caranya terkadang tidak sama.

Ekstrovert biasanya tidak bermasalah atau bahkan merasa lebih senang ketika mendapatkan pengakuan publik secara terbuka. Ekstrovert tidak merasa bermasalah ketika mendapatkan sorotan di tengah banyak orang.

Berbeda halnya dengan introvert yang lebih menyukai hal-hal lebih tertutup dan bersifat personal. Memberikan pengakuan kepada mereka perlu pendekatan personal juga. Misalnya menyampaikan secara langsung kepadanya.

Atau bisa juga menyampaikan pengakuan melalui email maupun media personal lainnya. Ini karena mereka tidak menyukai sorotan di tengah banyak orang. Menjadi sorotan sering kali membuat mereka tidak nyaman dan merasa canggung.

Mendorong Kolaborasi

Mungkin sebagian orang berpikir rendahnya intensitas introvert dalam bersosialisasi membuat mereka tidak bisa berkolaborasi dengan orang lain. Nyatanya persepsi tersebut adalah anggapan keliru.

Orang dengan karakteristik ini adalah kolaborator yang baik termasuk dalam aktivitas employee engagement. Hanya saja, cara mengengage karyawan introvert dengan membentuk kolaborasi memerlukan strategi yang tepat.

Misalnya dengan menempatkan mereka pada kelompok kecil yang jumlah orangnya tidak terlalu banyak. Selain itu, melibatkan dalam aktivitas employee engagement yang menggunakan media digital juga strategi efektif.

Berikan Posisi Kepemimpinan

Tahukah Anda, di balik karakternya yang banyak berdiam diri dan sibuk dengan dunianya sendiri, introvert sering kali memiliki kemampuan leadership mumpuni. Libatkan mereka sebagai pemimpin dalam aktivitas employee engagement.

Kemampuan tersebut salah satunya adalah berkat kecakapannya sebagai seorang pendengar yang baik. Mereka cenderung mudah terlibat dan menunjukkan performa mengagumkan di posisi kepemimpinan.

Setiap orang memiliki karakter dan keunikan masing-masing, Untuk itu, organisasi perlu mengetahui keunikan tersebut dan bagaimana menghadapinya. Pertimbangakan cara mengengage karyawan introvert di atas agar program Anda berhasil. Simak juga ulasan kami mengenai cara membangun lingkungan kerja harmonis antar generasi disini.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article

Ada beberapa strategi mempertahankan SDM yang perlu diketahui terkait masalah gaji. Banyak hal terkait gaji yang membuat beberapa karyawan memutusk

Dalam melakukan rekrutmen karyawan mewajibkan dapat menghemat waktu dalam memilih dan seleksi berkas yang diperlukan. Dari sekian banyak pelamar te

Unduh Codemi Learning Report 2021

X