6 Tips Cara Membuat Materi Online Learning

Cara membuat materi online learning yang akan dibahas kali ini bisa menjadi acuan atau panduan agar pembelajaran lebih bermanfaat. Teknologi yang semakin canggih membuat beberapa pekerjaan menjadi lebih mudah, termasuk dalam melaksanakan training untuk karyawan. Tidak lagi harus datang, tapi training dilakukan online.

Training menjadi salah satu langkah perusahaan untuk mengembangkan skill atau keterampilan karyawannya agar kinerja semakin meningkat. Dulu, mungkin harus menghadiri suatu tempat, seperti aula atau lapangan untuk mengikuti training. Namun, sekarang training sudah bisa dilakukan secara online jadi bisa diikuti dari mana saja.

Konten materi menjadi bagian penting dari training sehingga pelaksana atau pemateri harus bisa memilah materi mana saja yang harus disampaikan dalam training tersebut. Bukan hanya itu, ada beberapa cara membuat materi online learning agar memberikan manfaat lebih bagi karyawan atau peserta training.

1. Tentukan Tujuan Training Dalam Pembuatan Materi

Tujuan training sangat penting dalam pembuatan konten karena tentu membutuhkan kerangka agar materi tidak melebar kemana-mana. Mengingat, waktu training yang lebih singkat dibanding metode pembelajaran lainnya sehingga materi yang diberikan harus sesuai dengan tujuan. Itulah mengapa harus menetapkan terlebih dahulu tujuan online training.

Setiap training pasti memiliki tujuan yang berbeda-beda, tergantung dengan kebutuhan perusahaan mengenai SDM (Sumber Daya Manusia) yang dimilikinya. Sebelum menentukan cara membuat materi online learning ini, harus mengetahui kebutuhan perusahaan terlebih dahulu. Misalnya saja, kerja sama yang berlangsung kurang baik sehingga dilakukan training kerjasama.

Tujuan training yang sudah ditentukan akan menuntun dalam mencari materi sebagai konten online training. Bukan hanya itu, cara pemberian materi juga tergantung dengan tujuan dari training. Oleh karenanya, lakukan analisa terlebih dahulu tentang kebutuhan perusahaan kemudian rancang tujuan yang diharapkan dari training.

2. Tentukan Jenis Konten dengan Selektif

Sekarang ini, mengenal banyak jenis konten online, mulai dari teks, video, gambar dan lain sebagainya. Setiap konten memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing jadi harus tahu lebih selektif dalam memilih konten yang akan diberikan untuk training online. Dengan begitu, materi akan tersampaikan dengan baik.

Pada umumnya, video menjadi jenis konten yang sering dipilih untuk memberikan training secara online. Cara membuat materi online learning dalam bentuk video tentu tidaklah mudah. Pastikan kamera yang digunakan mampu menghasilkan video yang jernih dan jelas karena video berkualitas akan membantu pembelajaran yang dilakukan.

Meskipun harus menentukan jenis konten, bukan berarti harus memilih satu saja. Bisa memadukan beberapa jenis konten sekaligus sesuai kebutuhan sehingga pembelajaran menjadi lebih optimal. Misalnya saja dengan memadukan antara konten berjenis video, teks dan gambar sehingga pembelajaran dapat memberikan manfaat yang lebih.

3. Berikan Materi Singkat dan Jelas

Membaca atau mempelajari materi dengan pembahasan yang panjang tentu terasa lebih membosankan. Meskipun banyak hal yang ingin disampaikan pada training online tersebut, bukan berarti harus menuliskan atau menyuguhkan semua materinya sekaligus. Justru kondisi ini tidak efektif untuk pembelajaran karena banyak peserta yang akan merasa bosan.

Cara membuat materi online learning bisa lakukan dengan merangkum materi terlebih dahulu. Harus bisa memilah materi mana yang paling penting atau poin utamanya sehingga lebih mudah bagi peserta untuk mengingat dan mempelajarinya. Biasanya, materi dalam bentuk poin-poin atau analogi akan lebih mudah dimengerti.

Meskipun memberikan materi yang singkat, tapi juga harus memastikan bahwa materi tersebut jelas dan mudah dimengerti oleh peserta. Juga harus memperkirakan waktu yang dibutuhkan dalam membuat konten online training agar tidak melebihi waktu yang sudah ditentukan sehingga dibutuhkan latihan penyampaian materi terlebih dahulu.

