LMS

5 Manfaat Learning Management System (LMS) untuk Kemajuan Perusahaan

Manfaat learning management system atau LMS di era modern semakin dirasakan oleh banyak pihak, tidak terkecuali bagi perusahaan. Perkembangan teknologi di zaman modern menghadirkan semakin banyak tuntutan kebutuhan. Semua aktivitas seolah dituntut untuk dikerjakan secara cepat. Namun bukan berarti ini menjadi sesuatu yang menyulitkan kegiatan manusia.

Justru sebaliknya, dengan kemajuan teknologi dan pengetahuan yang pesat kini banyak pekerjaan bisa dilakukan secara praktis, mudah, serta efisien. Pada dasarnya manusia adalah makhluk yang adaptif dengan segala kondisi. Sehingga jika terdapat permasalahan baru manusia akan mencari cara sedemikian rupa untuk mendapatkan solusi atas permasalahan tersebut.

Salah satu solusi yang menjawab kebutuhan masyarakat di era modern dan serba praktis adalah Learning Management System atau sering dikenal dengan istilah LMS. Ini merupakan suatu sistem manajemen pembelajaran berbasis teknologi digital dan online sehingga mudah diakses oleh siapa saja serta dikelola sedemikian rupa sesuai kebutuhan masing-masing.

Budaya belajar maupun pelatihan bagi masyarakat di tengah kemajuan teknologi mengalami berbagai pergeseran. Dari yang tadinya mengandalkan pertemuan fisik antara mentor dan trainer dengan trainee sekarang beralih ke cara lebih efisien yaitu secara online melalui LMS. Lalu apa saja manfaat learning management system khususnya bagi perusahaan? Ini jawabannya.

Mengenal yang Dimaksud dengan LMS

Sebelum mempelajari lebih jauh mengenai benefit berinvestasi pada LMS bagi sebuah institusi, ada baiknya mengenal terlebih dahulu apa itu LMS. Learning Management System (LMS) merupakan suatu sistem yang dibangun untuk mengakomodasi aktivitas pembelajaran berbasis elektronik (e-learning). Berdasarkan definisi tersebut, dapat dipahami bahwa LMS adalah platform menjalankan e-learning.

E-learning dengan LMS bukan hanya ditujukan bagi guru dan murid saja. Penerapan LMS sangat luas, yakni bisa digunakan oleh civitas akademik di perguruan tinggi, lembaga kursus online, hingga perusahaan. Perusahaan adalah salah satu institusi yang paling membutuhkan platform ini. Sehingga manfaat Learning Management System untuk instansi perusahaan memang besar.

Fungsi sistem pengelolaan pembelajaran ini sendiri mencakup banyak hal. Misalnya pendaftaran peserta pembelajaran, pembagian materi kepada peserta, pemberian tes untuk evaluasi materi, penilaian, hingga pembayaran. Jadi, bisa dibilang bahwa sistem ini adalah one stop solution untuk aktivitas belajar maupun pelatihan tanpa ribet. Nah, sekarang saatnya beralih ke manfaatnya untuk perusahaan.

1. Biaya Pengeluaran Menjadi Lebih Hemat

Manfaat Learning Management System yang pertama yaitu dapat membuat pengeluaran perusahaan menjadi lebih hemat. Perusahaan seringkali mengadakan pelatihan bagi para karyawannya. Hal ini tentu bertujuan untuk mengupgrade skill para karyawan sehingga dapat menunjukkan performa lebih baik di masa mendatang. Ini juga berdampak positif bagi perusahaan secara keseluruhan.

Sayangnya mengadakan pelatihan secara offline pastinya memakan biaya tidak sedikit. Setidaknya perusahaan memerlukan anggaran khusus untuk sewa tempat, konsumsi, akomodasi, hingga penyediaan materi. Apalagi jika pelatihan tersebut ditujukan untuk ratusan bahkan ribuan karyawan. Tentunya biaya yang dibutuhkan bisa semakin membengkak.

Namun dengan adanya LMS yang mengandalkan teknologi digital biaya-biaya tersebut bisa lebih ditekan. Sehingga perusahaan dapat melakukan penghematan dalam jumlah yang tidak bisa disepelekan. Karyawan atau peserta pelatihan dapat mengakses materi maupun tes evaluasi secara mudah melalui platform digital maupun internet. Jadi, perusahaan hanya perlu mengcover biaya tersebut.

2. Kegiatan Training bagi Karyawan Lebih Efisien

Manfaat Learning Management System kedua yaitu dapat memaksimalkan efisiensi waktu training bagi karyawan. Pelatihan atau training yang efisien sangat penting untuk diterapkan. Karena percuma saja membuang-buang waktu ketika mengadakan training untuk para karyawan namun hasilnya tidak memuaskan. Hal tersebut justru dapat mengganggu kinerja perusahaan.

