10 Tips Rekrutmen untuk Menemukan Kandidat yang Lebih baik

Bagi seorang rekruter, mengetahui 10 tips rekrutmen merupakan hal yang sangat penting. Sebab, untuk menemukan kandidat karyawan yang baik ada tipsnya tersendiri. Sebab pada dasarnya, rekrutmen bukan hanya mencari karyawan saja. 

Tapi, mencari seseorang yang mampu bekerja sama, bertanggung jawab, dan mampu berinovasi pada bidang pekerjaannya. Untuk memudahkannya, Anda harus memiliki tips rekrutmen khusus. 

Tips ini akan memberikan rincian apa saja yang harus diperbaiki, dihindari, dan dilakukan ketika sedang merekrut calon karyawan. Tidak semua perusahaan atau tim rekrutmen memiliki tips ini. 

Sebab, diperlukan pengalaman dan jam terbang tinggi agar mampu menciptakan sistem rekrutmen yang memadai dan mendapatkan kandidat terbaik. Tapi Anda tidak perlu khawatir, sebab kami memiliki tips yang bisa Anda terapkan. Simak berikut ini.

Mengenal Tujuan Rekrutmen Lebih Dalam

Sebelum membahas 10 tips rekrutmen, kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai apa saja tujuan rekrutmen. Dengan demikian, Anda bisa menentukan kriterianya dan tidak hanya asal pilih saja.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa proses rekrutmen tidak hanya sekedar mencari karyawan untuk mengisi posisi yang kosong. Tapi, ada beberapa tujuan khusus yang harus dicapai yaitu:

  1. Menyampaikan kebutuhan perusahaan kepada calon kandidat bahwa perusahaan Anda sedang membutuhkan karyawan dengan kriteria tertentu.
  2. Memperluas daftar kandidat potensial, sebab informasinya disampaikan lebih luas kepada masyarakat.
  3. Mendapatkan karyawan yang masih produktif untuk jangka waktu yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan demikian, perusahaan akan memperoleh untung dari produktivitasnya.
  4. Menemukan karyawan yang sesuai dengan budaya perusahaan Anda. Oleh sebab itu, penerapan 10 tips rekrutmen sangat penting.
  5. Mendapatkan karyawan yang dapat membangun dinamika positif dalam perusahaan. Terutama dalam hubungan antara sesama karyawan.
  6. Mendapatkan karyawan yang mampu memberikan kepuasan kepada konsumen. Sehingga, pendapatan perusahaan dapat meningkat.
  7. Menemukan kandidat yang dapat bertanggung jawab baik secara sosial maupun secara hukum atas pekerjaannya.
  8. Menghindari adanya turnover antara karyawan dan perusahaan.
  9. Rangkaian rekrutmen dari awal hingga akhir juga dapat dijadikan sebagai evaluasi untuk rekrutmen di masa depan. Sehingga, prosesnya bisa lebih efektif dan efisien.

10 Tips Rekrutmen Agar Memperoleh Kandidat Terbaik

10 Tips Rekrutmen untuk Menemukan Kandidat yang Lebih baik

Setelah membahas mengenai apa saja tujuan khusus dari proses rekrutmen, pada pembahasan ini kami akan memberikan Anda tipsnya. Tips di bawah ini adalah kumpulan ide yang bisa diterapkan oleh siapa saja.

Dari 10 tips yang akan kami sampaikan, Anda bisa memilih salah satu atau beberapa untuk diterapkan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Perbaiki Sumber Kandidat Saat Proses Rekrutmen

Yang dimaksud dengan sumber kandidat adalah tempat khusus perusahaan memperoleh karyawan. Misalnya adalah LSM, universitas, agensi, dan lain sebagainya.

Baca: 10 Aplikasi Rekrutmen Karyawan Terbaik 2022

10 tips rekrutmen agar Anda memperoleh calon karyawan yang lebih baik adalah dengan memilih sumber berkualitas. Misal universitas unggulan atau pihak ketiga yang dikenal memiliki sumber daya berkualitas.

2. Pekerjakan Setelah Posisi dan Pekerjaan Kandidat Pasti

Pastikan perusahaan Anda hanya mempekerjakan ketika posisi dan pekerjaannya sudah pasti. Sehingga, karyawan baru nantinya tahu dengan jelas job deskripsinya dan dapat dengan cepat menyesuaikan.

3. Cari Kandidat Secara Internal Terlebih Dahulu

Tips rekrutmen berikutnya adalah lebih baik mencari calon karyawan untuk job tersebut secara internal. Artinya adalah Anda bisa menggunakan karyawan lama di perusahaan untuk menggantikan posisi tersebut.

4. Tonjolkan Reputasi Baik Perusahaan

Agar memancing kandidat berkualitas melamar di perusahaan Anda, maka tonjolkan reputasi baik perusahaan. Semakin baik reputasinya, maka akan semakin banyak kandidat yang tertarik.

Baca: Bagaimana Cara Meningkatkan Loyalitas Karyawan

5. Melibatkan Karyawan Lain

10 tips rekrutmen melibatkan karyawan lain maksudnya adalah mengikut sertakan karyawan di bidang yang untuk membuat soal tes atau wawancara. Dengan demikian, ia mampu mengeksplor pengetahuan kandidat mengenai pekerjaannya.

6. Menawarkan Gaji Lebih Besar

Dengan menawarkan gaji besar, kandidat akan lebih terpacu untuk terus bekerja dan produktif di perusahaan Anda. Lain halnya jika gajinya pas-pasan, karyawan cenderung malas dan tidak betah saat bekerja.

Baca: 9 Top Survei Kepuasaan Karyawan Penting Diketahui Perusahaan

7. Memberikan Benefit

Selain gaji besar, Anda juga harus menawarkan berbagai benefit menguntungkan pada kandidat. Dengan 10 tips rekrutmen ini, karyawan juga akan semakin menghargai pekerjaannya.

8. Tingkatkan Kemampuan Website Perusahaan

Website perusahaan dapat dimaksimalkan sebagai media rekrutmen. Jika berhasil ditingkatkan dan dapat digunakan untuk rekrutmen online, maka ke depannya proses rekrutmen akan lebih mudah.

9. Manfaatkan Media Sosial

Agar audiens yang mengetahui bahwa perusahaan Anda sedang open recruitment, maka Anda bisa meluaskan melalui media sosial. Anda bisa memanfaatkan facebook, instgaram, Linked In atau media sosial lainnya.

Baca: Serba Online, Inilah Strategi Membangun Merk di Sosial Media

10. Mengecek Candidate Reference

Candidate reference merupakan sebuah kontak referensi yang bisa Anda tanyai mengenai calon kandidat tersebut. Misalnya adalah perusahaan atau bos sebelumnya. 

Dalam proses pencarian kandidat karyawan terbaik, perusahaan tidak boleh sembarangan saat melakukannya. Ada beberapa tips, misalnya saja seperti 10 tips rekrutmen di atas.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

Workaholic yang Malas. Content Writer & Seo Specialist.

1 Comment

    Leave Comment

    Your email address will not be published, Required fields are marked





    Related Article

    Ada beberapa strategi mempertahankan SDM yang perlu diketahui terkait masalah gaji. Banyak hal terkait gaji yang membuat beberapa karyawan memutusk

    Dalam melakukan rekrutmen karyawan mewajibkan dapat menghemat waktu dalam memilih dan seleksi berkas yang diperlukan. Dari sekian banyak pelamar te

    Unduh Codemi Learning Report 2021

    X