Pengertian Gap Analysis

Apakah Anda tahu apa pengertian GAP analysis? Kata “GAP” memiliki arti kesenjangan, pada umumnya analisis ini digunakan untuk membandingkan kinerja actual dengan potensial.

Selain itu GAP analysis juga digunakan untuk mengidentifikasi, apakah sistem yang berjalan di suatu perusahaan sudah berjalan sesuai kebutuhan perusahaan atau belum.

Dengan mengetahui pengertian dan fungsi GAP analysis, akan semakin mudah bagi Anda untuk memahami manfaat yang didapatkan perusahaan dengan menerapkan analisis ini.

Mengenal Pengertian GAP Analysis

Perlu Anda ketahui bahwa setiap perusahaan membutuhkan jenis analisis berbeda-beda, dengan banyaknya jenis analisis tersebut, sebetulnya sebuah perusahaan mendapat kemudahan.

Di mana mereka bebas memilih analisis yang memberi manfaat bagi mereka, untuk memahami bagaimana sebuah GAP analysis bisa diaplikasikan pada sebuah perusahaan. 

Sebaiknya Anda mengetahui pengertian GAP analysis serta komponennya, di mana GAP berperan sebagai alat evaluasi kesenjangan kinerja suatu perusahaan.

Proses analisis ini dilakukan dengan menentukan langkah apa saja yang bisa ditempuh oleh perusahaan, agar berpindah kepada kondisi yang lebih baik.

Disinilah fungsi GAP analysis dirasakan oleh perusahaan, mereka bisa mengetahui apakah kondisi organisasi tersebut dalam keadaan baik-baik saja atau tidak.

Jangan sampai pebisnis tidak mengetahui kondisi sebenarnya dan kondisi seperti apa yang ingin dicapai di masa depan. Melalui pengertian GAP analysis yang telah kami sampaikan, dapat diketahui bahwa terdapat tiga komponen di dalam analisis tersebut.

Komponennya adalah daftar karakteristik dari kondisi masa kini, daftar hal yang dibutuhkan pada kondisi di masa depan untuk memenuhi tujuan, dan daftar hal yang menyebabkan kesenjangan.

Dengan mengetahui berbagai komponen tersebut, setidaknya pebisnis bisa mengetahui dengan baik apa maksud dan tujuan dari dimanfaatkannya GAP analysis.

Selain itu kami rasa Anda juga perlu mengetahui bagaimana tahapan yang harus perusahaan lalui, untuk menerapkan GAP analisis bagi perusahaannya. Pertama, memastikan proses serta area penting bagi organisasi, menentukan kapasitas pemenuhan baru dan penentuan solusi untuk mengatasi kesenjangan atau masalah.

Memanfaatkan Pengertian GAP Analysis untuk Kebutuhan Bisnis

Banyak perusahaan yang sudah menerapkan GAP analisis, mereka menganggap bahwa analisis ini bisa mengetahui bagaimana kondisi perusahaan terkini.

1. Identifikasi Kesenjangan

Manfaat dari GAP analisis adalah mengidentifikasi kesenjangan, Anda perlu meneliti di mana letak kekurangan yang dimiliki dan dihadapi perusahaan.

Dengan begitu nantinya Anda bisa lebih fokus memperbaiki kelemahan tersebut, serta memberi gambaran yang jelas mengenai rencana analisis yang sesuai untuk diaplikasikan.

Dengan mengidentifikasi kesenjangan, pebisnis bisa menggali lebih dalam, untuk mengetahui secara detail mengapa kesenjangan tersebut bisa hadir di dalam perusahaan.

Jangan hiraukan kekurangan yang ada dalam sebuah perusahaan. Jika masih mempunyai peluang untuk diperbaiki, lakukanlah saat ini juga.

Baca Juga: Jenis Program Pelatihan yang Dibutuhkan Perusahaan

2. Menguraikan Tujuan dan Target

Setelah mengetahui pengertian GAP analysis, maka manfaat yang diberikan oleh analisis tersebut salah satunya ialah menguraikan antara tujuan dan target.

Sebuah perusahaan harus tau bagaimana tujuan dan target ingin dicapai di masa depan, tujuan tersebut harus spesifik dan bersifat rasional.

Dengan menguraikan kedua hal tersebut, Anda bisa lebih fokus mengutamakan mana tujuan ingin diprioritaskan terlebih dahulu, sehingga akan lebih maksimal dalam mencapainya.

Seringkali pebisnis malah lebih fokus dalam mencapai tujuan, tanpa menghiraukan apakah tujuan tersebut relevan bagi perusahaan dan kondisinya saat ini.

Apabila pebisnis memaksakan kondisi suatu perusahaan demi mencapai tujuan, maka bukan tidak mungkin jika banyak hal yang harus dikorbankan kedepannya.

Baca Juga: Goal Setting untuk Perkembangan Karir

3. Analisis Data Kinerja

Manfaat selanjutnya adalah menganalisis data kinerja, hal ini bisa dilakukan secara efektif serta disusun berdasarkan kebutuhan perusahaan atau organisasi Anda.

Dengan menganalisis data kinerja, Anda bisa mengetahui faktor yang memberi kontribusi dalam penurunan atau kenaikan kinerja di dalam organisasi.

Analisis ini perlu dilakukan secara rutin, agar pebisnis dimudahkan dalam memprediksi atau memecahkan masalah yang kompleks di masa depan. 

Memang penting bagi sebuah perusahaan, dalam menentukan mana analisis yang dibutuhkan oleh perusahaan dan mengaplikasikannya.

Maka dari itu kami menyarankan Anda, untuk mengetahui pengertian GAP analysis, agar pebisnis mengetahui pengertian serta manfaat yang bisa didapatkan.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article

Sebagai pemimpin, kemampuan membentuk program kompensasi termasuk penting, terutama telah menjadi skill yang harus dikuasai sejak dulu. Apalagi ber

Perusahaan yang mengetahui manfaat agile leadership terbilang telah dalam jalur baik. Terutama disebabkan telah menjadi teknik dan strategi kepemim

Unduh Codemi Learning Report 2021

X