LMS

Apa Itu Laporan Rekrutmen?

Salah satu tugas seorang perekrut atau HRD dalam sebuah perusahaan adalah memahami apa itu laporan rekrutmen. Laporan ini disusun saat seorang perekrut telah memiliki beberapa kandidat calon karyawan bagi suatu perusahaan.

Berdasarkan hal tersebut, maka tim perekrut sangatlah penting, khususnya terkait proses operasional suatu organisasi, instansi, maupun perusahaan. Diperlukan kemampuan dan ketrampilan berkualitas untuk merekrut calon karyawan berkualitas.

Pembahasan kali ini akan menjelaskan apa saja bagian – bagian penting dalam laporan rekrutmen. Kami akan menjelaskan apa saja bagian tersebut, fungsinya, serta contohnya untuk Anda jadikan referensi.

Mengenal Apa Itu Laporan Rekrutmen

Apa Itu Laporan Rekrutmen?

Suatu perusahaan membutuhkan divisi Sumber Daya Manusia atau tim perekrut untuk membantu mengembangkan perusahaan. Salah satu tujuan tersebut adalah dengan merekrut para kandidat karyawan berkualitas sesuai standar kualifikasi.

Berdasarkan hal tersebut, maka seorang recruiter membutuhkan laporan rekrutmen. Lalu apa itu laporan rekrutmen? Yaitu penyampaian informasi dalam bentuk dokumen berisi kegiatan penerimaan karyawan.

Isinya berupa penilaian terhadap kandidat pekerjaan, analisis aktivitas rekrutmen, manpower planning (penyusunan perencanaan karyawan), hingga laporan lulus kandidat masa percobaan.

Di sisi lain, dokumen ini juga sering digunakan untuk menganalisis perkembangan perusahaan sekaligus menentukan laba investasi (ROI). Analisis ROI tersebut didasarkan pada keputusan pemasaran maupun perekrutan calon pegawai baru.

Namun berdasarkan pengertian apa itu laporan rekrutmen di atas, setidaknya terdapat 6 bagian dasar dan wajib ada di dalamnya. Kami akan menjelaskan bagian – bagian tersebut pada pembahasan berikut ini.

Contoh Format dan Bagian – Bagian Laporan Rekrutmen

Berikut adalah contoh format dari setiap elemen dalam laporan rekrutmen. Anda tetap dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan maupun untuk membuat laporan rekrutmen yang lebih profesional.

1. Laporan Perekrutan (nama instansi)

Disiapkan oleh (nama belakang Anda)

(Pekerjaan recruiter)

(Alamat email profesional recruiter)

(Tanggal pembuatan laporan rekrutmen)

2. Objektif

Tuliskan 2 hingga 3 kalimat untuk menggambarkan apa itu laporan rekrutmen termasuk bagaimana ruang lingkup proyek rekrutmen yang Anda kerjakan. Cantumkan juga apa tujuan utamanya.\

3. Nama Kandidat yang Direkreut

Berisikan seluruh nama – nama jumlah kandidat beserta posisi yang berpotensi cocok untuknya. Contoh:

Putri Ayu, desainer arsitek

Karen Putri, teknik sipil

Andi Pratama, teknik elektro

4. Biaya

Berisikan seluruh total biaya yang dianggarkan untuk proses perekrutan serta jumlah habisnya biaya apa itu laporan rekrutmen. Contohnya:

Total anggaran : Rp. 1.000.000

Jumlah pengeluaran : Rp. 850.000

  • Biaya pengeluaran kandidat : anggaran Rp. 500.000, pengeluaran sebenarnya Rp. 450.000
  • Biaya pengeluaran eksternal : anggaran Rp. 350.000, pengeluaran sebenarnya Rp. 300.000
  • Biaya pemasaran : anggaran 150.000, pengeluaran sebenarnya Rp.100.000

5. Tantangan

Dalam dokumen apa itu laporan rekrutmen, bagian tantangan dapat diisi berupa penjelasan yang Anda temukan selama menjalankan proses rekrutmen. Juga dapat dijelaskan bagaimana kejadian tersebut memotivasi Anda untuk lebih bijaksana. Contoh:

Tantangan terbesar bagi kami adalah saat melakukan proses rekrutmen serta mengembangkan praktik perekruten. Sepanjang proses ini, divisi SDM bekerja sama dengan manajer departemen demi mengoptimalkan sistem perekrutan.

6. Saran

Pada bagian ini menjelaskan saran dan masukan apapun dari Anda demi meningkatkan proses rekrutmen ke depannya. Contoh:

Berdasarkan analisis biaya pada kuartal ini, kami menyarankan untuk menambahkan anggaran pengeluaran eksternal menjadi Rp. 1.500.000 per kuartal. Kami menyarankan supaya jumlah anggaran ini dipertahankan hingga pengeluaran kandidat di masa mendatang.

Melalui saran pada apa itu laporan rekrutmen ini, diharapkan dapat membantu kami dalam memperhitungkan fluktuasi biaya. Tentunya berdasarkan pasar kerja maupun jumlah kandidat uang kami rekrut untuk kuartal tertentu.

7. Ringkasan

Isi 2 sampai 3 kalimat tentang rangkuman ROI kampanye rekrutmen Anda. Contohnya:

Kami telah memenuhi tujuan perekrutan kami pada kuartal ini dan mengisi 5 kandidat yang berhasil melewati seluruh tahapan ini. Kami juga mempertahankan karyawan kami serta pekerjaannya.

Laporan rekrutmen tidak hanya digunakan sebagai bukti tertulis saja mengenai kinerja para karyawan. Melainkan sebagai manajemen informasi sambil memperlihatkan perkembangan masing – masing divisi dalam perusahaan.

Setiap penyajiannya, sebaiknya sambil menampilkan dan menyajikan data – data seperti grafik terkait kandidat karyawan sekitar 2-3 bulan sebelumnya. Tujuannya untuk memudahkan dalam melihat perbandingan data apa itu laporan rekrutmen sebelumnya.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

Workaholic yang Malas. Content Writer & Seo Specialist.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Tidak sedikit pihak HR perusahaan mencari tips wawancara kandidat fresh graduate. Seperti kita tahu bahwa pelamar kerja memiliki beragam latar bela

Codemi Publication

Pandemi Covid-19 mengubah banyak aspek kehidupan, termasuk bagaimana tenaga kerja memandang tunjangan/insentif yang paling diinginkan karyawan. Sit

Unduh Codemi Learning Report 2021

X