LMS

Apa Itu Konsultan Rekrutmen?

Sebagai seseorang yang bekerja pada perusahaan, mungkin Anda sudah sedikit memahami apa itu konsultan rekrutmen. Profesi ini dapat membantu seseorang dalam menentukan langkah apa yang harus dilakukan untuk memiliki karir sukses.

Konsultan rekrutmen menangani kandidat pegawai meskipun berasal dari perbedaan latar belakang pendidikan maupun pengalaman pekerjaan. Tugasnya adalah mempersiapkan kandidat untuk mendapatkan pekerjaan yang akan dilamarnya.

Konsultan rekrutmen sendiri dapat berupa bisnis lokal kecil ke perusahaan nasional maupun internasional. Komunikasi profesi ini tidak jauh – jauh dari pembahasan seputar wawancara, gaji, ketentuan kerja, tanggal mulai bekerja, dan sejenisnya.

Pengertian Apa Itu Konsultan Rekrutmen dan Tanggung Jawabnya

Apa Itu Konsultan Rekrutmen?

Pengertian dari konsultan rekrutmen adalah profesi dalam bisnis di mana peran utamanya adalah bekerja dengan perusahaan yang ingin merekrut pegawai baru serta menemukan kandidat paling memenuhi syarat penawaran posisi.

Oleh sebab itu, konsultan rekrutmen harus memahami betul bagaimana persyaratan suatu perusahaan terhadap kandidatnya. Anda juga perlu menyusun strategi perekrutan agar sesuai dengan para pelamar kerja.

Konsultan rekrutmen perlu menemukan apa kekuatan maupun kompetensi kandidatnya. Sehingga dapat memberi masukan berupa tawaran organisasi atau instansi sesuai dengan calon karyawan tersebut.

Di sisi lain, profesi ini juga menawarkan saran kepada kedua belah pihak, yaitu perusahaan maupun calon karyawan. Saran tersebut berupa cara meningkatkan proses rekrutmen dan prospek karir mereka masing – masing. Selain definisi apa itu konsultan rekrutmen di atas, tanggung jawab profesi ini adalah:

  1. Melakukan penelitian ekstensif pada perusahaan klien untuk memahami budaya internal perusahaan, standar bagi karyawan baru, dan informasi relevan lainnya.
  2. Mengiklankan lowongan posisi perusahaan klien melalui media online maupun cetak.
  3. Mencari dan menghubungi kandidat potensial lalu meneliti database kandidat tersebut serta mencarikan posisi yang berpotensi cocok untuk mereka.
  4. Meninjau resume dan surat lamaran kemudian melakukan tes wawancara kepada kandidat yang memenuhi syarat.
  5. Terkait pengertian apa itu konsultan rekrutmen, maka tugasnya juga berdiskusi terkait hasil wawancara, sambil bernegosiasi mengenai gaji maupun tunjangan pekerjaan sesuai instruksi dari perusahaan klien.
  6. Menjadi mediator pada setiap negosiasi antara kandidat karyawan dengan pemberi lapangan pekerjaan tentang pelatihan, gaji, tunjangan, kemajuan karir, dan sebagainya.
  7. Rutin meninjau serta meningkatkan kebijakan rekruitmen agar kandidat yang diusulkan lebih berkualitas.

Skill Wajib Bagi Seorang Konsultan Rekrutmen

Untuk menjalani seluruh tugas dan tanggung jawab tersebut, maka harus ada skill atau kemampuan khusus bagi para konsultan rekrutmen, yaitu:

1. Kemampuan Komunikasi Baik dan Efektif

Sebagai seseorang yang bekerja dalam dunia perekrutan, tentunya Anda memahami apa itu konsultan rekrutmen dan kualifikasinya. Skill pertama yang harus dimiliki adalah kemampuan komunikasi baik juga efektif.

Baca: 12 Strategi Komunikasi yang Efektif untuk Meningkatkan Performance Management

Sebagian besar, profesi konsultan dihabiskan untuk berkomunikasi dengan perusahaan klien serta kandidat karyawannya. Sehingga skill berkomunikasi harus terus diasah ditambah keterampilan presentasi yang sangat baik.

2. Kemampuan Bekerja Secara Multitasking

Skill wajib berikutnya adalah bekerja secara multitasking, sebab ada banyak pekerjaan yang harus dikerjakan secara bersamaan. Misalnya mengelola administrasi dokumen proyek, analisa rekrutmen pegawai, dan lain – lain.

Diperlukan keterampilan mengerjakan beberapa peran dalam jangka waktu bersamaan. Sehingga profesi ini membutuhkan kemampuan menangani seluruh tugas sekaligus serta memprioritaskannya.

3. Mengorganisir Setiap Kebutuhan Bisnis

Kemampuan mengorganisir setiap kebutuhan bisnis secara efisien adalah kewajiban skill dari apa itu konsultan rekrutmen. Sebab ada banyak pekerjaan seperti merekrut pegawai baru, memanajemen jadwal rapat, ataupun menyusun jadwal evaluasi.

Baca: Manajemen Adaptasi di Tempat Kerja, Pengertian, Manfaat dan Keterampilan

4. Kemampuan Memecahkan Masalah

Seorang konsultan perlu memiliki pola pikir kritis dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Skill ini digunakan untuk memberikan solusi berupa rancangan program untuk mendukung kualitas kerja maupun produktivitas suatu perusahaan.

5. Mengerjakan Proses Rekrutmen dengan Bijak

Sesuai pengertian dari apa itu konsultan rekrutmen, maka kemampuan yang wajib dimiliki berikutnya adalah melaksanakan proses perekrutan secara bijak. Sebab pentung memastikan kandidat pilihannya sesuai standar perusahaan.

Selain itu juga memastikan bahwa mereka sesuai dengan bidang kompetensi keperluan perusahaan. Proses perekrutan yang panjang dan dikerjakan secara profesional akan melahirkan pegawai – pegawai berkualitas.

Menjadi seorang konsultan rekrutmen memang tidak mudah. Oleh karenanya, Anda harus terus mengasah serta memotivasi diri sendiri bahwa mampu memenuhi kualifikasi apa itu konsultan rekrutmen untuk menghasilkan bisnis – bisnis sukses.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

Workaholic yang Malas. Content Writer & Seo Specialist.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Randi Bouty

Salah satu tugas seorang perekrut atau HRD dalam sebuah perusahaan adalah memahami apa itu laporan rekrutmen. Laporan ini disusun saat seorang pere

Randi Bouty

Tidak banyak orang tau mengenai strategi people management, padahal informasi berikut ini sangat dibutuhkan pemimpin. Dalam sebuah organisasi atau

Unduh Codemi Learning Report 2021

X