Apa itu Upskilling dan Mengapa Penting untuk Pelatihan Karyawan?

Apa itu upskilling dan seberapa penting dalam melatih karyawan? Ini mungkin menjadi pertanyaan bagi sebagian orang. Upskilling diperlukan dalam suatu perusahaan. Dengan ini kegiatan upskilling seringkali diadakan oleh pihak perusahaan. 

Upskilling pada dasarnya adalah sebuah kegiatan yang bertujuan dalam menambah atau meningkatkan kemampuan diri agar mampu bersaing dalam suatu bidang tertentu. Pada prosesnya seseorang akan diajarkan mengenai hal-hal untuk mengoptimalkan kinerjanya. 

Orang yang dipilih dalam menerima proses tersebut disiapkan oleh pihak atasan guna menjadikan perusahaan lebih maju ke depannya. Dengan ini diharapkan peningkatan kinerja dari pihak yang menerima pelatihan tersebut.

Apa itu upskilling sangat penting bagi sebuah perusahaan karena memiliki dampak yang berkepanjangan. Ini akan membantu perusahaan tidak perlu mencari tenaga baru dengan memanfaatkan tenaga lama yang diberikan pelatihan ini. 

Apa Itu Upskilling dan Pentingnya untuk Karyawan?

Apa itu Upskilling dan Mengapa Penting untuk Pelatihan Karyawan?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa upskilling adalah suatu proses pelatihan kepada tenaga kerja sebuah perusahaan dalam mengupgrade kemampuannya. Hal tersebut hadir di tengah perkembangan teknologi dan persaingan global yang kian ketat. 

Lalu kemudian akan muncul pertanyaan apa itu upskilling dan hubungannya dengan perkembangan zaman dan teknologi. Jika dulu beberapa kegiatan dilakukan dengan cara manual dan menggunakan alat konvensional. Pada saat ini hampir semua pekerjaan dikerjakan oleh komputer. 

Jika seorang tidak mampu mengoperasikan komputer, inilah saatnya untuk memberikan kegiatan pelatihan guna meningkatkan kemampuannya. Ini akan sangat berguna untuk kemajuan sebuah bisnis. 

Dengan tuntutan zaman yang demikian canggih, seorang karyawan harus dilatih memiliki lebih dari satu kemampuan. Seperti keahlian komputer tersebut dan berbagai kemampuan lain yang disediakan oleh kantor tersebut dalam melatihnya. Adapun pentingnya suatu upskilling.

Pertama, berguna dalam mengembangkan karir. Perkembangan teknologi saat ini menuntut perusahaan untuk mencari kemampuan demikian. Namun, tidak jarang ditemui kurangnya tenaga kerja dalam hal tersebut. Inilah mengapa sangat diperlukan kegiatan pelatihan dan akan lebih menguntungkan. 

Kedua, akan berguna jika suatu saat ingin beralih karir. Saat ini tidak hanya dengan satu keterampilan saja. menguasai beberapa keterampilan akan membantu dalam mencari promosi perusahaan atau untuk mencari pekerjaan di tempat lain di kemudian hari. 

Manfaat Upskilling untuk Karyawan dan Perusahaan 

Telah banyak disinggung sebelumnya bahwa dengan adanya kegiatan seperti apa itu upskilling akan sangat menguntungkan baik perusahaan atau karyawannya. Ini adalah beberapa manfaat dari kegiatan tersebut untuk karyawan dan perusahaan. 

1. Mendapatkan Kemampuan Baru

Manfaat pertama bagi karyawan adalah akan mendapatkan kemampuan baru sehingga akan tercipta peluang baru untuk karyawan dalam mengembangkan karirnya di tempat kerja. Dengan ini perusahaan akan mendapatkan karyawan yang kompeten dan skill menunjang. 

Baca: Tingkatkan Kemampuan Karyawan Anda Dengan 5 Hal Simpel Ini

2. Bahan Evaluasi

Kedua untuk perusahaan adalah sebagai bahan evaluasi terhadap kemampuan karyawannya. Jika didapat karyawan yang kurang kompeten tentu hal tersebut dapat merugikan bisnisnya. Inilah pemikiran dari tempat tersebut untuk melakukan tindakan dalam memperbaiki hal tersebut. 

Baca: Menilai Pemahaman Materi pada Karyawan Melalui Evaluasi Pembelajaran

Inilah pentingnya tentang apa itu upskilling tersebut. Sehingga, beberapa perusahaan menyediakan kegiatan tersebut guna melatih karyawannya yang telah lama tanpa harus repot mencari tenaga kerja baru. hal tersebut akan meningkatkan daya saing para karyawan dengan perusahaan lainnya. 

3. Manfaat Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Meningkatkan produktivitas ini akan sangat berguna ketika karyawan telah dibekali dengan keterampilan dan pengetahuan baru. ini akan menjadikannya lebih produktif lagi dalam jangka pendek. Adapun untuk manfaat jangka panjangnya akan membuat motivasi bekerja, kepercayaan diri hingga kepuasaan dengan kemampuan baru yang telah dilatihnya. 

4. Menekan Biaya Perekrutan Karyawan Baru

Bagi perusahaan menekan biaya perekrutan untuk mencari karyawan baru akan memberikan keuntungan. Biaya untuk mengganti karyawan cukup tinggi dengan kisaran setengah hingga dua kali gaji tahunan karyawannya. 

Baca: Bagaimana Perusahaan Menghemat Biaya Hingga 7.7 Juta USD dengan LMS

Jika suatu perusahaan tidak perlu mengeluarkan dana sebanyak itu, maka perusahaan akan memperoleh keuntungan yang lebih. Untuk itulah pelatihan dan pengembangan bakat karyawan sangat berguna untuk perusahaan ke depannya. 

Pelatihan dan pengembangan bakat karyawan akan memberikan dampak positif baik untuk karyawan itu sendiri maupun untuk kemajuan perusahaan.

Hal ini akan menciptakan karyawan yang mampu bersaing dengan kemampuan baru yang diberikan perusahaan. Jadi, apakah Anda sudah tahu mengenai apa itu upskilling dan manfaat pentingnya bukan?

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

Workaholic yang Malas. Content Writer & Seo Specialist.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article

Ada beberapa strategi mempertahankan SDM yang perlu diketahui terkait masalah gaji. Banyak hal terkait gaji yang membuat beberapa karyawan memutusk

Dalam melakukan rekrutmen karyawan mewajibkan dapat menghemat waktu dalam memilih dan seleksi berkas yang diperlukan. Dari sekian banyak pelamar te

Unduh Codemi Learning Report 2021

X