Apa itu People Management: Pengertian dan Cara Memahaminya

Saat ini bagi seorang pemimpin atau calon pemimpin, kualitas yang diperlukan adalah people management efektif yang bertujuan untuk meningkatkan komunikasi di tempat kerja dan mempersiapkan kesuksesan karyawan. 

Meneliti keterampilan yang membentuk people management akan dapat membantu Anda dalam menemukan kekuatan dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. 

Apa itu People Management

Apa itu People Management: Pengertian dan Cara Memahaminya

Baiklah, mari kita bahas dulu apa itu people management, simak dalam artikel berikut ini.

Definisi People Management

People management didefinisikan sebagai serangkaian praktik yang mencakup proses pelatihan, memotivasi dan mengarahkan karyawan untuk mengoptimalkan produktivitas tempat kerja dan mendorong pertumbuhan profesional. 

Pimpinan tempat kerja seperti pimpinan tim, manajer dan kepala departemen menggunakan people management untuk mengawasi alur kerja dan meningkatkan kinerja karyawan setiap hari. 

Adapun kegunaan dari people management dalam berbagai situasi di lingkungan kerja adalah:

Menangani Konflik antar Pribadi

Manajer dan karyawan dalam posisi kepemimpinan memiliki peran penting dalam penyelesaian konflik. 

Baca: Pentingnya Memahami Manajamen Tenaga Kerja

People management yang efektif dapat membantu untuk menengahi konflik antar karyawan dengan cara mendorong kolaborasi dan rasa hormat. 

Membimbing Pelatihan Karyawan

Sebagai pemimpin tempat kerja, Anda bertanggung jawab untuk memasukkan karyawan baru dan melatih karyawan saat ini mengenai proses yang diperbarui. 

Baca: 10 Keterampilan untuk Meningkatkan Pelatihan Karyawan

Anda dapat menggunakan elemen dari people management untuk memberikan umpan balik yang konstruktif dan membimbing karyawan sehingga mereka dapat berhasil di posisi mereka. 

Mengelola Deadlines

Mengarahkan karyawan termasuk memberikan assignment dan menetapkan goals. People management yang efektif dapat membantu Anda mengevaluasi sumber daya tim dan menetapkan deadlines realistis yang mendorong kemajuan progres. 

Membangun Budaya Perusahaan

Posisi kepemimpinan memungkinkan Anda untuk secara positif memengaruhi lingkungan kerja. Anda dapat menggunakan people management untuk membangun hubungan baik dengan karyawan. 

Baca: Mengapa Budaya Gemar Belajar Penting untuk Perusahaan Anda

Anda juga dapat meminta feedback dari tim tentang perspektif mereka tentang perusahaan dan kemudian mengubah umpan balik itu menjadi actionable change menjadi budaya perusahaan yang dapat dikembangkan oleh setiap karyawan.

Skill penting people management 

People management membutuhkan beberapa soft skill, termasuk yang dapat mengarahkan pada komunikasi terbuka dan jujur serta peningkatan pengalaman karyawan. 

Masing-masing skill ini dapat membantu Anda berinteraksi dengan karyawan dan melakukan tugas organisasi dengan lebih baik. 

Nah, berikut ini adalah delapan skill people management yang penting untuk dimasukkan ke tempat kerja:

  1. Memberdayakan karyawan
  2. Pendengar aktif
  3. Conflict-resolution
  4. Fleksibel
  5. Sabar
  6. Komunikasi yang baik
  7. Percaya
  8. Organisasi 

 1. Memberdayakan karyawan

Empowering karyawan dapat membantu mengembangkan skill baru dan menjadikan karyawan lebih produktif. 

Sangat penting untuk melatih karyawan baru dengan baik dan memberi mereka pengetahuan dan sumber daya yang mereka butuhkan untuk melakukan tugas yang diberikan dan terus belajar mandiri. 

Aspek penting lainnya dari pemberdayaan karyawan meliputi:

  1. Menawarkan konstruktif feedback untuk mendorong pengembangan skill 
  2. Tersedia untuk pertanyaan atau pelatihan tambahan
  3. Memungkinkan mereka untuk menyesuaikan alur kerja atau proses standar jika itu meningkatkan produktivitas 
  4. Mendorong karyawan untuk mengikuti kursus pengembangan skill tambahan dan memberikan kesempatan belajar
  5. Mendukung mereka atau memberikan proyek yang menantang. 

2. Pendengar aktif

Menjadi pendengar aktif adalah praktik mendengarkan pembicara sepenuhnya, memahami perspektif, pertanyaan atau masalah sebelum merespon. 

Pendengar aktif menghilangkan gangguan, mempertahankan kontak mata dan menawarkan isyarat verbal atau non verbal untuk menunjukkan keterlibatan dan pemahaman mereka. Ketika seorang karyawan datang kepada Anda dengan pertanyaan atau masalah, gunakan isyarat nonverbal seperti mengangguk untuk menunjukkan keterlibatan Anda saat berbicara. 

Teknik mendengarkan aktif ini mengarah pada people management yang berkualitas yang mendorong interaksi positif di tempat kerja. 

 3. Conflict-resolution

Skill resolusi konflik yang baik dapat membantu mengatasi tantangan interpersonal. Lakukan analisis situasi dan identifikasi penyebab masalah konflik tersebut.

