6 Cara Mencapai Target Penjualan di Tengah Gejolak Ekonomi

Kondisi pandemi ini memicu banyak sekali gejolak perubahan. Tak terkecuali perubahan di sektor ekonomi. Sebagian besar pengusaha memilih untuk melakukan banyak penyesuaian demi menjaga stabilitas bisnis. Tidak sedikit yang kemudian kesulitan mencari cara mencapai target penjualan dan terpaksa harus melakukan efisiensi biaya operasional.

Jika bisnis Anda adalah salah satu yang mengalami dampak negatif dari pandemi ini, maka Anda perlu segera menggenjot lagi skill SDM yang ada.

Berikut ini beberapa cara mencapai target penjualan yang bisa bisnis Anda terapkan untuk kembali memotivasi karyawan yang ada dalam menyesuaikan rutinitas kerja di tengah gejolak ekonomi.

Tetapkan deadline

Cara mencapai target penjualan yang pertama dapat dimulai dengan menetapkan deadline yang jelas, yakni menentukan kapan tenggat waktu sebelum dilakukan peninjauan terhadap capaian target penjualan. Untuk menetapkan deadline ini pun tidak sembarangan. Perlu dilakukan perhitungan kembali dengan menyertakan kondisi terkini sebagai pertimbangan utama.

Gunakan juga laporan penjualan di periode sebelumnya sebagai acuan untuk menetapkan deadline. Periksa rentang waktu rata-rata yang dibutuhkan oleh pekerja untuk mencapai target penjualan. Lalu, sertakan pula elemen pertimbangan lainnya, semisal jumlah pekerja yang aktif sekarang ini, jam kerja yang berlaku, serta sistem kerja yang diterapkan (work from office atau work from home).

Perjelas target kerja

Target penjualan juga harus dievaluasi kembali, sekiranya perlu dibuat penyesuaian serupa deadline di atas. Untuk melakukannya, Anda dapat menerapkan kembali perbandingan dengan periode penjualan sebelumnya. Tinjau apakah target kerja yang lama masih relevan untuk diterapkan di tengah kondisi ekonomi dan bisnis terkini.

Gunakan metode SMART untuk memastikan target kerja sesuai. Specific (spesifik), Measurable (dapat diukur), Achievable (realistis dan dapat dicapai), Relevant (relevan), dan Timed (memiliki jangka waktu pencapaian). Cara mencapai target penjualan ini juga dapat memberi Anda kesempatan untuk melihat potensi baru yang bisa diraih di tengah kondisi yang tidak terlalu menguntungkan.

Rancang daftar kerja

Setelah selesai dengan tenggat waktu juga target yang sudah lebih jelas kini, cara mencapai target penjualan berikutnya adalah membuat rancangan daftar kerja. Rancangan pekerjaan ini dibuat dengan berpatokan dengan dua poin awal tadi. Anda bisa mulai dengan memeriksa kembali database Anda, mulai dari performa pekerja, data produk-produk unggulan, produksi, distribusi, penjualan, dan seterusnya. 

Lalu, siapkan rancangan kerja dengan membuat milestone kerja. Untuk mencapai target penjualan, mulailah dengan langkah-langkah kecil. Misalnya dari prioritas produk yang akan dijual, metode promosi yang lebih efektif, lalu layanan transaksi yang lebih efisien.

Baca juga: Penerapan Strategi Pengembangan SDM untuk Menghadapi Era Digital

Segera riset konsumen

Cara mencapai target penjualan berikutnya adalah melakukan riset konsumen. Tujuannya untuk memeriksa perubahan-perubahan pada kebiasaan konsumsi mereka. Dari sini akan diperoleh wawasan baru untuk membantu Anda mengeksekusi rancangan daftar kerja yang sudah dibuat tadi. Rancang strategi yang paling sesuai atau relevan dengan perubahan tersebut.

Jika konsumen kini lebih memilih untuk melakukan belanja secara daring semisal, maka Anda harus membuka lapak secara daring pula untuk menjangkau pasar yang lebih besar. Lalu, layanan daring macam apa yang dirasa paling dibutuhkan oleh konsumen ini agar berbelanja produk bisnis yang Anda kelola terasa lebih mudah dan nyaman. Ini hanya contoh, tentu masih banyak informasi penting tentang konsumen yang bisa diperoleh dari riset tersebut.

Perluas networking

Kompetitif boleh saja dalam berbisnis, tetapi jangan sampai ini menghambat kesempatan untuk melakukan networking. Pastikan pekerja paham bahwa membangun hubungan baik dengan siapapun itu dalam lingkup bisnis sangatlah penting. Manfaatnya tentu saja tidak sedikit. Ada kesempatan memperluas pasar di sana, ada kesempatan mendapat informasi berguna, serta ampuh menjadi cara mencapai target penjualan dengan lebih mudah.

Networking tentu saja tidak hanya terbatas dengan konsumen. Memperluas networking berarti dengan siapa saja, bisa jadi itu supplier, mitra kerja, kreditur, atau investor. Dengan kata lain, pastikan Anda terlibat dengan lingkaran yang positif dan memberi dampak baik pada pertumbuhan bisnis itu sendiri.

Kembangkan kompetensi dan terus belajar 

Jangan berhenti belajar. Potensi dan skill bisa saja tidak terpakai lagi jika tidak dikembangkan lebih jauh. Perkaya ilmu serta asah hobi yang bisa membantu Anda mengembangkan kompetensi lain di dalam diri. Dengan belajar dan mengembangkan diri, bukan tidak mungkin Anda dapat menemukan lebih banyak cara mencapai target penjualan yang jauh lebih efektif untuk dilakukan di masa depan.

Mengembangkan diri pun kini bisa dilakukan dengan efisien. Bersama Codemi, manajemen pembelajaran berbasis cloud, Anda dapat melakukan pelatihan dan pembelajaran bagi SDM dengan lebih mudah. Akses secara online memungkinkan platform Codemi untuk dipakai kapan saja dan di mana saja dengan mudah.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Mengamati perusahaan besar, pasti ada kebijakan bahwa karyawan harus diberikan pelatihan. Baik kepada karyawan yang baru saja selesai mengikuti sel

Codemi Publication

Bagi seorang pemilik bisnis, tentunya harus memahami bagaimana mengelola karyawan milenial di era teknologi digital ini. Mengingat saat ini generas