6 Jenis Pelatihan SDM untuk Menghasilkan Karyawan Unggulan

Karyawan merupakan aset perusahaan yang sangat berharga. Tanpa karyawan yang berkualitas, perusahaan akan sulit untuk bertahan apalagi berkembang di tengah sengitnya kompetisi bisnis. Karenanya, pelatihan SDM begitu diperlukan. Pelatihan SDM seharusnya tidak hanya dilakukan di awal perekrutan karyawan, namun juga terus dilakukan selama masa kerja karyawan tersebut. Apa saja jenis pelatihan SDM yang dirasa esensial dalam eksistensi perusahaan Anda? Berikut ini penjelasannya. 

Orientasi

Orientasi bukan hanya dilakukan ketika baru memasuki jenjang perkuliahan saja, namun juga penting sekali untuk menyambut para karyawan baru dalam bisnis Anda. Jenis pelatihan SDM yang satu ini memiliki fungsi yang cukup krusial, yakni menyelaraskan karyawan dengan nilai inti perusahaan. 

Apa saja hal-hal yang harus disampaikan dalam orientasi? Mulailah dengan perkenalan soal perusahaan seperti visi dan misi serta sejarah berdirinya perusahaan. Jelaskan juga soal budaya kerja di perusahaan tersebut dan juga kebutuhan administratif yang wajib dilakukan oleh karyawan, contohnya seperti username dan password untuk masuk ke website, pemberian alamat email resmi, akses fasilitas perusahaan, dan lainnya. Hal terpenting yang harus diingat adalah untuk membuat karyawan merasa mereka diterima dengan baik dan membangun sense of belonging. 

Pelatihan on-boarding

Berbeda dengan orientasi, pelatihan SDM on-boarding ini lebih terfokus pada departemen di mana karyawan tersebut akan ditempatkan. Jadi, sebaiknya bicarakan dengan head department untuk merancang pelatihan SDM ini secara sistematis. Tujuannya adalah agar karyawan baru tersebut bisa merasa percaya diri untuk mulai bekerja di posisi barunya. 

Biasanya, pelatihan on-boarding dilakukan dengan menetapkan satu atau dua orang mentor yang akan membimbing karyawan tersebut selama beberapa minggu ke depan. Dalam pelatihan SDM ini, karyawan baru akan belajar soal sistem kerja, sosialisasi dengan rekan kerja, dan pengetahuan dasar lainnya. Di akhir masa on-boarding, head department akan menilai kinerja karyawan baru untuk menentukan apakah pelatihan on-boarding yang dilakukan sudah cukup sukses atau belum. 

Pelatihan skill teknis

Sehebat apapun itu seorang karyawan, pastinya akan selalu ada kesempatan untuk belajar lebih banyak. Lagipula, zaman selalu bergerak maju, begitu pula dengan skill teknis. Terutama skill teknis atau hard skill yang berkaitan dengan teknologi digital seperti IT, data analyst, content writing, programming, dan digital marketing. Maka dari itu, pelatihan SDM untuk mengembangkan serta menambah skill teknis penting sekali untuk dilakukan. 

Pelatihan SDM ini berlaku untuk seluruh lapis karyawan, baik itu yang sudah veteran maupun yang masih baru. Pelatihan skill teknis juga bisa dimasukkan ke dalam bagian pelatihan on-boarding jika memang diperlukan. Sebagai tips, Anda bisa membentuk jadwal pelatihan skill teknis di beberapa departemen untuk bisa memonitor seberapa jauh perkembangan training karyawan. Dengan begitu, akan lebih mudah juga bagi Anda untuk memperbaharui materi pelatihan skill teknis di masa depan. 

Baca juga: Jenis-jenis dan Manfaat Training untuk Karyawan

Pelatihan soft skill

Skill teknis memang sangat berharga dalam dunia profesional, namun jangan lupakan pentingnya memiliki soft skills. Bila diibaratkan sebagai mobil, skill teknis layaknya bensin sementara soft skill layaknya oli yang dapat memuluskan jalannya mobil tersebut. Selain itu, sejumlah studi juga membuktikan bahwa kualitas soft skill yang di bawah rata-rata dapat memengaruhi kesuksesan sebuah perusahaan dan meningkatkan level pergantian karyawan. 

Sejumlah topik seputar pelatihan SDM untuk mengasah soft skill antara lain cara berkomunikasi yang baik, teknik problem solving, sikap kepemimpinan, kecerdasan emosional, cara mengatur waktu secara adil, etika dalam bekerja, kemampuan bekerja sama, dan lain sebagainya. 

Pelatihan bahasa

Bagaimana cara mengukur kesuksesan sebuah bisnis? Ada banyak caranya, namun salah satunya yang tidak bisa terlewatkan adalah dari progress perkembangan bisnisnya. Globalisasi semakin memudahkan sebuah perusahaan untuk menjalin hubungan bisnis dengan perusahaan lokal dan juga perusahaan multinasional. 

Untuk itu, jangan lewatkan pelatihan bahasa bagi karyawan Anda, terutama bahasa Inggris yang sudah dipakai secara luas di Indonesia. Selain bahasa Inggris, ada baiknya untuk menyediakan pelatihan bahasa-bahasa asing lainnya yang dirasa dapat membawa manfaat bagi perusahaan. 

Pelatihan untuk naik jabatan

Semakin tinggi jabatan, semakin besar juga tanggung jawab yang harus diemban. Karenanya, perusahaan pun harus menyediakan pelatihan SDM untuk mempersiapkan karyawan dalam menghadapi posisi kerja baru yang lebih krusial. Pelatihan SDM ini bisa dilakukan sebelum promosi jabatan untuk melihat apakah karyawan sudah mampu dan siap mengemban posisi kerja yang baru.

Sudahkah perusahaan Anda rutin melakukan 6 jenis pelatihan SDM di atas? Kini, pelatihan SDM semakin mudah dan fleksibel dengan Codemi. Dalam 1 platform, perusahaan Anda sudah bisa mengakses konten-konten pembelajaran menarik dan evaluasi perkembangan training masing-masing karyawan. Tingkatkan kualitas SDM di perusahaan Anda bersama Codemi!

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article

Ada beberapa strategi mempertahankan SDM yang perlu diketahui terkait masalah gaji. Banyak hal terkait gaji yang membuat beberapa karyawan memutusk

Dalam melakukan rekrutmen karyawan mewajibkan dapat menghemat waktu dalam memilih dan seleksi berkas yang diperlukan. Dari sekian banyak pelamar te

Unduh Codemi Learning Report 2021

X