Apa Itu Employee Wellness Program

Employee wellness program sangat berguna terutama di masa pandemi covid-19. Dunia terus mengalami perubahan, banyak hal dapat menyebabkan karyawan menjadi stres akibat pekerjaan. Gangguan kesehatan pada karyawan dapat menurunkan keuntungan perusahaan.

Karyawan merupakan aset penting dalam perusahaan. Sehingga perusahaan wajib mengelola dan menjaga mereka agar dapat bekerja dengan baik untuk menggapai tujuan. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah menyelenggarakan wellness program.

Melalui program tersebut, produktivitas karyawan dapat ditingkatkan sehingga membuat perusahaan semakin berkembang. Agenda ini sendiri berkaitan dengan kesehatan untuk menerapkan gaya hidup sehat melalui edukasi, jaminan kesehatan dan lainnya.

Tujuan utama dari wellness program ialah meningkatkan kesadaran terhadap kesehatan. Hal ini akan membuat karyawan menjadi lebih sehat dan bugar kemudian mampu bekerja secara produktif.

Apa Itu Employee Wellness Program

Agenda kesehatan yang dicanangkan untuk karyawan ini membutuhkan banyak persiapan. Mulai dari data kesehatan pekerja hingga pengalaman mereka. Program ini dapat direncanakan Human Resource (HR) dengan menyesuaikan kebutuhan.

Program kesehatan tidak hanya berhenti pada pelaksanaan. Akan tetapi juga pengawasan dan evaluasi. Caranya adalah dengan meminta umpan balik dari karyawan yang merasakan agenda tersebut melalui pengisian survei.

Dalam perencanaan wellness program, Anda perlu menyesuaikannya dengan visi misi perusahaan. Karyawan dengan senang hati akan mengikutinya jika memberi manfaat dalam pekerjaan serta sesuai budaya perusahaan.

Terdapat beberapa employee wellness program yang dapat Anda terapkan. Tujuannya untuk meningkatkan kesehatan dan produktivitas pekerja. Anda dapat memilih agenda sesuai dengan karyawan dan visi misi perusahaan.

Insentif Kesehatan

Karyawan umumnya mengulangi aktivitas yang sudah dikenal dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, HR perlu memberi apresiasi atas kemauan mereka dalam menjalankan aktivitas kesehatan. Caranya dapat melalui platform kesehatan.

Karyawan yang sudah berolahraga bisa memperoleh poin reward. Kemudian poin dapat ditukarkan dengan produk atau jasa yang diinginkan. Sehingga mampu menambah semangat mereka untuk menjalankan gaya hidup sehat.

Memerangi Burnout

Burnout merupakan masalah yang kerap menimpa pekerja. Perusahaan perlu menaruh perhatian terhadap masalah tersebut. Langkah pertama yang bisa dilakukan ialah mengumpulkan data penyebab burnout.

HR dapat mengirim survei pada karyawan untuk memperoleh data tersebut. Banyak hal mungkin menjadi penyebab burnout. Mulai dari terlalu banyak beban kerja, kurangnya dukungan, kurangnya sumber daya hingga perlakuan tidak adil.

Deretan Manfaat EWP

Banyak hal luput dari perhatian perusahaan ketika memberi pekerjaan pada karyawan. Yakni mengenai fleksibilitas. Setiap karyawan umumnya mempunyai cara unik dalam menyelesaikan tugas yang diterima.

Sehingga dapat mencegah rasa lelah. Banyak perusahaan memaksakan cara tertentu yang tidak sesuai dengan kemampuan pekerja. Pada akhirnya menyebabkan mereka mengalami burnout. Selain mencegah burnout, perusahaan perlu menyelenggarakan agenda kesehatan.

Employee Wellness program menghadirkan banyak manfaat bagi karyawan. Manfaat langsung adalah tubuh terasa sehat dan bugar. Sehingga dapat bekerja dengan lebih rajin, positif dan produktif. Berikut manfaat lainnya.

Meningkatkan Employee Engagement

Aktivitas kelompok yang sehat seperti yoga, gym, makan siang sehat, senam, hingga jogging dapat meningkatkan employee engagement. Employee engagement tinggi dapat meningkatkan kinerja tim secara lebih maksimal.

Mengurangi Stres

Stres berkepanjangan dapat menyebabkan penurunan produktivitas dan kesehatan. Oleh sebab itu, penyelenggaraan wellness program dapat membantu meredakan stres pekerja. Sehingga kinerja mereka akan meningkat.

Meningkatkan Retensi

Adanya agenda kesehatan menunjukkan perhatian perusahaan kepada karyawan. Hal ini akan membuat pekerja merasa nyaman. Dampak positifnya adalah mencegah employee turnover dan meningkatkan retensi.

Meningkatkan Moral

Fasilitas kesehatan dari perusahaan membantu pekerja berpikir positif. Hal ini akan berpengaruh terhadap lingkungan kerja yang sehat dan kondusif. Sehingga lingkungan kerja bisa menjaga moral karyawan.

Hal yang perlu diperhatikan dalam penyelenggarakan program kesehatan ialah dana. Meski mempunyai tujuan baik, harus menggunakan dana secukupnya. Tidak boleh menuntut banyak dana sehingga justru akan merugikan perusahaan.

Secara umum, dana untuk pelaksanaan program tersebut memang cukup banyak. Sehingga HR perlu melakukan penyesuaian melalui data karyawan. Agar nantinya tidak membebani perusahaan dari segi anggaran.

Kualitas perusahaan tidak hanya dinilai dari banyaknya laba yang dihasilkan. Akan tetapi juga kesehatan dan kinerja karyawan. Mencegah penyakit pada pekerja merupakan tindakan yang lebih baik daripada hanya menyediakan asuransi.

Mencegah gangguan kesehatan pada pekerja dapat dilakukan melalui berbagai cara. Salah satunya adalah wellness program. Terdapat beberapa rekomendasi employee wellness program yang bisa diterapkan. Simak juga ulasan kami mengenai employee recognition disini.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

2 Comments

    Leave Comment

    Your email address will not be published, Required fields are marked





    Related Article

    Seberapa pentingkah waktu sendiri bagi manusia? Maka jawabannya adalah sangat penting dan harus, mengapa demikian? Bukankah, Anda adalah makhluk so

    Saat Anda tidak ingin bekerja sebenarnya bukan merupakan masalah serius, tetapi harus menjadi catatan penting sebelum semuanya menjadi lebih parah,