4. Gunakan Unsur yang Menarik Dalam Materi

Sebagian orang mungkin dapat mengikuti training online dengan semangat, tapi banyak juga yang sudah tidak bersemangat dalam mengikuti training melainkan hanya menggugurkan kewajiban atau ingin mendapatkan sertifikat. Untuk itu, bagaimana caranya pemberi materi menggunakan berbagai unsur menarik dalam konten agar tidak membosankan.

Cara membuat materi online learning yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan font yang mencolok untuk kalimat yang penting. Pemilihan jenis dan ukuran font juga penting sat menyuguhkan konten berupa teks. Namun, untuk konten berupa gambar atau video, maka bisa menggunakan unsur menarik.

Misalnya, memilih transisi yang unik, backsound yang lucu dan lain sebagainya. Gunakan unsur-unsur tersebut dalam pembuatan konten online training agar peserta tidak bosan menyimak konten yang buat. Oleh karena itu, penting untuk mengenal software atau aplikasi pembuat konten online training yang gunakan.

5. Berikan Humor sebagai Sisipan Dalam Konten

Selain memberikan unsur unik dalam konten online training, ada baiknya jika juga menyisipkan humor di dalam konten. Memanfaatkan waktu untuk belajar sebanyak-banyaknya memang bagus, tapi tidak bisa dipungkiri bahwa waktu belajar yang lama justru membuat pembelajaran semakin tidak efektif karena peserta mudah merasa bosan.

Tidak ada salahnya jika menerapkan cara membuat materi online learning dengan menyisipkan humor di dalamnya. Humor bisa diberikan dalam bentuk teks, gambar atau bahwa video lucu sebagai intermezo agar pikiran para peserta tidak terlalu terbebani karena terlalu serius mengikuti pembelajaran dalam training.

 Bisa memberikan waktu sekitar 5 menit untuk memberikan humor dalam konten online training tersebut. Bisa menyisipkan konten lucu yang tentunya juga berkaitan dengan tema yang disampaikan dalam konten. Misalnya, sedang membahas tentang kepemimpinan maka bisa menyisipkan konten lucu tentang gaya kepemimpinan.

6. Gunakan Tenaga Profesional dalam Pembuatan Materi

Pentingnya konten dalam kesuksesan training online membuat untuk tidak boleh sembarangan membuat konten. Tidak mudah bagi kita untuk membuat konten online training yang berkualitas dan menarik, apalagi jika tidak familiar dengan berbagai software atau aplikasi pembuatnya sehingga dibutuhkan tenaga profesional di bidang pembuatan konten.

Cara membuat materi online learning ini lebih menglkan keberadaan tenaga profesional di bidang pembuatan konten, baik teks, gambar atau video. Hasil konten dari tenaga profesional tentunya lebih berkualitas dan lebih sesuai dengan apa yang diharapkan. Namun, ada beberapa yang harus siapkan sebelum menggunakan tenaga profesional.

Misalnya saja, harus menyiapkan budget khusus untuk membayar tenaga profesional tersebut. Selain itu, keuntungan menggunakan tenaga profesional ini justru lebih banyak karena pekerja pembuat konten atau HR perusahaan memiliki waktu lebih untuk mengurus pekerjaannya sendiri karena pembuatan konten sudah diurus oleh tenaga profesional.

7. Gunakan Platform Simpel dan Interaktif

Selain menggunakan tenaga profesional, juga bisa memanfaatkan platform simpel dan interaktif dalam pembuatan konten sebagai cara membuat materi online learning. Sekarang ini, banyak platform yang bisa dimanfaatkan dalam pembuatan berbagai jenis konten, mulai dari teks, gambar hingga video sehingga lebih mudah menentukan platform.

Pekerjaan HR perusahaan sebenarnya bukan hanya pembuatan konten online training sehingga lebih baik menggunakan platform yang simpel agar tidak memberatkan pekerjaannya. Platform interaktif juga harus dijadikan pilihan agar para peserta tidak kesulitan dalam mengakses konten dan tidak kesulitan dalam memberikan pertanyaan atau tanggapan.

Bagi yang membutuhkan platform simpel dan interaktif dalam mengelola pelaksanaan training, ada baiknya menggunakan software LMS dari codemi.co.id.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Ketika Anda mulai bekerja di suatu perusahaan, Anda harus sudah siap menghadapi berbagai tantangan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengikuti manaj

Codemi Publication

Kualitas SDM sangat membawa pengaruh bagi kelangsungan hidup perusahaan. Hal inilah yang melatarbelakangi alasan pentingnya kualitas SDM dengan mer