8 Tahap Membangun Komunikasi Internal di Lingkungan Kerja

Membangun komunikasi internal dilingkungan kerjasecara baik merupakan sarana bagi HR menentukan keputusan tepat yang tidak merugikan beberapa karyawan. Kebijakan demi kebijakan menyangkut karyawan tentu harus melibatkan emosional mereka juga.

Jika IC atau internal communication telah tercapai maka karyawan tidak akan ragu mengungkapkan ketidaknyamanan. Ungkapan ini bukan semata untuk mengadu, tetapi menjadi permasalahan harus dipecahkan melalui solusi tepat.

Ketika bekerja, karyawan akan diberikan beberapa detail pembayaran kinerja setiap bulan. Penting untuk menjabarkan gaji pokok, tunjangan, asuransi kesehatan, uang makan, dsb dalam slip gaji. Tujuannya supaya tercipta transparansi di antara HR dengan karyawan.

8 Kunci Membangun Komunikasi Internal di Lingkungan Kerja

Sekilas tentang pentingnya membangun IC seefektif mungkin dalam tim. Kini, masing-masing HR tim wajib mengimplementasikannya di kantor. Kami rangkum 8 tips untuk membangun keberhasilan IC, diantaranya:

Evaluasi Kebijakan Sebelumnya

Sebelum membuat kebijakan baru, lihat ke belakang dan tengok apa yang harus diperbaiki dari strategi sebelumnya. Evaluasi ini penting dalam menentukan poin per poin penentuan kebijakan selanjutnya.

Tingkatkan yang sudah bagus, hilangkan cara tidak efektifnya. Beberapa poin harus diperhatikan ketika melakukan evaluasi adalah:

  • Apakah konten pembahasan relevan serta menarik?
  • Apakah penyaluran ajakan obrolan ini dilakukan secara tepat?
  • Adakah dorongan percakapan dua arah untuk karyawan dengan atasan?

Menentukan Tujuan

Tentukan tujuan atau seragamkan semua orang dalam tim membangun komunikasi internal dilingkungan kerja. Ketika semua orang memiliki pemahaman sama maka mudah sekali mengarahkan alur dan siapapun tidak ragu mengingatkan ketika ada anggota keluar jalur.

Identifikasi Masing-masing Karyawan

Identifikasi karyawan secara kepribadiannya satu per satu. Selayaknya manusia, karyawan memiliki kepribadian berbeda satu sama lain. Mereka ini dapat menanggapi pekerjaan sama dengan cara berbeda. Pembagian tugas menjadi sangat penting setelah mengetahui kepribadian.

Bangun Komunikasi Tepat

Setelah mendalami masing-masing karakter karyawan, selanjutnya bisa membangun komunikasi sesuai dengan kepribadian mereka. Pendekatan seperti ini jauh lebih efektif karena komunikasi dilakukan melalui cara tepat sesuai dengan penerimaan masing-masing.

Update Informasi Terbaru

Mengkomunikasikan berbagai peraturan terbaru atau kabar yang mempengaruhi perusahaan. Contoh, selama pandemi ini, pihak paling rentan dalam membangun komunikasi internal dilingkungan kerjaadalah para pekerja di bidang kesehatan.

Bukan hanya para perawat serta dokter rumah sakit, namun juga apoteker pelayanan obat. Penting adanya edukasi tepat terkait benarkah covid-19 ini ada obatnya, jika benar lantas siapa boleh meminumnya, atau semua kabar berita itu hanya isapan jempol belaka?

Kerucutkan IC dengan Satu App

Seragamkan cara berkomunikasi dalam tim dengan satu alternatif saja. Bukan WAG, jadwal meeting, atau aplikasi chat lainnya demi mendukung keharmonisan komunikasi terutama saat pandemi. Ini penting untuk mengumpulkan orang dengan tepat akurat.

Jika bingung hendak menggunakan app apa diantara sekian app pesan singkat, gunakan vote dan lihat paling banyak karyawan menggunakan apa. Strategi ini akan berhasil membangun komunikasi internal dilingkungan kerjakarena sedikit karyawan harus mengikuti mayoritas.

IC Tersistem di Kantor

Komunikasi internal dalam kantor juga penting untuk mendukung tercapainya efektivitas IC. Perusahaan harus menyepakati satu saja cara pemberitahuan informasi terbaru, pemberian tugas, informasi penting lainnya untuk digunakan karyawan.

Satu alat ini dapat menjadi acuan para karyawan ketika membahas tugas maka otomatis mereka mendapatkannya sesegera mungkin dari alat tersebut. Ketepatan alat dan ketepatan waktu menjadi dua hal penting membangun hubungan timbal balik atasan dan bawahan.

Dengan menggunakan LMS Codemi anda dapat melakukan proses internal communication secara tersistem dan terpusat. Dengan didukung berbagai fitur proses komunikasi dapat dilaksanakan secara lancar dan terstruktur.

Mengukur Keberhasilan

Terakhir, setelah ketujuh cara diimplementasikan, selanjutnya Anda bisa keberhasilan strategi setelah beberapa waktu menjalankannya. Sama halnya untuk membuat kebijakan baru, kebijakan yang sudah ada harus dievaluasi kembali supaya tidak salah langkah.

Untuk membangun efektivitas percakapan, atasan dan bawahan harus menyamakan konten pembicaraan terlebih dahulu. Di luar urusan pekerjaan, tidak ada salahnya berbasa-basi.

Hal ini bertujuan untuk membangun komunikasi secara internaldilingkungan kerjasecara lebih dalam. Ketika pembahasannya sudah sama maka lebih mudah bagi atasan membangun kenyamanan dan efektivitas bekerja.

Ketika mendapati teguran karyawan bukannya sakit hati. Melainkan menerima secara lapang dada serta mau mengevaluasi diri. Komunikasi untuk berbagai hal adalah kunci tercapainya tujuan.

IC harus dibangun dengan sangat rapi untuk menyamakan persepsi ketika berbicara ke pihak eksternal. Semakin baik membangun komunikasi internal dilingkungan kerjadiciptakan maka semakin akurat eksternal communication dipahami semua orang.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

1 Comment

    Leave Comment

    Your email address will not be published, Required fields are marked





    Related Article
    Codemi Publication

    Sebagai industri yang berhubungan manusia HR pastinya menjadi industri yang sangat dinamis dan terus menghadirkan tren HR terbaru setiap harinya. M

    Codemi Publication

    Perkembangan karyawan pada dasarnya merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam usaha untuk mendukung tumbuh kembang bisnis. Hal ini di

    Unduh Codemi Learning Report 2021

    X