10 Tanda Anda Overstressed

Ketahui apa saja tanda Anda overstressed sehingga dapat mengatasinya secara dini sebelum menimbulkan dampak berbahaya. Dalam kondisi para stress berlebih dapat memicu kematian bahkan di tengah pekerjaan.

Jadi ini bukan sekedar masalah mental biasa namun menyangkut hidup mati seseorang. Oleh karena itu kami disini ingin mencoba meningkatkan awareness agar orang Indonesia bisa mencegah hal seperti ini.

Meskipun dalam negeri kasus mati saat bekerja hampir tidak pernah ditemui namun gangguan mental akibat stress berlebih sudah banyak contohnya. Bahkan tidak sedikit orang cabul terpicu karena kondisi mentalnya terganggu.

Masalah mental tersebut dipicu oleh buruknya manajemen mental ketika menghadapi tuntutan pekerjaan. Bukan bermental lemah namun mereka tidak dapat melakukan manajemen secara optimal saja.

Sehingga wajar jika terjadi hal seperti ini terutama pada para pekerja muda yang seharusnya bisa produktif. Jadi mari kita pelajari bersama bagaimana mengetahui tandanya agar bisa mengatasinya sedini mungkin.

Apa Saja Tanda Anda Overstressed ?

Ada sepuluh tanda paling mencolok dan umum ditemukan pada para individu dengan tingkat stress tinggi. Jadi pelajari beberapa poin berikut ini sehingga bisa menjadikannya acuan guna melakukan tindakan mitigasi.

1. Jam tidur fluktuatif 

Ketika jam tidur sudah mulai berantakan disitulah tanda bahwa kondisi mental sedang tidak baik. Ini adalah tanda Anda overstressed dan butuh waktu menenangkan diri.

Bagi orang Indonesia masalah seperti ini dapat diselesaikan dengan melakukan liburan. Namun jangan terlalu sering karena akan membuat pikiran menjadi manja dan sulit bekerja keras.

Untuk mengatasi jam tidur yang berantakan biasanya orang luar negeri mengonsumsi obat tidur. Di Indonesia hal seperti ini tidak populer dan harganya juga bukan untuk gaji rendah.

Jadi untuk mengatasi agar waktu tidur menjadi kembali konsisten adalah tahu kapan harus berhenti bekerja. Jangan terlalu sering lembur dan memaksakan diri karena ini akan memicu banyak masalah.

2. Merasa depresi 

Perasaan frustasi dan depresi sering muncul ketika kita memiliki banyak pikiran termasuk karena pekerjaan. Sehingga ini adalah tanda Anda overstressed yang perlu dijadikan acuan.

Di Indonesia peredaran obat antidepresan sangat ketat regulasinya sehingga tidak semudah itu kita bisa beli di apotek. Oleh karena itu lakukan sesuatu hal yang dapat memberikan hiburan.

Misalnya bermain game, berolahraga, kencan, nonton film, dan sebagainya. Selama semua kegiatan tersebut memberikan kepuasan pada diri sendiri jika dilakukan secara rutin ini akan menjadi obat antidepresan alami.

Jadi tidak perlu menggunakan obat-obatan terlarang apabila ingin menangani depresi. Datang ke psikiater juga belum tentu menjadi solusi melihat banyaknya praktisi yang judgemental.

Baca Juga: 6 Langkah Sederhana Menghilangkan Stress

3. Kecemasan berlebih

Rasa cemas berlebih terkadang sering timbul tanpa alasan apabila kita memang memiliki banyak masalah. Ini merupakan tanda Anda overstressed dan butuh sesuatu untuk menenangkan diri.

Jika kecemasannya memang beralasan salah satu metode paling tepat adalah menghadapinya. Misalnya jika cemas karena deadline belum selesai maka kerjakan dulu sampai beres.

Apabila kecemasannya disebabkan oleh sesuatu yang tidak relevan seperti merasa ada orang ingin membunuhnya maka ini lain lagi ceritanya. Anda lebih baik mencoba datang ke psikolog.

Lihat apakah ada gangguan mental kronis yang butuh terapi sehingga bisa menyembuhkannya. Jangan datang ke psikiater karena itu bukan ranah mereka psikolog dan psikiater berbeda.

4. Sering merasa sakit kepala

Sakit kepala merupakan hal biasa terjadi apabila kita sudah kelelahan bekerja terlalu lama. Namun ketika sakit kepala itu datangnya tiba-tiba bahkan ketika istirahat waspadai mungkin ini tanda Anda overstressed.

Biasanya sakit kepala pada bagian belakang atau paling atas leher menjadi tandanya. Bagian tersebut sering sakit secara tiba-tiba namun beberapa saat kemudian bisa hilang sendiri.

Bagi kebanyakan orang ini memang sering diremehkan karena mengira itu hanya lelah saja. Padahal ketika sudah kondisinya seperti itu terjadi ketidakseimbangan produksi hormon dalam tubuh.

