LMS

5 Cara Meningkatkan Learning & Training Program Perusahaan Anda

Learning & training program adalah program yang dirancang untuk meningkatkan kualitas kinerja karyawan baik dalam lingkup kelompok (tim) maupun individual. Pembelajaran dan pelatihan memungkinkan karyawan semakin menguasai bidangnya.

Di samping bidang yang digeluti, pembelajaran dan pelatihan juga mencakup lingkup lebih luas. Pemberian pembelajaran tersebut bertujuan untuk mencapai target strategi manajemen serta mewujudkan visi misi perusahaan secara menyeluruh.

Departemen yang bertanggung jawab dalam menyelenggarakan pembelajaran dan pelatihan harus mampu mengidentifikasi keterampilan karyawan. Agar selanjutnya dapat menemukan jenis pelatihan apa saja yang paling sesuai untuk mereka.

Cara Meningkatkan Learning & Training Program

Pada kenyataannya, melaksanakan program tersebut memiliki banyak tantangan. Mulai dari strategi manajemen hingga penyediaan dana perlu dipikirkan matang oleh perusahaan. Berikut ini 5 cara untuk meningkatkan program tersebut.

Tidak Terbatas pada Keterampilan Kerja

Perusahaan biasanya hanya memberikan pembelajaran dan pelatihan yang berkaitan erat dengan keterampilan kerja. Kenyataannya, ada keterampilan lain yang dapat menunjang kinerja seseorang tanpa harus berkaitan erat dengan pekerjaan.

Anda tentu saja menginginkan semua karyawan bukan hanya mampu bekerja secara optimal untuk mencapai target-target perusahaan. Akan tetapi, mereka juga harus mampu mewujudkan nilai-nilai inti dalam organisasi.

Pada dasarnya suatu bisnis tidak dapat mencapai hasil maksimal apabila hanya mengandalkan keterampilan kerja tanpa memahami nilai inti organisasi. Pemberian pembelajaran lebih luas memungkinkan mereka lebih menguasai banyak skill.

Menambah Referensi dari Kompetitor

Perusahaan yang baik tidak hanya fokus ke dalam tetapi juga memperhatikan kondisi luarnya. Yang dimaksud kondisi luar dalam hal ini adalah kolega hingga kompetitor. Perhatikan learning & training program yang mereka terapkan.

Amati bagaimana program tersebut bekerja pada kolega dan kompetitor dan apakah bisa diterapkan untuk karyawan perusahaan Anda. Dengan mendapatkan referensi dari luar, Anda dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bagi karyawan.

Di samping itu, perlu diperhatikan juga bahwa jenjang karir menjadi salah satu aspek paling dilihat pada suatu perusahaan. Perusahaan dengan kesempatan jenjang karir menarik lebih banyak diminati ketimbang hanya menyediakan kompensasi.

Mengikuti Perkembangan Teknologi

Era digital membuat perkembangan teknologi semakin pesat. Mau tidak mau, Anda harus beradaptasi dan mengikuti perkembangannya jika tidak mau tertinggal. Ini juga perlu diimplementasikan dalam kegiatan atau program pembelajaran dan pelatihan.

Salah satu teknologi yang dapat anda implementasi adalah Learning Management System (LMS). Codemi menyediakan LMS yang didukung dengan berbagai fitur yang dapat menunjang learning & training program perusahaan anda.

Pelatihan di era teknologi tidak bisa dilakukan secara tunggal atau terbatas. Perusahaan harus menemukan cara bagaimana membuat program pembelajaran secara berkelanjutan. Ini berarti perusahaan perlu melakukan perubahan dan memperbarui proses internal.

Jika perusahaan tidak mengubah proses internal dengan learning & training program kuno, karyawan akan mendapatkan beban lebih. Ini dikarenakan pelanggan memiliki ekspektasi lebih tinggi terhadap performa perusahaan.

Pertimbangkan Pendapat Karyawan

Cara untuk meningkatkan program pembelajaran dan pelatihan juga bisa dilakukan dengan mudah, yaitu sesederhana menanyakannya kepada karyawan. Tidak ada salahnya bertanya dan meminta pendapat mereka mengenai jenis atau bentuk pembelajaran.

Dengan melibatkan mereka secara aktif, karyawan merasa lebih diperhatikan oleh perusahaan. Bagaimanapun juga, nantinya mereka lah yang akan mengaplikasikan hasil pelatihan tersebut ke dalam pekerjaan.

Jadi, sangat penting untuk memperhatikan ketertarikan mereka terhadap suatu pembelajaran dan pelatihan tertentu. Di samping itu, performa trainer dalam memberikan training juga harus diperhatikan.

Pastikan Anda memperoleh feedback dari karyawan mengenai trainer yang mengajar. Ini bisa dijadikan bahan evaluasi untuk program selanjutnya. Memperhatikan feedback karyawan dapat meningkatkan engagement mereka sehingga reputasi perusahaan kian baik.

Memanfaatkan Perkembangan Proses Training

Kehadiran berbagai teknologi baru memungkinkan learning & training program dapat dilakukan dengan terobosan yang lebih menyenangkan. Misalnya dengan cara memanfaatkan augmented reality (AR).

Di mana realita diintegrasikan ke dalam tools teknologi dalam bentuk dua atau tiga dimensi secara real-time. Pemanfaatan teknologi tersebut menjadi cara baru yang nantinya semakin berkembang karena banyaknya manfaat dari sana.

Manfaat tersebut misalnya program pembelajaran bisa dilakukan lebih mudah serta menghemat waktu. Proses pembelajaran yang dilakukan secara cepat memberikan manfaat lebih optimal bagi karyawan maupun perusahaan.

Program pengembangan karyawan sangat penting sebagai langkah efektif menjaga engagement sekaligus meningkatkan produktivitas serta motivasi kerja mereka. Untuk itu, cara meningkatkan learning & training program di atas perlu dipertimbangkan.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Randi Bouty

Ada beberapa cara dalam menentukan gaji dan tunjangan untuk para pekerja remote yang perlu diketahui. Banyak variabel yang dapat dimasukkan dalam k

Randi Bouty

Tentang pelatihan karyawan harus diberikan secara tepat tidak hanya masalah tunjangan dari perusahaan. Melatih karyawan untuk mendapatkan keterampi

Unduh Codemi Learning Report 2021

X