5 Ide Kreatif Rayakan Work Anniversary

Perayaan work anniversary merupakan sebuah bentuk syukur karena selama ini Anda sudah mendapatkan apa yang belum tentu orang lain dapatkan. Angka pengangguran di Indonesia belum bisa dibilang rendah sehingga jumlah para pencari kerja masih terbilang banyak.

Bersyukurlah kalian yang saat ini menerima gaji tetap per bulan dan menjalankan rutinitas sebagaimana yang orang lain dambakan. Mengeluh sejenak adalah hal wajar, namun jangan lupa bersyukur karena nasib yang kerap dikeluhkan bisa jadi nasib harapannya banyak orang.

Lima Ide Merayakan Work Anniversary

Satu tahun bekerja sudah menjadi pencapaian terbaik untuk Anda, apapun alasan Anda bekerja. Baik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, mencari pengalaman, atau meniti jenjang karir di masa depan. 

Merayakan work anniversary adalah bentuk syukur dan apresiasi jika dilaksanakan oleh perusahaan atau atasan. Jika Anda adalah seorang HR maka ide merayakan peringatan kelipatan tahun bekerja bisa dengan beberapa kegiatan ini:

1. Mengenali Anggota Tim Lebih Dekat

Membuat karyawan merasa diakui dengan mengenal mereka satu per satu rasanya sulit untuk perusahaan yang jumlah karyawannya sudah ribuan. Sehingga cara paling pas memberikan apresiasi atas kerja keras mereka adalah membuat event publik.

Sekalipun salah satu bentuk work anniversary ini sifatnya tidak personal, namun secara psikologis dapat memberikan pengaruh baik. Salah satu dampak baiknya adalah karyawan merasa disemangati dan diperhatikan oleh para atasan atas kerja kerasnya.

Beberapa ide event acara publik untuk mengenal karyawan lebih dekat bisa melalui contoh-contoh berikut.

  1. Pesta atau di Indonesia barangkali lebih akrab dengan acara syukuran, apapun timeline acaranya. Tujuannya untuk memperingati kerja keras selama satu tahun, dua tahun, dan tahun-tahun ke belakang dan menjadi motivasi lebih baik di tahun depan.
  2. Membuat aplikasi khusus yang hanya bisa diakses oleh para karyawan untuk berbincang masalah pekerjaan maupun di luar masalah kerja. Salah satu implementasi work anniversary ini cukup unik, tapi layak dicoba.
  3. Membuat konten di media sosial perusahaan maupun media sosial pribadi akan membangkitkan rasa percaya diri para karyawan. Mereka akan lebih merasa diapresiasi dan secara bangga diakui di hadapan publik melalui postingan medsos.

Ketiga ide tersebut bisa menjadi referensi untuk Anda yang karyawannya sudah ribuan. Mengenal secara personal tentu sulit. Jadi, solusinya membuat acara publik yang pendekatannya personal.

2. Menyediakan Ruang Perencanaan Karir Virtual

Setiap tahun akan lahir potensi baru yang membuat perusahaan juga mengupgrade ekspektasi terhadap pekerja. Namun, kunci sebenarnya bukan mengeluarkan karyawan lama dan menggantinya dengan yang baru.

Alih-alih mengambil sumber daya baru yang dikatakan lebih matang, ada baiknya melakukan pelatihan kepada karyawan yang sudah ada. Peringatan work anniversary ini bisa dibagikan kepada para pekerja secara daring, seperti informasi terkait jenjang karir, dsb.

Perusahaan berhak memiliki ekspektasi kepada para pekerja, namun penting disadari bahwa pekerja juga memiliki ekspektasi terhadap perusahaan. Jadi, ketika perusahaan mengharapkan output 9 maka harus memberikan hak karyawan di angka 9 juga.

Harapan karyawan ini mengacu pada banyak hal, di antaranya gaji, jabatan, fasilitas bekerja, dan sebagainya. Anda sebagai atasan dapat merangkum apa isi hati dan pikiran para karyawan secara rutin satu tahun sekali untuk mempraktikkan perubahan.

Ketika karyawan merasa keluh kesah dan harapannya didengarkan maka akan lebih mudah membuat mereka bertahan lebih lama. Melalui peringatan work anniversary ini juga menjadi bentuk evaluasi bagi perusahaan untuk keberlangsungan bisnis jangka panjang.

3. Memberikan Penghargaan Secara Personal

Poin ini memberikan motivasi untuk karyawan lain dan memberikan apresiasi untuk karyawan penerima penghargaan. Dengan menyebutkan nama penerima sekaligus detail pencapaiannya maka akan lebih mudah untuk mendapat atensi karyawan.

