Alasan Pentingnya Mendukung Karyawan dalam Work Life Balance

Mendukung karyawan agar melakukan pekerjaan dengan prinsip work life balance sangat penting. Prinsip keseimbangan dalam bekerja ikut memberikan pengaruh terhadap produktivitas karyawan di dalam sebuah perusahaan.

Karyawan yang bekerja sepanjang hari tanpa ada waktu istirahat tentunya kurang baik. Hal tersebut akan memicu menurunnya kesehatan karyawan terlebih saat dilakukan dalam kurun waktu lama.

Di samping itu karyawan yang tidak mendapatkan perhatian seperti pembagian jobdesk tidak merata juga akan memicu konflik. Sebagian karyawan mendapatkan job desk besar mengalokasikan waktunya untuk bekerja sepanjang hari.

Sementara karyawan dengan job desk kurang rata justru mengalokasikan energi dan waktu dengan hal-hal kurang bermanfaat. Jika hal tersebut berlangsung dalam kurun waktu lama tentunya atmosfer kerja kurang efektif.

Prinsip work life balance yang diterapkan efektif mengubah perilaku para pekerja. Selain itu hal tersebut juga dapat digunakan untuk membentuk lingkungan kerja yang sehat dan lebih produktif.

Membentuk lingkungan kerja yang seimbang juga berpotensi menurunkan risiko hal-hal negatif. Setiap karyawan juga bisa memahami makna kerja yang proporsional sehingga memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Alasan Pentingnya Dukungan Work Life Balance Bagi Karyawan

Dukungan yang diberikan pimpinan kepada para karyawan agar menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan sehari-hari didasari beberapa alasan. Berikut adalah alasan pentingnya dukungan keseimbangan dalam lingkungan kerja.

Membentuk Hasil Bisnis yang Positif

Membangun bisnis yang menghasilkan efek positif bagi semua orang dapat dimulai dengan menyeimbangkan lingkungan kerja. Atmosfer kerja dapat dibangun berdasarkan keseimbangan akan membentuk SDM unggul.

Apabila sdm yang dimiliki perusahaan unggul biasanya pimpinan dapat mengandalkan mereka untuk berbagai job desk. Dengan ini pada jangka panjang akan tercipta bisnis yang positif dan menguntungkan.

Implementasi Tujuan yang Lebih Jelas dan Terarah

Tujuan bisnis hanya bisa tercapai apabila ada keseimbangan antara beban pekerjaan dengan input yang didapat karyawan. Oleh sebab itu, Anda perlu mendukung adanya keseimbangan dalam urusan kerja karyawan.

Dukungan work life balance dapat diberikan pimpinan dalam berbagai bentuk salah satunya menyampaikan tujuan pekerjaannya. Karyawan yang mendapatkan arahan mengenai tujuan pekerjaan akan lebih produktif.

Menjaga Konsistensi Karyawan Selama Bekerja

Setiap perusahaan tentunya membutuhkan dedikasi karyawan yang tinggi dalam menjalankan tugasnya. Namun, hal tersebut bisa terhalang lantaran para karyawan tidak memiliki prinsip kerja dengan seimbang.

Karyawan yang merasa tidak mendapat perhatian cenderung memutuskan untuk berhenti bekerja. Bahkan karyawan akan memilih mencari pekerjaan yang memiliki value tinggi di tempat dan perusahaan lain.

Jika seperti ini tentunya perusahaan akan susah menemukan karyawan yang mempunyai tingkat konsistensi dan dedikasi tinggi. Oleh sebab itu pimpinan perlu mempertimbangkan kebutuhan lain dari setiap karyawan.

Tips Mendukung Work Life Balance Bagi Karyawan

Bagaimana caranya mendukung karyawan agar bekerja secara seimbang untuk kepentingan bersama? Ada beberapa hal yang bisa dilakukan seorang pemimpin perusahaan untuk menciptakan prinsip kerja seimbang.

Cobalah untuk membuat dasar tujuan pekerjaan dan job desk secara jelas dan rinci. Pembagian kerja dan jadwal sift juga penting diperhatikan agar setiap karyawan dapat mengalokasikan waktunya dengan baik.

Seorang pemimpin juga perlu mempertimbangkan jam istirahat bagi karyawan. Jam istirahat merupakan hal yang krusial dan tidak boleh diabaikan oleh pemimpin perusahaan karena berkaitan dengan kesehatan karyawan.

Cara lain mendukung work life balance yaitu dengan mengubah strategi kepegawaian. Hal tersebut bisa direalisasikan dengan menambah atau merekrut karyawan baru demi menjaga keseimbangan kerja setiap harinya.

Penambahan kerja dimaksudkan agar beban yang dirasakan karyawan dapat berkurang. Sehingga mereka mempunyai waktu istirahat yang cukup dan dapat memperluas jaringan dengan karyawan di divisi lain.

Karyawan yang mempunyai sedikit waktu untuk beristirahat cenderung kurang produktif. Terlebih jika karyawan tersebut harus menghabiskan waktu kerja lebih banyak dibanding karyawan lainnya.

Dampaknya akan mengurangi daya berpikir karyawan karena mereka merasa kelelahan. Oleh karena itu, sebaiknya pimpinan memberikan proporsi jam istirahat sesuai dengan kebutuhan para karyawan perusahaan.

Beberapa cara tersebut akan merubah kebiasaan lama karyawan yang kurang bermanfaat bagi perusahaan. Work life balance bermanfaat besar bagi perusahaan jika pimpinan dan karyawan memiliki tujuan sama. Simak juga ulasan kami mengenai mindful leadership disini.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

1 Comment

    Leave Comment

    Your email address will not be published, Required fields are marked





    Related Article

    Ada beberapa strategi mempertahankan SDM yang perlu diketahui terkait masalah gaji. Banyak hal terkait gaji yang membuat beberapa karyawan memutusk

    Dalam melakukan rekrutmen karyawan mewajibkan dapat menghemat waktu dalam memilih dan seleksi berkas yang diperlukan. Dari sekian banyak pelamar te

    Unduh Codemi Learning Report 2021

    X