LMS menawarkan sistem pengelolaan yang membuat kegiatan training menjadi lebih efisien. Perusahaan hanya perlu memberikan berbagai materi sesuai jenis training kepada para pegawai. Mereka dapat mengakses materi tersebut kapan saja dan dimana saja. Dengan demikian, tidak ada pembatasan waktu maupun tempat secara khusus.

Yang perlu dipersiapkan adalah menyediakan media elektronik seperti laptop, desktop, tablet, maupun smartphone. Tidak ketinggalan juga menyediakan koneksi internet yang stabil agar dapat mengakses materi pelatihan dengan cepat. Manfaat Learning Management System ini dapat mengoptimalkan pemberian materi pelatihan dengan lebih efektif.

Proses pembelajaran pada training konvensional secara offline seringkali tidak efisien karena banyaknya agenda yang sebenarnya bisa dilewati. Dengan penggunaan LMS ini, perusahaan dapat mengupayakan training dengan mengutamakan efisiensi waktu tetapi juga tidak mengabaikan kenyamanan peserta training. Itulah mengapa instansi perusahaan apalagi dengan ribuan karyawan perlu mempertimbangkan penggunaan platform ini.

3. Dapat Mengelola Data secara Terpusat

Manfaat Learning Management System ketiga adalah kemudahan dalam menyimpan serta mengelola berbagai data. Dengan adanya LMS, setiap instansi dapat melakukan pengelolaan materi maupun berbagai data penting lainnya dalam satu lokasi secara terpusat. Tentunya ini menjadi solusi praktis dibandingkan penyimpanan data secara manual atau konvensional.

Training perusahaan perlu dilakukan secara rutin untuk mencetak karyawan dengan skill mumpuni. Training rutin tersebut membutuhkan banyak materi yang harus dikelola dengan baik dari waktu ke waktu. Pengelolaan data bukanlah suatu hal mudah dan sederhana apalagi jika jumlahnya mencapai ribuan file. Pengelolaan secara konvensional dengan demikian bukan lah suatu jawaban.

Pengembang Learning Management System membangun sebuat sistem berteknologi mutakhir agar aktivitas pengelolaan dapat dilakukan secara lebih mudah dan praktis. Tidak hanya praktis saja, tetapi keamanan juga menjadi hal yang tidak kalah signifikan. Data-data yang sifatnya penting serta rahasia dapat disimpan dengan aman. Kuncinya yaitu, carilah developer LMS kredibel dan berkualitas.

4. Kemudahan Mengakses Materi Training

Manfaat Learning Management System berikutnya yaitu kemudahan ketika ingin mengakses berbagai materi dimana saja dan kapan saja. Saat perusahaan mengirimkan atau mengunggah materi baru melalui platform ini, karyawan dapat mengaksesnya secara langsung. Dengan demikian, karyawan tidak perlu kesulitan jika ingin mengupgrade kualitas dan kemampuan dirinya.

Ini terutama ditujukan bagi perusahaan berskala luas dimana telah memiliki kantor maupun karyawan di beberapa kota. Tentunya akan sulit dan memakan waktu serta biaya tersendiri jika ingin mengadakan pelatihan bagi semua karyawan. Padahal setiap SDM memiliki peran yang sama-sama penting. Dengan adanya LMS semua SDM bisa mempelajari materi tanpa kendala.

5. Dapat Mengevaluasi Perkembangan dengan Mudah

Manfaat Learning Management System yang tidak kalah penting bagi perusahaan adalah kemudahannya saat melakukan pemantauan atau monitoring terhadap perkembangan para karyawan. Setiap pembelajaran yang diberikan tentunya terdapat tujuan atau target. Nah, dengan LMS perusahaan dapat mengevaluasi sejauh mana perkembangan yang sudah dicapai karyawan.

Fitur-fitur di sistem manajemen pembelajaran memungkinkan instansi untuk melihat apakah karyawan telah mendapatkan materi pembelajaran sesuai kebutuhan mereka. Kemudian apakah target yang ditetapkan atas pemberian pembelajaran terkait sudah tercapai atau belum. Serta berbagai parameter perkembangan lainnya.

Untuk memperoleh manfaat-manfaat di atas, perusahaan perlu memilih platform LMS paling sesuai. Codemi adalah pengembang sistem manajemen training atau pembelajaran bagi perusahaan. Dengan platform ini, instansi bisa menerapkan e-learning pada setiap karyawan dimanapun berada. Silakan hubungi codemi.co.id agar manfaat Learning Management System bagi perusahaan lebih maksimal.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

1 Comment

    Leave Comment

    Your email address will not be published, Required fields are marked





    Related Article
    Codemi Publication

    Tidak sedikit pihak HR perusahaan mencari tips wawancara kandidat fresh graduate. Seperti kita tahu bahwa pelamar kerja memiliki beragam latar bela

    Codemi Publication

    Pandemi Covid-19 mengubah banyak aspek kehidupan, termasuk bagaimana tenaga kerja memandang tunjangan/insentif yang paling diinginkan karyawan. Sit

    Unduh Codemi Learning Report 2021

    X