5 Tips Onboarding Karyawan yang Wajib Diketahui Perusahaan

Mengetahui tips onboarding karyawan adalah sesuatu yang penting bagi perusahaan. Setiap orang yang menjadi anggota atau member baru di sebuah organisasi tentu perlu melakukan penyesuaian diri. Penyesuaian diri tersebut bertujuan agar dapat menjalankan fungsinya sesuai visi dan misi organisasi serta mampu menampilkan performa positif di dalam organisasi tersebut.

Ini berlaku juga pada karyawan yang baru saja diterima dan bergabung pada sebuah perusahaan. Penyesuaian diri sangat dibutuhkan untuk dapat menunjukkan kinerja positif selama bekerja di perusahaan. Besar kemungkinan setiap karyawan baru merasa belum terbiasa sehingga mengakibatkan kebingungan tentang apa yang harus mereka lakukan pertama kali setelah diterima kerja.

Inilah pentingnya tips onboarding karyawan. Tidak hanya individu tersebut yang perlu beradaptasi dengan suasana baru. Tetapi perusahaan juga perlu melakukan beragam hal agar anggota barunya merasa diterima serta nyaman saat bekerja. Dengan cara ini, pada akhirnya perusahaan juga diuntungkan karena produktivitas kerja secara keseluruhan dapat meningkat.

Di sisi lain, individu yang baru bergabung tadi juga mendapat keuntungan berupa kenyamanan saat menjalankan pekerjaannya. Mereka dapat menempatkan diri secara tepat di lingkungan kerja. Dan hal terpenting adalah mereka mengetahui apa saja job description yang menjadi tanggung jawabnya. Tetapi sebelum itu, pahami dulu apa itu proses onboarding secara rinci.

Apa Itu Proses Onboarding Karyawan

Sebelum membahas lebih jauh tentang tips onboarding karyawan, alangkah baiknya memahami definisinya terlebih dahulu serta pentingnya proses tersebut bagi perusahaan. Onboarding merupakan suatu proses dimana karyawan melakukan penyesuaian diri dengan lingkungan kerja, jenis pekerjaan, orang-orang yang terlibat dalam pekerjaan tersebut, hingga budaya kerja serta cara komunikasi.

Sederhananya, onboarding adalah proses penyesuaian diri karyawan di tempat kerja barunya melalui serangkaian langkah strategis. Langkah strategis tersebut tidak lepas dari peran perusahaan atau tempat kerjanya. Bahkan perusahaan tempat bekerja dalam hal ini departemen HR memiliki peran besar atas kesuksesan proses tersebut. Proses ini bisa berlangsung dalam waktu beberapa bulan.

Melihat definisinya, mungkin beberapa pihak beranggapan bahwa proses penyesuaian diri tersebut sangat mudah dan tidak perlu memakan waktu panjang. Akan tetapi pada kenyataannya tidak jarang onboarding tidak berjalan lancar. Salah satu parameter untuk mengukur kesuksesan onboarding adalah jika karyawan mampu bertahan sekurang-kurangnya satu tahun di tempat bekerja tersebut.

Karena ada banyak sekali karyawan yang baru saja diterima tidak mampu bertahan di kantor tersebut dalam waktu lama. Hal tersebut salah satunya bisa diakibatkan oleh hasil proses program orientasi pada awal bergabungnya karyawan baru. Maka dari itu perusahaan harus mengambil langkah-langkah strategis dengan beberapa tips onboarding karyawan berikut ini.

1. Melakukan Company Tour Sebagai Langkah Awal

Company tour merupakan suatu langkah awal yang sangat umum dilakukan oleh perusahaan. Ini adalah langkah pengenalan yang paling dasar kepada para karyawan baru. Company tour bisa dilakukan dengan menugaskan seorang senior atau yang sudah lebih dulu bekerja di company tersebut untuk memberikan penjelasan kepada anggota baru.

Tips onboarding karyawan dengan cara company tour tidak sebatas pengenalan perusahaan secara bangunan fisik saja. Akan tetapi lebih kepada memperkenalkan divisi atau departemen apa saja yang ada di company terkait. Selain itu juga memberikan deskripsi singkat mengenai deskripsi job masing-masing divisi.

Proses ini juga memungkinkan karyawan baru untuk melihat dan bertemu dengan orang-orang dari berbagai divisi. Yang mana nantinya akan bekerja sama dalam pekerjaan untuk menunjang produktivitas perusahaan. Langkah ini sangat penting dan sebaiknya tidak disepelekan. Untuk itu akan lebih baik jika menyediakan SDM mumpuni ketika mendampingi selama company tour.