Ketika karyawan merasa diapresiasi secara pribadi, bukan secara umum dan formalitas maka perayaan kerja ini berdampak baik terhadap psikologis mereka. Untuk mendapatkan data detail terkait karyawan, HR seharusnya menyediakan rapor yang diisi setiap bulan.

Rapor tersebut berisi pencapaian masing-masing karyawan sehingga ketika penyebutan penghargaan maka tidak terjadi kesalahan. Ada banyak bentuk kegiatan work anniversary yang pada intinya bertujuan untuk membuat karyawan merasa kehadiran mereka dihargai.

Para pekerja adalah aset jangka panjang dan kehadiran mereka harus dihargai jika perusahaan mau langgeng bertahan. Peranannya bukan hanya baik untuk internal perusahaan, tetapi juga baik untuk siap berkompetisi dengan para pesaing di lapangan.

4. Mendukung Badan Amal Pilihan Karyawan

Ide satu ini cukup unik karena belum tentu semua karyawan memiliki kepedulian sosial terhadap sesama. Jika Anda menemukan karyawan dengan jiwa sosial tinggi maka sebagai bentuk apresiasi, bisa memberikan dukungan moril maupun materi pada kegiatan mereka.

Namun, jika ternyata belum ditemukan karyawan yang memiliki kegiatan dengan badan amal maka Anda bisa memulainya sendiri. Minta tanggapan mereka untuk memilih badan amal sebagai bentuk perayaan work anniversary selama sekian tahun bekerja.

Bentuk dukungan atau sumbangsih terhadap badan amal ini sangat berpengaruh terhadap citra perusahaan di mata publik. Dan paling penting memengaruhi bagaimana karyawan menilai Anda sebagai atasan dalam memperlakukan sesama manusia.

Namun, ingat bahwa fokusnya adalah terhadap karyawan. Jadi, jangan sampai citra perusahaan di hadapan publik sangat baik, namun masih belum berhasil dalam memberikan citra baik juga di hadapan para karyawan.

Jadi, kuncinya adalah sebelum menghadirkan kesan baik di hadapan publik, hal utama yang harus dilakukan adalah memberikan kesan baik bagi para karyawan. Berbagai bentuk work anniversary yang kami bahas bisa menjadi inspirasi untuk HR bertindak.

5. Menyediakan Buku Tahunan

Mengabadikan catatan yang merangkum kinerja masing-masing karyawan setiap akhir tahun merupakan hal penting yang akan diingat karyawan. Melalui buku tahunan, karyawan bisa mengenal satu sama lain dan atasan bisa lebih mengetahui siapa saja para pekerjanya.

Melalui buku tahunan juga para pekerja dapat menuangkan pemikirannya selama ini dan memberikan input positif bagi perusahaan. Atasan sudah tidak perlu bingung lagi bagaimana mengenali satu per satu karyawannya, terutama yang potensial setelah membentuk buku.

Cukup meluangkan waktu setengah jam sehari untuk membaca seluruh profil karyawan maka Anda akan mengenal mereka secara lebih dekat. Perkenalan tidak langsung ini berpengaruh terhadap acara work anniversary tahun berikutnya.

Lebih dari itu, membaca isi pikiran para karyawan yang tertuang dalam buku tahunan memberikan ide bagi Anda untuk memperbaiki apa yang seharusnya diperbaiki. Kemudian meningkatkan berbagai aspek yang memberikan dukungan untuk produktivitas pekerja.

Kelima ide di atas bisa menjadi sarana peringatan hari kerja para pekerja yang mendedikasikan waktu serta tenaga berikut pikirannya untuk perusahaan Anda. Tanpa mereka, bisnis belum tentu bisa berjalan dengan lancar dan bertahan sejauh ini.

Ketika Anda menginginkan hasil optimal maka segala sesuatu mesti dipersiapkan secara maksimal. Ada banyak ide peringatan work anniversary yang bisa dilakukan, jangan lupa untuk menyesuaikan acaranya dengan kebutuhan dan budaya perusahaan Anda.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article

Seberapa pentingkah waktu sendiri bagi manusia? Maka jawabannya adalah sangat penting dan harus, mengapa demikian? Bukankah, Anda adalah makhluk so

Saat Anda tidak ingin bekerja sebenarnya bukan merupakan masalah serius, tetapi harus menjadi catatan penting sebelum semuanya menjadi lebih parah,