6 Cara Meningkatkan Moral Karyawan

Meningkatkan moral karyawan dapat menarik pelanggan sehingga dapat memberi manfaat pada perusahaan. Cukup dengan melakukan perubahan kecil pada tempat kerja, suasana hati dan performa karyawan dapat meningkat.

Moral merupakan rasa percaya diri, antusiasme dan keseluruhan pemenuhan. Moral baik akan berjalan dengan budaya perusahaan. Apabila pekerja datang ke kantor dalam wajah masam, maka moral mereka cukup rendah.

Perusahaan dapat membangun rasa kekeluargaan sehingga tercipta hubungan erat antar pekerja. Kemudian akan tumbuh perasaan positif dalam diri mereka sehingga mampu meningkatkan produktivitas.

Hal ini didukung dengan interaksi antar karyawan yang menumbuhkan kolaborasi dan kerja sama tim. Sehingga tercipta kinerja positif yang membantu pertumbuhan perusahaan. Tidak hanya mengenai laba tetapi juga hal lain seperti citra positif.

Program Meningkatkan Moral Karyawan yang dijalankan HR

HR mempunyai peran penting dalam membangun moral pekerja. Sehingga mereka dapat membawa nama baik perusahaan. Hal ini tergolong etos kerja yang tidak dapat dipisahkan dari dunia bisnis.

Untuk dapat membangun moral pekerja, dibutuhkan strategi dan langkah tepat. Proses tersebut tentu tidak mudah untuk dilakukan. Terdapat berbagai tantangan dan rintangan yang akan dihadapi.

Di samping itu, terdapat banyak hal yang dapat dilakukan sebagai upaya untuk menumbuhkan moral pekerja. Sehingga perusahaan akan mempunyai karyawan sopan. Hal ini dapat menciptakan lingkungan kerja kondusif.

Tim yang menjalankan hubungan tulus akan membuat setiap pekerja merasa mendapat dukungan. Juga merasa bebas dari penghakiman dan mendorong pekerja mencoba hal baru tanpa rasa takut atau khawatir.

Mempertahankan karyawan akan lebih mudah dan murah daripada merekrut orang baru. Membangun moral mereka juga lebih baik daripada harus mencari pengganti. Hal ini juga membantu menemukan bakat terpendam mereka.

Hal ini sama dengan pelanggan. Akan mudah bagi perusahaan untuk mempertahankan pelanggan lama daripada harus mencari pelanggan baru. Sehingga tidak aneh bila melakukannya terhadap karyawan.

Untuk meningkatkan moral karyawan, seorang HR perlu menerapkan berbagai pengalaman. Perasaan nyaman akan lebih diidamkan pekerja daripada sekedar kenaikan gaji. Punya gaji banyak namun merasa tersiksa justru tidak diinginkan oleh pekerja.

Ada banyak cara untuk membangun moral, tidak hanya melalui kenaikan gaji. Sikap positif lebih perlu diciptakan dalam perusahaan sehingga karyawan dapat bekerja secara maksimal tanpa beban.

Kepuasan kerja yang dirasakan oleh karyawan akan meningkatkan kesejahteraan mereka. Budaya perusahaan sehat juga membantu meningkatkan produktivitas pekerja dan tim.

Cara Efektif Meningkatkan Moral Karyawan dalam Perusahaan

Perusahaan yang mempunyai sikap pekerja dan moral tinggi akan menciptakan good brand employee di mata publik. Berikut 6 cara efektif dimana bisa dilakukan untuk membangun moral.

Pengakuan atas Prestasi

Pekerja umumnya merasa senang ketika mendapat pengakuan. Tidak harus berupa bonus atau tambahan gaji. Cukup dengan ucapan sederhana yang menghangatkan hati dan menambah semangat kerja.

Memberikan Hak Berbicara

Beri pekerja kesempatan untuk didengarkan, baik itu mengenai pendapat, ide atau permasalahan yang sedang dihadapi. Kemudian HR dapat bertindak berdasarkan umpan balik dengan melibatkan mereka.

Cara ini dapat diterapkan dengan mengirim survey secara berkala. Apabila karyawan mengeluhkan mengenai tempat kerja yang membuat stres, mungkin terdapat alur kerja perlu diubah.

Mendukung Kesehatan

Perusahaan perlu mendukung kesehatan pekerja baik secara fisik maupun mental. Banyak orang merasa tertekan atas pekerjaan sehingga mengalami gangguan mental. Namun tidak banyak perusahaan menaruh perhatian pada kesehatan mental.

Untuk mencegah gangguan pada kesehatan mental, dapat memberi waktu istirahat cukup. Tujuannya agar kehidupan pekerjaan dan pribadi dapat berjalan secara seimbang. Beban pekerjaan terlalu berat dapat menyebabkan stres berkepanjangan.

Menghidupkan Budaya

HR mempunyai tanggung jawab untuk menyampaikan budaya perusahaan kepada pekerja. Kemudian memastikan mereka melaksanakannya selama bekerja. Anda juga perlu mengondisikan tempat kerja yang ramah untuk penerapan budaya tersebut.

Komunikasi

Komunikasi transparan perlu ditekankan selama bekerja. Banyak karyawan mungkin merasa jauh dari tim karena komunikasi yang kurang jelas. Anda harus membantu mereka untuk tetap terhubung.

Bangun Kepercayaan

Sebuah perusahaan dapat berjalan lancar apabila pemimpin dan HR menaruh kepercayaan pada karyawan. Anda perlu menunjukkan kepercayaan kepada mereka melalui pemberdayaan sumber daya manusia. Sehingga mereka dapat berkembang atas jasa perusahaan.

Perusahaan tidak hanya berisi karyawan yang bekerja. Akan tetapi juga diperlukan moral tinggi agar mereka dapat bekerja secara maksimal namun dengan perasaan nyaman. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan moral karyawan. Simak juga ulasan mengenai alasan mengapa moral karyawan menurun disini.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article

Ada beberapa strategi mempertahankan SDM yang perlu diketahui terkait masalah gaji. Banyak hal terkait gaji yang membuat beberapa karyawan memutusk

Dalam melakukan rekrutmen karyawan mewajibkan dapat menghemat waktu dalam memilih dan seleksi berkas yang diperlukan. Dari sekian banyak pelamar te

Unduh Codemi Learning Report 2021

X