8 Strategi Meningkatkan Employee Engagement di Perusahaan

Strategi meningkatkan employee engagement di perusahaan menjadi kunci penting tercapainya keharmonisan lingkungan kerja. Melalui lingkungan kerja harmonis maka lebih mudah mencapai tujuan kantor yang telah diperkenalkan ke karyawan sedari awal.

Tidak sedikit karyawan memberikan loyalitasnya kepada kantor karena merasa dihargai atas pekerjaannya. Perasaan dihargai ini membuat akhirnya karyawan bisa bekerja fleksibel bahkan dengan sukarela lembur untuk menuntaskan tugas dari atasan secepatnya.

Tapi, tentu saja lembur dalam batas wajar. Perihal gaji memang menjadi faktor pendukung paling kuat agar karyawan bertahan. Namun, gaji ternyata masih bisa dikalahkan dengan suasana nyaman karena keberhasilan engagement karyawan dari atasannya.

8 Cara Membangun Employee Engagement di Perusahaan

Melirik betapa pentingnya engagement karyawan dalam kantor maka kami rangkum berbagai strategi jitu menciptakan lingkungan kerja nyaman. Berikut adalah 8 strategi akurat demi terciptanya ikatan antara pekerja dengan kantor:

Beri Kesempatan Berpendapat

Agar karyawan merasa dilibatkan sebagai bagian dari kantor, maka berikan mereka suara untuk berpendapat. Bagaimana saja, seluruh karyawan adalah nyawa dari berjalannya operasional company. Artinya, para pekerja adalah prioritas utama kantor.

Semakin banyak pekerja bersuara, semakin besar potensi keberhasilan employee engagement di perusahaan tercapai. Dari sini, para atasan dapat mengetahui apa harapan para pekerja dan hal-hal untuk sebisa mungkin dihindari ke depannya.

Beri Penghargaan

Jangan hanya fokus memberikan hukuman ketika pekerja telat atau bekerja tidak sesuai perintah. Selain gencar memberikan hukuman maka mulai sekarang focus.

Juga pada pemberian penghargaan terhadap kinerja para pekerja jika memang dirasa pantas. Sedikit dan sekecil apapun bentuk penghargaan tersebut akan terasa bermakna bagi para pekerja.

Tanam Nilai Fundamental

Sebuah company profesional sedari awal harus menyamakan visi misi dengan memegang teguh satu nilai sakral. Tiap tempat kerja bisa memiliki pandangan berbeda, tapi intinya adanya nilai tersebut menjadi landasan untuk bersikap serta bekerja.

Ketika nilai-nilai diterapkan maka siapa saja akan mengembalikan setiap permasalahan dari sudut pandang nilai tadi. Segala sesuatu menjadi jelas cara pandangnya karena visi misi company berdasarkan nilai tersebut.

Perbesar Keberagaman

Beri kesempatan untuk semua orang dari berbagai latar belakang menjadi bagian dari tim Anda. Semakin beragam isi tim maka semakin luas wawasan diterima setiap orang. Tingkat pencapaian employee engagement di perusahaan juga semakin menarik di sini.

Insentif yang Pantas

Saat ini masih ada company yang memberikan gaji karyawan tanpa mengikuti aturan UMR setempat. Padahal UMR setiap tahun naik dan gaji para pekerja juga wajib mengalami penyesuaian setara dengan aturan berlaku.

Kondisi seperti ini tidak bisa dianggap remeh karena secara terang-terangan atau tidak, para pekerja akan mengeluh ketika tahu upahnya tidak dibayar sebagaimana mestinya. Urusan uang memang wajib menjadi perhatian penting untuk mempertahankan kinerja karyawan.

Menanggung Asuransi Kesehatan

Tidak cukup dengan memberikan insentif pokok bulanan, company juga wajib menanggung asuransi kesehatan pekerjanya. Para pekerja tidak hanya meluangkan waktu untuk membuat perusahaan maju, namun juga berkorban tenaga serta pikiran.

Terlebih untuk perusahaan di bidang pekerjaan berat, employee engagement di perusahaan bisa diciptakan dari perhatian kesehatan fisik pekerja. Semakin tinggi risiko sebuah pekerjaan maka semakin tinggi seharusnya tunjangan kesehatan didapatkan profesi tersebut.

Adanya Jenjang Karir

Berikan jenjang karir menjanjikan untuk setiap profesi. Orang tentu tidak akan menerima sebuah tanggung jawab ketika tahu masa depannya tidak jelas. Jika dalam 5 sampai 10 tahun terus berada pada posisi sama, maka betapa bobroknya manajemen perusahaan.

Beberapa karyawan barangkali sudah tidak punya pilihan sehingga meski karir tidak berkembang, tetap bertahan di sana. Namun, sejujurnya ini adalah kegagalan dalam menciptakan employee engagement di perusahaan karena kesejahteraan tidak tercapai.

Latih Kepemimpinan

Siklus perusahaan tidak bisa dihindari, di mana apabila sekarang Anda pemimpinnya kelak akan ada generasi baru. Ciptakan latihan kepemimpinan supaya generasi mendatang tidak melakukan kesalahan kecil atau fatal yang merugikan perusahaan.

Perihal jabatan tinggi bukan hanya otak mesti bekerja, namun juga kepribadian turut mempengaruhi keberhasilan memimpin. Tidak heran sekarang ini banyak program leadership.

Sehingga perusahaan dapat menemukan penerus sesuai visi dan misi. Kedelapan strategi di atas membantu HR team membentuk lingkungan kerja senyaman mungkin.

Ketika karyawan merasa disejahterakan secara baik oleh para atasan maka loyalitas amat mudah didapatkan. Loyalitas ini merupakan bentuk keberhasilan dari employee engagement di perusahaan. Simak juga ulasan kami mengenai tips perencaan program pengembangan karyawan disini.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Leadership training atau yang terkadang disebut dengan pelatihan kepemimpinan merupakan salah satu bentuk pelatihan yang bertujuan untuk mengembang

Codemi Publication

Sebuah perusahaan yang menerapkan budaya gemar belajar akan memiliki kesempatan lebih besar dalam medan persaingan. Perkembangan teknologi yang san