Jika dibiarkan berlarut-larut maka ini akan mempengaruhi tingkah laku sehingga Anda bukan menjadi diri sendiri. Bahkan dalam tahap lebih parah bisa membuat seseorang menjadi gila.

5. Masalah pencernaan

Ini merupakan tanda Anda overstressed yang paling sering ditemui di Indonesia. Biasanya para pekerja dengan deadline ketat akan sering sakit maag, sembelit, atau tiba-tiba diare.

Masalah pencernaan tersebut juga dapat berdampak pada menurunnya nafsu makan. Sehingga membuat kita kurang asupan kalori, akhirnya berat badan bisa turun drastis.

Apabila itu sudah terjadi salah satu solusinya adalah mengoreksi kembali rutinitas harian. Apakah Anda makan terlambat, tidur berantakan, kurang istirahat, dan terlalu banyak konsumsi junk food.

6. Tekanan darah tinggi

Salah satu tanda Anda overstressed adalah tekanan darah tinggi meskipun tidak beraktivitas sama sekali. Misalnya setiap hari pekerjaan hanya di depan laptop namun ternyata tekanan darah 140.

Hal seperti ini paling jarang diketahui karena kontrol tekanan darah bukanlah kebiasaan orang Indonesia. Kita bisa merasakannya apabila mudah lelah ketika beraktivitas sedikit.

Kemudian emosi mudah bergejolak (tidak hanya marah) sehingga membuat interaksi sosial menjadi aneh. Jika itu sudah terjadi salah satu metode paling pas digunakan mengatasinya adalah mulai hidup aktif.

Jangan hanya duduk manis saja dalam bekerja namun alokasikan waktu sebentar saja untuk olahraga. Itu sudah cukup menjadi pengganjal agar masalah darah tinggi karena stress dapat diturunkan.

7. Muncul jerawat

Tidak hanya terjadi pada wanita namun tanda Anda overstressed ini juga berlaku pada pria. Jika Anda memang memiliki wajah berjerawat lihat bagaimana pertumbuhan mereka semakin intens.

Intensitas tumbuhnya jerawat ini juga disebabkan oleh ketidakstabilan hormon dalam tubuh. Sehingga ini bisa memicu munculnya jerawat semakin intensif meskipun sudah pakai perawatan wajah.

Jadi ingat istirahat, lakukan refreshing agar tekanan mental tidak semakin menggilas pikiran. Apapun pekerjaannya itu semua tidak worth it apabila dalam belum usia empat puluh tahun sudah mati dulu.

8. Mudah sakit 

Beberapa orang memang memiliki kondisi imunitas tubuh rendah sehingga mudah sakit. Namun tanda Anda overstressed ini berbeda dengan masalah imunitas tubuh secara genetik.

Misalnya sebelum bekerja di entitas A Anda adalah orang yang sehat namun setelah bergabung jadi sering sakit. Ini adalah sebuah pertanda bahwa tekanan pekerjaan disana memang berat.

9. Pegal di sekujur badan

Rasa pegal di sekujur atau sebagian tubuh dapat terjadi karena buruknya sirkulasi oksigen. Itu bisa terjadi karena asupan oksigen habis semua naik ke otak sehingga otot kurang mendapatkannya.

Ini adalah tanda Anda overstressed berdasarkan peredaran oksigen dalam tubuh. Hal seperti itu wajar terjadi terutama ketika Anda memiliki prinsip kebut semalam sehingga kinerja otak dipaksa melebihi kapasitas.

Agar kondisi ini tidak terjadi alokasikan waktu tertentu untuk melakukan peregangan. Jika sudah bekerja dua jam tanpa henti luangkan waktu untuk meregangkan otot terlebih dulu.

10. Gairah seksual melemah 

Ini adalah kondisi paling parah yang tidak ingin dialami baik bagi pria atau wanita. Ketika gairah seksual sudah menurun artinya tingkat stress yang Anda alami memang sudah memuncak.

Dari semua informasi tadi dapat kita simpulkan bahwa sebenarnya mitigasi paling mudah mengatasinya adalah refreshing. Setiap orang pasti memiliki cara ideal untuk bersenang-senang melepas stress,

Bisa dengan jalan-jalan, bermain game, olahraga, minum bersama teman, atau sebagainya. Ingat apapun tekanan pekerjaan jika waktunya istirahat tidak masalah melupakan sejenak agar Anda tidak menjadi gila.

Jadi dengan mengetahui secara dini ciri tadi kita diingatkan untuk melakukan refreshing guna mengembalikan produktivitas. Jika tahu tanda Anda overstressed segera rencanakan jadwal refreshing sehingga hormon endorphin kembali naik.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

1 Comment

    Leave Comment

    Your email address will not be published, Required fields are marked





    Related Article

    Seberapa pentingkah waktu sendiri bagi manusia? Maka jawabannya adalah sangat penting dan harus, mengapa demikian? Bukankah, Anda adalah makhluk so

    Saat Anda tidak ingin bekerja sebenarnya bukan merupakan masalah serius, tetapi harus menjadi catatan penting sebelum semuanya menjadi lebih parah,