2. Menciptakan Suasana Interaktif Selama Proses

Tips onboarding karyawan berikutnya adalah menciptakan suasa interaktif selama proses tersebut. Interaksi antara pegawai lama dan pegawai baru yang tercipta dapat membangun suasana lebih cair. Ini menjadikan proses pengenalan kepada individu atau anggota baru akan lebih efektif dan tidak menegangkan.

Ada banyak cara untuk menciptakan suasana interaktif ketika proses pengenalan ini. Misalnya dengan memanfaatkan momen briefing pada pagi hari sebelum aktivitas bekerja dimulai. Momen ini bisa digunakan untuk mengajak interaksi pegawai baru dengan percakapan santai dan tidak terlalu serius. Sehingga bisa diibaratkan layaknya ice breaking agar masa pengenalan tidak kaku.

Suasana interaktif yang terbangun dengan baik dan lancar dapat membangkitkan semangat pada karyawan. Mereka akan merasa lebih diterima di lingkungan kerja yang baru saja mereka tergabung di dalamnya. Di samping itu, komunikasi yang terbangun dengan baik juga menjadi awal teamwork kuat dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan.

3. Berikan Tugas dengan Beban Kerja Bertahap

Tips onboarding karyawan selanjutnya yaitu memberikan pekerjaan dengan beban yang tidak terlalu berat. Setelah HR memberikan gambaran tentang job description pegawai baru, tentunya akan diberikan tugas-tugas sesuai deskripsi pekerjaannya. Langkah strategi yang perlu diambil oleh HR adalah tidak memberikan beban kerja tinggi di masa-masa awal.

Sebaliknya, berikan tugas dengan beban kerja yang lebih ringan sebagai pengenalan dan permulaan. Langkah ini dilakukan untuk mendongkrak semangat karyawan baru sehingga spiritnya tidak kendor. Dengan semangat yang tetap terjaga bahkan terus meningkat, tentu ini memberikan keuntungan tersendiri bagi perusahaan. Semangat tinggi artinya produktivitas juga tinggi.

Lain halnya jika perusahaan langsung memberikan tugas dengan beban kerja berat di awal. Otomatis ini dapat mengendurkan semangat para karyawan baru. Mereka jadi lebih sulit beradaptasi dengan pekerjaan baru mereka. Alhasil performa kerja menurun dan berdampak pada produktivitas perusahaan. Bahkan bisa menimbulkan hal fatal seperti karyawan keluar dari perusahaan.

4. Melibatkan Karyawan Baru dalam Perbincangan

Tips onboarding karyawan keempat yaitu melibatkan mereka dalam perbincangan. Banyak kasus yang terjadi di perusahaan adalah pegawai baru tidak mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan skillnya ketika berhadapan dengan banyak hal. Misalnya saat berdiskusi, manajemen konflik, rancangan kerja, atau bahkan perbincangan umum.

Agar proses onboarding dapat berjalan lancar serta menghasilkan output maksimal, ada baiknya melibatkan pegawai baru dalam berbagai perbincangan maupun diskusi. Dengan begitu mereka dapat belajar dengan praktek langsung di lapangan. Di samping itu, pegawai baru juga mendapatkan kesempatan menunjukkan kinerja nyatanya.

5. Membuat Program Onboarding Secara Online

Tips onboarding karyawan yang tidak kalah penting yaitu melakukannya secara online. Seiring perkembangan teknologi, kini semua hal dapat dilakukan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi digital maupun internet. Begitu juga pada proses onboarding bagi pegawai baru. Perusahaan dapat membuat program online yang mudah dan praktis.

Apalagi saat ini onboarding karyawan secara online sudah sangat mudah dilakukan dengan dukungan para pengembang melalui sistem LMS. Jadi perusahaan bisa merancang sedemikian rupa untuk menjalankan program tersebut. Di samping itu, pegawai baru juga dapat mengakses atau mempelajari berbagai hal secara online.

Codemi adalah perusahaan developer di bidang IT yang mengembangkan sistem manajemen pembelajaran. Dengan salah satu keunggulannya yaitu menjadi platform praktis dalam proses onboarding training. Dengan menggunakan platform codemi, perusahaan dapat menerapkan tips onboarding karyawan secara tepat, strategis, dan hasil maksimal.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Ketika Anda mulai bekerja di suatu perusahaan, Anda harus sudah siap menghadapi berbagai tantangan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengikuti manaj

Codemi Publication

Kualitas SDM sangat membawa pengaruh bagi kelangsungan hidup perusahaan. Hal inilah yang melatarbelakangi alasan pentingnya kualitas SDM dengan mer