Jika ada miskomunikasi atau perbedaan pendapat, Anda dapat menengahi pihak yang berkonflik dan membantu mereka berkompromi atau mencapai kesepahaman bersama. Setelah mediasi, pantau situasi untuk memastikan konflik diselesaikan sepenuhnya dan untuk mencegahnya terjadi lagi.

4. Fleksibel

Mengetahui kapan harus fleksibel dan kapan harus mengarahkan karyawan dengan lebih tegas merupakan aspek penting dari people management yang efektif. 

Anda dapat menunjukkan fleksibilitas dalam gaya manajemen Anda dengan mengakomodasi kebutuhan individu karyawan seperti jadwal yang dapat disesuaikan atau opsi kerja jarak jauh serta memungkinkan karyawan untuk menyesuaikan alur kerja masing-masing sehingga mereka bisa seproduktif mungkin. 

Anda harus menilai hasil proses karyawan untuk memastikan efisiensinya dan membantu mereka merevisi proses jika dapat dioptimalkan. 

5. Kesabaran

Kesabaran merupakan skill people management penting yang menggunakan kebaikan, rasa hormat dan empati ketika membantu orang lain mengatasi rintangan. 

Anda dapat menggunakan kesabaran saat melatih karyawan baru, mengajarkan proses baru, menangani konflik atau bahkan memecahkan masalah. 

Ketika karyawan tahu kalau manajer adalah orang yang sabar maka karyawan akan berani untuk menanyakan klarifikasi untuk memastikan mereka memahami arahan dari suatu tugas agar kualitas kerja mereka juga bagus. 

6. Komunikasi yang baik

Skill ini sangat diperlukan yang memungkinkan anggota tim untuk bekerja sama dalam memecahkan masalah, bertukar pikiran tentang ide-ide baru dan beradaptasi dengan perubahan baru.

Baca: Skill Komunikasi: Pengertian, Ciri-Ciri, Contoh, dan Manfaat

Kemampuan Anda untuk berkomunikasi jelas dengan rekan kerja dapat membantu Anda menjadi anggota tim yang lebih baik. Latihlah komunikasi yang efektif dengan penggunaan bahasa yang jelas dan simple sehingga setiap penerima memahami pesan yang Anda maksud. 

7. Kepercayaan

Kepercayaan berarti percaya bahwa Anda dapat mengandalkan kemampuan, bantuan atau saran seseorang saat sedang sangat membutuhkannya. 

Membangun kepercayaan membantu tim bekerja sama secara lebih efisien dan produktif. Tim harus dapat percaya bahwa pimpinan mereka mendukung dan percaya pada kerja keras mereka. Pemimpin harus dapat percaya bahwa timnya dapat menyelesaikan tugas dengan benar dan tepat waktu. 

8. Organization

Organisasi adalah keterampilan people management penting yang membantu melacak dan mempertahankan produktivitas tim. Berikut ini adalah tanda-tanda organisasi yang efektif:

  1. Segera menanggapi email, permintaan persetujuan dan pertanyaan
  2. Menyiapkan kalender untuk secara aktif melacak waktu deadline
  3. Menjalankan rapat yang membahas informasi secara efisien
  4. Menetapkan tugas dengan benar kepada anggota tim.

Cara mengembangkan skill people management!

Jika Anda dapat menunjukkan skill people management, Anda dapat menjadi kandidat yang lebih kuat untuk peran kepemimpinan di masa depan. 

Mengidentifikasi kekuatan dan area perbaikan dapat membantu Anda memutuskan keterampilan yang berbeda untuk tumbuh. Gunakanlah strategi ini untuk mengembangkan skill people management:

1. fokus pada individual skill

people management adalah seperangkat skill yang luas. Pilihlah skill tertentu dari skill diatas misalnya resolusi konflik, kemudian pelajari lebih lanjut mengenai skill tersebut, manfaatnya dan cara menerapkannya di tempat kerja. 

2. mendaftar di kursus professional development  

Beberapa perusahaan menawarkan program pelatihan manajemen mereka sendiri sementara yang lain mungkin mensponsori karyawan untuk mengambil kursus di tempat lain. Anda juga dapat menemukan kursus online atau melalui lembaga pendidikan.

3. temukan mentor atau pelatih bisnis

Perhatian khusus atau terarah adalah cara yang bagus untuk mengembangkan skill people management dengan cepat. Mentor dan pelatih bisnis dapat memberikan umpan yang dipersonalisasi dan strategi spesifik yang dapat ditindaklanjuti. 

4. Mintalah umpan balik atau saran dari manajer lain

Mintalah saran kepada manajer atau supervisor tentang cara mengembangkan skill manajemen karyawan dan peluang potensi leadership dimana nantinya Anda dapat mendemonstrasikan dan melatih skill tersebut. 

Itulah artikel Apa itu People Management: Pengertian dan Cara Memahaminya, semoga bermanfaat!

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

Workaholic yang Malas. Content Writer & Seo Specialist.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article

Ada beberapa strategi mempertahankan SDM yang perlu diketahui terkait masalah gaji. Banyak hal terkait gaji yang membuat beberapa karyawan memutusk

Dalam melakukan rekrutmen karyawan mewajibkan dapat menghemat waktu dalam memilih dan seleksi berkas yang diperlukan. Dari sekian banyak pelamar te

Unduh Codemi Learning Report 2021

X