10 Cara Mudah Membangun Employee Wellness Program

Setiap perusahaan perlu membangun dan mengaplikasikan employee wellness program di lingkungan kantor. Ini merupakan program yang dirancang khusus untuk meningkatkan aspek kesehatan karyawan, baik fisik maupun mental.

Kesehatan karyawan sangat penting untuk diperhatikan karena ini berpengaruh besar terhadap kesuksesan perusahaan. Absennya karyawan akibat sakit, kelelahan, hingga depresi.

Hal ini tentu dapat membuat suatu organisasi tidak berjalan sebagaimana mestinya. Oleh sebab itu, perusahaan atau organisasi perlu memikirkan bagaimana membangun program kesehatan karyawan secara tepat.

10 Cara Membangun Employee Wellness Program

Membuat program kesehatan karyawan membutuhkan kerja keras. Di balik kerja keras tersebut, ada beragam manfaat dari program tersebut, seperti meningkatnya produktivitas serta engagement karyawan. Berikut 10 cara membangunnya.

Penghargaan dan Insentif Kesehatan

Memberikan penghargaan dan insentif atas pencapaian tujuan kesehatan adalah salah satu cara membangun program ini. Namun ada baiknya tidak memberikan jenis apresiasi yang seragam karena nilainya di mata karyawan menjadi kurang.

Untuk menyiasatinya, Anda dapat memanfaatkan platform kesehatan untuk melihat perkembangan capaian tujuan kesehatan karyawan. Anda dapat melakukan tracking dengan cara memantau raihan poin.

Selanjutnya, karyawan dapat menukarkan poin tersebut dengan hadiah yang mereka inginkan. Dengan begitu, motivasi mereka dalam menjalankan program tersebut lebih tinggi.

Mengatasi Burnout

Cara membangun employee wellness program berikutnya yaitu dengan melawan burnout alias kelelahan. Permasalahan ini banyak dialami oleh karyawan dengan berbagai sebab. Misalnya beban kerja tinggi, dukungan sumber daya yang minim, dan sebagainya.

Untuk mencapai tujuan kesehatan karyawan, perusahaan perlu mengidentifikasi kemungkinan tingkat burnout. Misalnya dengan cara mengadakan survei secara anonim. Jika terdapat indikasi burnout dan stress pada level tertentu, maka perlu adanya evaluasi.

Memberikan Kelonggaran dan Waktu Istirahat

Dukungan teknologi yang semakin canggih memungkinkan siapa saja untuk bekerja dengan banyak cara. Tidak ada salahnya memberikan fleksibilitas kepada karyawan dalam menyelesaikan pekerjaannya. Tentu saja tanpa mengganggu kinerja tim.

Waktu istirahat juga berpengaruh besar terhadap kesehatan fisik maupun mental karyawan. Ini artinya, perusahaan perlu mensosialisasikan fasilitas gaji cuti agar pegawai dapat menggunakan hak mereka ketika membutuhkannya.

Praktik Mindfulness

Mindfulness adalah praktik meditasi yang mana seseorang fokus dan sadar akan momen terkini. Mindfulness membuat seseorang belajar untuk terhubung dengan apa yang mereka rasakan saat ini.

Selain itu, mindfulness juga dapat meningkatkan kesadaran diri dalam memproses perasaan sebelum melakukan tindakan. Perusahaan dapat memberikan fasilitas dukungan pelatihan mindfulness. Ini mendorong karyawan mampu mengelola stressor dalam pekerjaannya.

Program Fitness

Mendorong kegiatan fitness juga efektif untuk membangun employee wellness program. Perusahaan bisa menyediakan fitness area di lingkungan kantor atau memberikan dukungan finansial pegawai untuk berlatih di gym.

Ini merupakan bentuk investasi perusahaan atas kesehatan dan kebugaran anggota yang tergabung di dalamnya. Cara ini dapat meningkatkan engagement dan kepercayaan pegawai terhadap perusahaan.

Layanan Kesehatan

BPJS menjadi hak semua tenaga kerja perusahaan. Namun, memberikan layanan kesehatan lain akan membuat tenaga kerja tidak hanya sehat tetapi juga bahagia. Misalnya mengadakan cek kesehatan, menghadirkan pelatih kesehatan, dan lainnya.

Edukasi Seputar Kesehatan

Bagaimana mungkin seseorang menjalankan gaya hidup sehat jika tidak memiliki pengetahuan? Memfasilitasi webinar mental health, kelas online, hingga membagikan artikel kesehatan adalah bentuk kepedulian perusahaan terhadap karyawannya.

Mendorong Kebiasaan Makan Sehat

Employee wellness program juga bisa dilakukan dengan cara mendorong kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat. Cara termudahnya adalah menyediakan makan siang sehat secara reguler dalam periode tertentu.

Bisa juga menyediakan cemilan sehat bagi tenaga kerja di dalam area kantor. Selain membentuk kebiasaan makan sehat, cara ini dapat membuat tim di perusahaan Anda lebih solid.

Program Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok memberikan efek buruk bagi kesehatan baik jangka panjang maupun pendek. Karenanya, membuat program berhenti merokok adalah ide brilian yang dihargai karyawan.

Perusahaan dapat memfasilitasi pelatihan, membentuk support group, hingga reimbursement atas terapi atau treatment yang berkaitan dengan program tersebut.

 Program Dukungan Transportasi

Mengemudi di tengah kemacetan membuat performa kerja seseorang menurun. Untuk meminimalisir hal tersebut, perusahaan dapat menyediakan dukungan transportasi seperti bus karyawan, klub bersepeda, hingga reimbursement transportasi umum.

Tenaga kerja yang aktif berpartisipasi dalam program tersebut layak mendapatkan penghargaan tersendiri. Dengan begitu, mereka memiliki motivasi lebih untuk lebih sehat dan sejahtera.

Kepedulian perusahaan terhadap kesehatan dan kesejahteraan tenaga kerja menjadi nilai tersendiri, terutama bagi para pegawai. Melalui employee wellness program, perusahaan akan memperoleh banyak manfaat. Simak juga ulasan kami mengenai employee wellness program pada tautan berikut.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article

Seberapa pentingkah waktu sendiri bagi manusia? Maka jawabannya adalah sangat penting dan harus, mengapa demikian? Bukankah, Anda adalah makhluk so

Saat Anda tidak ingin bekerja sebenarnya bukan merupakan masalah serius, tetapi harus menjadi catatan penting sebelum semuanya menjadi lebih parah,